Sukses

8 Inspirasi Desain Ruang Makan Semi Outdoor yang Luas, Punya Pemandangan Cantik

Anda dapat mengubah rumah menjadi lebih hijau dan nyaman dengan menerapkan desain ruang makan semi outdoor.

Fimela.com, Jakarta Membuat ruang makan semi outdoor tidaklah sulit karena terdapat banyak inspirasi desain yang dapat diadopsi atau dimodifikasi. Selain itu, terdapat juga banyak desain ruang makan semi outdoor yang mudah dalam perawatannya sehingga tidak membutuhkan banyak waktu atau biaya.

Bukan hanya memberikan nuansa segar pada rumah, ruang makan semi outdoor juga dapat membuat waktu makan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Terdapat berbagai konsep yang dapat diterapkan dalam membangun ruang makan semi outdoor, mulai dari taman kecil hingga desain yang unik dan tidak biasa.

Berikut ini beberapa ide desain ruang makan semi outdoor yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (12/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Cafe-style Semi Outdoor Dining Space Design

Desain ini memiliki gaya kafe sederhana dengan bangku di bar dapur dan meja panjang yang menghadap ke taman kecil terbuka. Meskipun terdapat ruang terbuka, ruang makan tetap terlindungi dari cuaca karena atap lebar yang menutupi seluruh area ruang makan semi-outdoor, sehingga tidak perlu khawatir dengan perubahan cuaca.

3 dari 13 halaman

Aesthetic Ruang Makan Semi Outdoor yang Dirancang

Dengan mempercantik halaman belakang menggunakan desain ruang makan semi outdoor yang menarik dengan pola warna yang retro, tetaplah merasakan suasana yang menyenangkan di rumah. Selain itu, kamu juga dapat memaksimalkan penggunaan dapur terbuka dengan menggunakan meja di bar dapur atau di dekat dapur sebagai cara cerdas.

Untuk memberikan sentuhan segar, tambahkan berbagai tanaman hias dengan warna-warna cerah yang kamu sukai.

4 dari 13 halaman

Ruang Makan Kecil dengan Desain Semi Outdoor

Walaupun ruang terbatas, desain ruang makan semi outdoor masih bisa diaplikasikan dengan mempertahankan daya tariknya. Bahkan, desain ini dapat bersaing dengan desain dapur yang lebih luas!

5 dari 13 halaman

Ruang Makan Semi Outdoor Minimalis yang Dirancang

Pilihan untuk menggabungkan konsep ruang makan semi terbuka dengan taman kering dalam rumah banyak diminati karena sederhana dan mudah dirawat. Selain itu, desain ruang makan semacam ini juga praktis dan tidak memakan banyak biaya. Jadi, tidak perlu khawatir tentang anggaran karena kebutuhan untuk mewujudkannya tidaklah banyak.

6 dari 13 halaman

Ruang Makan Semi Outdoor dengan Desain yang Sederhana

Terdapat taman kering yang berukuran kecil dalam desain ini, namun memberikan kesan segar pada area dapur. Dengan menggunakan pintu kaca yang dapat dibuka dan pencahayaan gantung yang anggun, ruang makan semi terbuka ini terlihat lapang.

Selain itu, penggunaan dinding taman yang berbeda dari bagian ruang makan secara keseluruhan juga membantu menciptakan suasana yang beragam dan tidak membosankan.

7 dari 13 halaman

Taman Belakang dan Desain Ruang Makan Semi Outdoor.

Kelebihan dari desain ruang makan semi outdoor ini adalah adanya pintu yang memisahkan antara ruang makan dan lanskap belakang, dengan tujuan memanfaatkan pandangan ke lanskap belakang terbuka.

8 dari 13 halaman

Atap Transparan dengan Pencahayaan Matahari

Untuk mereka yang tidak memiliki akses terhadap ruang terbuka atau tinggal di lingkungan yang tidak mendukung, desain ini sangat sesuai. Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya adalah menggunakan atap kaca transparan dan rumput sintetis. Dengan menggunakan kedua elemen ini, Anda dapat menciptakan ruang makan semi outdoor yang tetap sejuk dan hijau.

Meskipun atapnya tertutup, tetap ada bagian yang terbuka untuk sirkulasi udara segar.

9 dari 13 halaman

Ruang Makan Modern dengan Desain Semi Outdoor.

Menciptakan suasana mewah dalam desain ruang makan semi-outdoor dapat dilakukan dengan menggunakan atap tembus pandang di dekat rumah. Konsep ini biasanya terhubung dengan halaman terbuka dan memberikan udara segar serta kenyamanan.

Ruang makan semi-outdoor ini sering digunakan dalam rumah yang memiliki lahan luas dan akses terbuka ke berbagai bagian rumah.

10 dari 13 halaman

Berapa Ukuran Standar Meja Makan?

Agar dapat menikmati santap dengan nyaman, penting untuk memperhatikan dimensi meja yang sesuai. Disarankan agar panjang meja berada dalam rentang 250 hingga 300 cm, lebar meja berada dalam rentang 100 hingga 120 cm, dan tinggi meja tetap pada 75 cm. Jika ruangannya cukup besar, lebih baik memilih dimensi terbesar yaitu 300 x 120 x 75 cm.

11 dari 13 halaman

Berapa Ukuran Tinggi Meja Cuci Piring?

Anda tidak perlu membungkuk atau meraih-reaih saat menggunakan wastafel jika ketinggian wastafel disesuaikan dengan postur tubuh. Secara umum, tinggi yang sesuai untuk wastafel cuci piring bagi orang Indonesia adalah 80 cm dari permukaan lantai.

12 dari 13 halaman

Berapa Ukuran Lebar Meja Dapur Minimalis?

Meja dapur minimalis biasanya memiliki lebar antara 60 hingga 90 cm dan panjang berkisar 120 hingga 240 cm, tergantung pada kebutuhan dan luas ruangan. Meja yang lebih kecil cocok untuk dapur yang kecil, sementara meja yang lebih besar cocok untuk dapur yang luas.

13 dari 13 halaman

Bera[a Ukuran yang Ideal untuk Kitchen Set?

Secara umum, ketinggian kitchen set berkisar antara 85 cm hingga 110 cm, atau 76 cm hingga 85 cm jika diukur dari lantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.