Sukses

Bukan Nasi Kotak, Pengajian di Desa Sajikan Makanan ala Restoran Jepang

Nge-grill sering dijumpai di restoran Jepang atau makanan khas Jepang. Terlihat dalam video, satu alat pemanggang disiapkan untuk beberapa orang jemaah pengajian.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam acara pengajian, selain ceramah, tuan rumah biasanya menyediakan konsumsi berupa nasi kotak atau jajanan pasar. Nasi kotak yang disajikan umumnya berisi nasi, lauk-pauk, dan sayuran sampai buah-buahan.

Hal ini bukan hanya sebagai bentuk pelayanan kepada para tamu, tetapi juga sebagai simbol kebersamaan dan gotong-royong dalam masyarakat. Namun pengajian di sebuah desa punya terobosan baru.

Bukan menyuguhkan nasi kotak atau jajanan pasar, pengajian di Desa Sendang, Jawa Timur, menyediakan makanan yang tidak kaleng-kaleng. Momen itu dibagikan di akun TikTok @mmd_ftp_01_desasendang pada 7 Juli 2024.

Video dalam unggahan tersebut memperlihatkan situasi pengajian yang ramai didatangi jemaah di tempat yang cukup luas. Mereka yang hadir duduk lesehan di atas terpal menghadap panggung penceramah. Mereka terlihat khusyuk mengikuti rangkaian acaranya.Usai pengajian, waktunya konsumsi dikeluarkan.

Bukan nasi kotak yang terlihat dibagikan, melainkan daging yang disajikan dengan metode grill atau bakar. Metode grill adalah membakar dengan menggunakan alat pemanggang kecil yang diletakkan di atas kompor.

Makanan ini populer di kalangan anak muda. Mereka biasanya menyebut dengan barbekyu-an atau nge-grill dan sering dijumpai di restoran Jepang atau makanan khas Jepang. Terlihat dalam video, satu alat pemanggang disiapkan untuk beberapa orang.

Para jemaah langsung menyantap semua sajian di tempat. Para tamu juga terlihat menyantap makanan dengan nasi putih. Suatu pemandangan yang jarang sekali ditemui di acara pengajian di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Mewah

Selain cara memasak dan menyantapnya yang modern, makanannya juga tampak mewah. Grill identik dengan memasak daging dengan waktu yang singkat, begitu juga yang terlihat pada video tersebut.

Beberapa daging dengan irisan tipis ditaruh di alat grill yang membuatnya bersentuhan langsung dengan api dan arang. "Ikut pengajian paling konsumsinya nasi kotak, sorry-sorry ya dek, ngegrill nih," tulis keterangan unggahan tersebut.

Pengajian ini diketahui diadakan di Desa Sendang, Kec. Sendang, Kabupaten Tulungagung. Videonya sontak viral dan mengundang perhatian warganet. Banyak yang berkomentar bahwa menu semacam itu bisa menambah semangat untuk ikut pengajian. Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 977 ribu kali dan disukai lebih dari 135 ribu kali.

."Dijamin anak mudanya langsung rajin pengajian," komentar seorang warganet.

"Liat panggungnya aja udh keliatan mewahnya," kata waerganet lain.

"Aku dulu pas kkn berangkat pengajian sengaja gak masak sama temen2, ternyata cuma dapat kopi sama roti. Pulang langsung masuk angin," curhat warganet yang lain.

"Kek gini mah tiap mlm rajin pengajian gue," ujar yang lain.

"Ditinggal dikit buka restoran BBQ itu,” timpal warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Sajian Nasi Kotak

Nasi kotak tentunya tak hanya disajikan di acara pengajian, tapi juga di berbagai acara dan institusi, termasuk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Banyak orang penasaran dengan menu makan siang anggota DPR RI. Para wakil rakyat ini ternyata mendapatkan jatah makan siang mereka berbentuk nasi kotak.

Informasi itu dibagikan oleh akun TikTok @kerabatrakyat. Ia membagikan video tentang menu makan siang para anggota DPR RI. Di awal video, tampak sebuah boks kardus berisi makanan yang siap disantap.

Menu makanan yang didapat cukup lengkap dengan ditata rapi agar tak tercampur satu sama lain. Isi pertama yang terlihat adalah kerupuk dalam kemasan plastik. Video itu lalu menyorot sepotong ayam bakar yang dimasukkan ke dalam wadah mika.

Ada juga satu botol kecil air mineral serta puding di dalam kotak tersebut. Nasi putih dibungkus secara terpisah, begitu pula dengan sayur yang dimasukkan ke dalam mangkuk plastik. 

4 dari 4 halaman

Nasi Kotak untuk Anggota DPR

Lauknya lengkap, ada urap, tempe bacem, telur rebus, dan ikan goreng tepung. Sedangkan, buah yang didapat adalah pisang. Disebutkan pada keterangan unggahan bahwa nasi kotak itu didapat saat rapat paripurna para anggota DPR RI.

Menu yang lengkap dan tertata rapi tampak sangat nikmat untuk disantap. Video ini menarik banyak perhatian warganet dan jadi viral saat dibagikan pada 27 September 2022.

Beragam komentar memenuhi unggahan tentang nasi kotak ini. "Rakyat mau makan enak sudah diwakilkan oleh wakil rakyat ya," komentar seorang warganet.

"Wakil rakyat makanannya enak benar. Komplit vitamin serat ada, dessert pun ada. Padahal rakyat yang diwakili sebagian besar ketemu nasi sudah syukur," ujar warganet lainnya.

Ada juga warganet yang menuliskan kalau nasi kotak itu sebenarnya jatah untuk para staf parlemen, bukan anggota DPR. "Itu makanan stafnya, kalo yang DPR itu ada logonya ada tulisannya kotaknya premium warna putih," ungkap seorang warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini