Sukses

Miss Supranational 2024 Harashta Haifa Zahra Buka Suara soal Tudingan Jadi Juara Puteri Indonesia Titipan Ridwan Kamil

Kemenangan Harashta Haifa Zahra di ajang Puteri Indonesia 2024 sempat menuai polemik karena Ridwan Kamil saat itu jadi salah satu juri. Namun, ia menunjukkan kapasitasnya lewat Miss Supranational 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkota Miss Supranational 2024 kini berhak dipakai Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra. Performa menawannya berhasil mencetak prestasi tertinggi bagi Indonesia di ajang kecantikan yang diikuti mulai 2013.

Prestasi tersebut seolah menjawab cibiran sejumlah warganet bahwa ia jadi juara Puteri Indonesia 2024 karena titipan Ridwan Kamil. Saat itu, mantan Gubernur Jawa Barat tersebut jadi salah satu juri panel.

Saat rumor mengemuka seusai malam final pada Maret 2024, Tata hanya diam. Ia tak mengeluarkan pernyataan apapun menanggapi tudingan tersebut. Baru setelah memenangkan gelar Miss Supranational 2024, ia bereaksi.

"Long roads with a lot of learning. Whatever they say, just be you and do your best," tulis Tata di Instagram Story seraya mengunggah ulang konten yang dibagikan Ridwan Kamil menanggapi kemenangannya, dikutip Senin (8/7/2024).

Sebelumnya, Kang Emil mengunggah pernyataan yang ditujukan khusus untuk 'netizen julid.' Ia kembali menegaskan bahwa Tata dipilih karena dia yang terbaik, begitu pula dengan pemikiran ketujuh juri lain. "Dan terbukti keputusan juri ini dibayar dengan keberhasilannya sebagai juara dunia," tulis Emil.

Ia mengucapkan selamat atas kemenangan Tata seraya berpesan agar ketenaran yang diraih digunakan untuk mendorong kebaikan dan prestasi sesama generasi muda. Tak lupa, ia menyampaikan pesan khusus bagi mereka yang mengalami situasi seperti Tata.

"Kata-kata hari ini, 'Jawaban terbaik terhadap cibiran adalah menjawabnya dengan prestasi,'" tulis Emil pada Minggu, 7 Juli 2024.

2 dari 4 halaman

Harashta Pukau Juri dengan Permainan Kecapi dan Lagu Sunda

Hari ini, Senin (8/7/2024), Emil kembali mengunggah cerita soal Tata di akun Instagram-nya. Ditingkahi sindiran pada haji dua bulan Thariq Halilintar, Emil menegaskan bahwa bakat Tata jadi salah satu poin terbesarnya dalam memenangkan kontes kecantikan yang malam finalnya berlangsung di Polandia tersebut.

"Bahasa Inggris bagus, Main kecapi bisa, menyanyikan lagu Sunda Bubuy Bulan merdu, menari Jaipongan, dan sedikit tari Bali yang energik. Keren," tulis Ridwan Kamil.

Selama ajang berlangsung, Harashta telah mengharumkan Indonesia karena dinobatkan jadi finalis paling berbakat. Ia mendapat gelar "Supratalent 2024" yang diberikan pada 30 Juni 2024 selama mengikuti berbagai kompetisi di ajang tersebut. Wakil Indonesia asal Bandung Jawa Barat itu memukau dengan memainkan musik tradisional kecapi.

Wanita kelahiran 5 September 2003 itu juga membawakan lagu Bubuy Bulan yang merupakan tembang lawas. Ia mendapat pujian karena penampilannya saat membawakan tarian tradisional dari Indonesia.

Budaya Indonesia pun ditonjolkannya saat mengenakan kostum nasional rancangan Intan Avantie ke atas panggung. Busana berupa satu set kebaya dengan kain itu disebut menggambarkan keanggunan dan keberanian Srikandi, tokoh pewayangan yang terkenal akan kesaktiannya. 

 

3 dari 4 halaman

Kemenangan Harashta di Ajang Miss Supranational 2024

Harashta jadi pemenang Miss Supranational 2024 sekaligus jadi Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang yang berlangsung di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, Sabtu, 6 Juli 2024, waktu setempat. Di babak dua besar, perempuan asal Kota Bandung itu berhadapan dengan Miss Amerika Serikat Jenna Dykstra.

Keduanya yang berdiri berhadapan saling menguatkan saat menunggu nama pemenang disebutkan. Tangis Harashta pecah saat namanya dipanggil sebagai pemenang dalam ajang kontes kecantikan tersebut, menggantikan tugas Andrea Victoria Aguilera Paredes, pemenang tahun 2023.

"Ini tetap terasa tidak nyata dan aku tak sabar memenuhi tugasku sebagai Miss Supranational 2024 yang baru. Tahun ini akan menjadi sangat spesial dan hatiku dipenuhi kebanggaan. Terima kasih negaraku untuk dukungan kalian. Indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!" ucapnya setelah mendapat mahkota, dikutip dari akun Instagram resmi Miss Supranational, Minggu, 7 Juli 2024.

Kemenangan Tata sudah diprediksi banyak orang. Pasalnya, ia menonjol lewat sejumlah kemenangan dari beberapa kategori yang dilombakan.

4 dari 4 halaman

Hadiah Pemenang Miss Supranational 2024

Di malam final, Harashta tampil mengenakan gaun malam rancangan desainer Jessie Gunawan. Gaun yang dinamai Lintang Segara itu mencerminkan bintang-bintang yang menyinarinya agar ia disorot sepanjang perjalanan.

Mengutip keterangan akun Instagram Puteri Indonesia, gaun tersebut terbuat dari ribuat kristal perak yang dikombinasikan dengan warna gradasi kebiruan. Warna tersebut jadi cerminan laut yang bisa tenang, cantik, dan damai, tapi satu waktu bisa sangat kuat.

"Puteri Indonesia 2024 kita adalah bintang bangsa kita yang benar-benar bersinar di kancah Internasional. Keberanian, kegigihan dan dedikasinya telah banyak menyumbang prestasi baik bagi Indonesia," tulis akun tersebut.

Atas kemenangannya, Tata berhak menerima hadiah sebesar 50 ribu dolar AS atau setara Rp812 juta. Besaran hadiah itu disampaikan Gerhard Parzutka von Lipinski, Presiden Organisasi Miss Supranational. Selain itu, pemenang akan mendapat hadiah dari para sponsor, serta kesempatan mewakili organisasi di tingkat global, menandai tonggak penting untuk kontes kecantikan bergengsi ini.

Video Terkini