Sukses

Tips Hemat Transportasi di Tokyo Pakai Metro Pass, Unlimited 72 Jam Cuma Bayar Rp50 Ribu

Untuk jalan-jalan di sekitaran Tokyo saja, Anda cukup membeli jenis tiket unlimited atau tak terbatas yang harganya cukup terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang dengan transportasi terkenalnya kereta shinkansen telah menarik minat traveler dunia untuk mencoba pengalaman menaiki kereta cepat menuju kota lain seperti Kyoto maupun Osaka. Namun untuk jalan-jalan di sekitaran Tokyo saja, Anda cukup membeli jenis tiket unlimited atau tak terbatas yang harganya cukup terjangkau.

"Kamu harus tahu tips hemat transport maksimal pakai Metro Pass cuma 50 ribu (rupiah), unlimited 24 jam," ungkap seorang traveler dengan akun @cuantraveler di TikTok pada 14 April 2024.

Namun ia mengingatkan agar jangan mengecek rute melalui Google Maps, karena ini hanya berlaku di Metro Lines. Anda bisa mengecek jadwal di website Tokyo Metro supaya rute yang dipilih sepenuhnya dicover oleh Metro Pass tersebut.

Ia mencontohkan perjalanan dari Nakameguro ke Shinjuku jika mengecek di Google Maps hanya ada pilihan naik JR Trains, padahal tidak termasuk dalam biaya yang di-cover Metro Pass. Sedangkan saat mengecek website akan tersedia pilihan untuk menggunakan Metro Pass.

Lebih lanjut, ia memberi tahu bahwa Metro Pass tidak berlaku sebagai tiket harian, tapi berlaku untuk 24 jam, 48 jam, dan 72 jam. Karena itu, ia pun menyarankan untuk memaksimalkan penggunaan sesuai durasi jam dan bukan hanya harinya saja.

Informasi lainnya yang ia sampaikan adalah, Metro Pass akan semakin murah jika membelinya untuk paket 72 jam. "Karena kalo dibandingin harganya jadi cuma 50 ribu (rupiah) per 24 jam. Padahal sekali naik Metro aja harganya 220 Yen (sekitar Rp23 ribu)," katanya lagi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beli Online Lewat Platform Klook atau Agoda

Anda pun disarankan untuk membeli Metro Pass melalui platform booking online dan scan barecode di mesin otomatis di semua Subway Station di Tokyo. "Pass-nya tipis banget, jadi jangan sampai hilang karena hilang berarti hangus," tutupnya di akhir konten.

Konten yang disukai oleh 2.952 pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar. Warganet ada pula yang bertanya lebih lanjut tentang Metro Pass.

Seperti pertanyaan soal apakah Metro Pass berlaku di Airport Haneda, namun dijawab untuk itu harus membeli paket Haneda - Tokyo pulang dan pergi (PP) dengan Metro Pass 24/48/72. Lalu ada yang bertanya soal di mana membeli Metro Pass, pembuat konten menjawab bisa dibeli lewat platform seperti Klook maupun Agoda.

"Jujur pakai ini worth it sekali," kata seorang warganet.

"Nyesel baru tahu, pas ke Tokyo pakai Suica lumayan juga," yang lain menimpali.

"Apps-nya bisa pake navitime, ada di appstore sama playstore, ntr tinggal masukin pass-nya biar dia prioritasin pake pass," yang lain memberi tahu.

3 dari 4 halaman

Cara Hemat ke Danau Kawaguchi di Kaki Gunung Fuji

Traveling ke Jepang belum lengkap rasanya tanpa menyambangi Gunung Fuji dari dekat. Gunung yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2013 ini dapat dilihat secara dekat dari Danau Kawaguchi.

Gunung Fuji berada di Pulau Honshu. Gunung tertinggi di Jepang ini terletak sekitar 100 km di barat daya Tokyo dan dapat terlihat dari sana pada hari-hari cerah.

Jika ingin mengunjungi Danau Kawaguchi, Anda bisa memakai berbagai pilihan transportasi. Seorang traveller di TikTok dengan akun @cuantraveler merekomendasikan untuk naik bus karena lebih hemat. "Hemat 50 persen pakai cara ini ke Kawaguchiko dari Tokyo," ungkapnya di awal unggahan pada 17 April 2024.

Ia mengemukakan bahwa sebenarnya ada dua pilihan transportasi langsung menuju Danau Kawaguchi. Pertama naik Fuji Excursion Train dan kedua adalah menggunakan bus.

Jika memilih naik Fuji Excursion yang berangkat dari Stasiun Shinjuku akan menempuh waktu dua jam perjalanan, harga tiketnya adalah 4140 Yen atau setara Rp418.000. Sedangkan jika memilih bus, tarifnya hanya sekitar 2.200 Yen atau setara Rp222.000 per sekali jalan. 

4 dari 4 halaman

Lebih Hemat 50 Persen Naik Bus

"Cuma setengahnya untuk durasi yang sama. Dan nggak hanya dari Shinjuku, kamu juga bisa pilih keberangkatan dari Station Sibuya, Tokyo, Ikebokuro, tinggal cek yang lebih deket ke hotel," katanya memberi keterangan di dalam video sambil mengatakan bahwa kedua jenis moda transportasi ini sebaiknya dipesan secara daring.

Tiket bus secara online bisa dibeli melalui situs kosokubus.com. Nantinya Anda cuma perlu menunjukkan email notifikasi pembeliannya saat akan naik bus. Konten yang disukai oleh lebih dari 3.291 pengguna TikTok itu pun mendapat beragam respons dan saling memberi rekomendasi agar bisa hemat.

"Aku PP bus Shibuya - Kawaguchiko cuma 4.000 Yen, di sana pake Fuji Pass 5.000an Yen seharian wara-wiri bus kereta lokal sana free unlimited sama free beberapa spot/attraction juga," warganet lain mengungkap pengalamannya.

"Kayaknya bisa deh beli on the spot. Di Terminal Shinjuku available di loket tiketnya," yang lain menimpali, lalu menjawab bahwa membeli tiket langsung termasuk berisiko karena sering habis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini