Sukses

Shannen Doherty Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun, Pernah Jadi Ikon Remaja Lewat Beverly Hills 90210

Shannen Doherty dikenal lewat perannya sebagai Brenda Walsh dalam serial televisi populer "Beverly Hills, 90210". Ia meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker payudara sejak 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Shannen Doherty, yang dikenal lewat perannya sebagai Brenda Walsh dalam serial televisi populer "Beverly Hills, 90210" meninggal dunia pada usia 53 tahun setelah berjuang melawan kanker payudara. Doherty pertama kali didiagnosis menderita kanker payudara pada 2015 dan sempat dinyatakan membaik pada 2017, namun kankernya kembali lagi pada 2019 dan menyebar ke otaknya.

"Dengan berat hati saya mengonfirmasi meninggalnya aktris Shannen Doherty. Pada hari Sabtu, 13 Juli, ia meninggal dalam pertempuran melawan kanker setelah bertahun-tahun berjuang melawan penyakit tersebut," kata perwakilan Doherty, Leslie Sloane, dalam sebuah pernyataan kepada media, Minggu (14/7/2024), melansir dari Variety.

Doherty terus bekerja sepanjang kariernya, termasuk berpartisipasi dalam reboot serial televisi "Beverly Hills, 90210" pada 2019, meskipun ia merahasiakan diagnosis kankernya dari para pemain setelah kematian lawan mainnya, Luke Perry.

Doherty terus bekerja meskipun sedang sakit, dan dia baru-baru ini membintangi beberapa film TV dan menjadi pembawa acara podcast populer, "Let's Be Clear With Shannen Doherty". Shannen Doherty meninggal dunia pada Sabtu, 15 Juli 2024), dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya.

Shannen Doherty lahir pada 12 April 1971 di Memphis, Tennessee, AS, sebagai anak bungsu dari dua bersaudara yang dibesarkan dalam kepercayaan Baptis Selatan. Keluarga mereka pindah ke Los Angeles ketika dia berusia enam tahun, tak lama sebelum perusahaan ayahnya, Tom, bangkrut dan keluarga Doherty berubah dari hidup dalam kemewahan menjadi makan nasi setiap hari.

Keberuntungannya berubah ketika aktor-sutradara terkenal Michael Landon memilihnya untuk tampil di Little House on the Prairie pada1982. Kala itu, ketika dia baru berusia 10 tahun, Michael Landon memberinya kebijaksanaan yang membantu Doherty melalui masa-masa sulitnya di Hollywood.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Shannen Doherty Pernah Laris Jadi Model

Namanya mulai dikenal setelah bermain di serial drama Our House pada 1986-1988 yang pernah ditayangkan di Indonesia. Tapi namanya mencapai puncak popularitas saat membintangi serial remaja Beverly Hills 90210 pada 1990-1994 yang juga tayang di Indonesia.

Ia berperan sebagai Brenda Walsh, saudara kembar Brandon Walsh yang diperankan Jason Priestley. Shannen pun jadi salah satu ikon remaja di era 90-an dan sempat laris sebagai model terutama untuk produk fesyen.

Ia juga pernah membintangi serial Charmed pada yang tak kalah sukses dari Beverly Hills 90210. Di serial yang pernah tayang di SCTV itu Shannen pernah menyutradarai tiga episode dan mendapat banyak pujian.

Shannen juga pernah membintangi beberapa film layar lebar seperti Girls Just Want To Have Fun dan Heathers. Sayangnya, popularitas Doherty dirusak oleh dirinya sendiri. Meski banyak diakui sebagai aktris berbakat, ia dikenal punya ego tinggi dan pemarah. Saat sukses membintangi serial Beverly Hills 90210, Shannen justru berkonflik dengan tiga lawan mainnya sekaligus, termasuk Tori Spelling putri dari produser Aaron Spelling.

Begitu juga saat bermain di serial Charmed. Meski sukses, Shannen terpaksa dipecat dari serial tersebut di musim ketiga karena sering membuat ulah di lokasi syuting terutama karena merasa iri dengan Alyssa Milano yang dianggap mendapat porsi peran lebih banyak.

3 dari 4 halaman

Kehidupan Pribadi Shannen Doherty

Setelah itu karir Shannen menurun drastis dan hanya bermain di film dan serial televisi berbujet rendah. Belakangan ia jadi pribadi yang lebih halus setelah berjuang mengatasi kanker payudara.

Doherty juga sempat reuni dengan teman mainnya di reboot serial Beverly Hills 90210. Ia mengaku hubungannya dengan tiga pemain lainnya sudah lebih memnbaik seiring bertamnahnya usia dan kedewasaan mereka.

Di kehidupan pribadinya, Shannen pernah menikah dengan Ashley Hamilton. Keduanya menikah di halaman belakang rumahnya, hanya dua minggu setelah bertemu. Pernikahan pasangan ini hanya bertahan selama 5 bulan (24 September 1993 - April 1994.

Shannen juga pernah menikah dengan Rick Salomon yang juga hanya bertahan setahun (2002-2003). Ia juga dikabarkan pernah menjalin kasih dengan aktor Australia, Julian Mcmahon yang merupakan lawan mainnya di Charmed. Terakhir, ia diketahui menikah dengan fotografer bernama Kurt Iswarienko pada 2011.

Namun sampai akhir hayatnya, ia diketahui tidak memiliki anak. Wanita bertinggi badan 160 cm ini bersahabat baik dengan sesama aktris Hollywood, Sarah Michelle Gellar dan lawan mainnya dalam serial Charmed Holly Marie Combs.

4 dari 4 halaman

Shannen Jalani Pengobatan Kanker Payudara

Shannen pernah dipanggil oleh Pengadilan Negeri California karena ia telah lalai membayar pajak negara dan utangnya di City National Bank Negara bagian California. Pada 2023 lalu, dilansir dari People dan Variety, 9 Oktober 2023, Shannen Doherty mengungkap bahwa kanker payudara yang menyerangnya saat itu sudah menjalar sampai ke otak.

Hal ini ia sampaikan dalam unggahan di Instagramnya pada 5 Juni 2023. Sehari setelah unggahan ini, ia membagikan video lain yang menjelaskan konteks unggahannya.

"Pada 5 Januari CT scan-ku menunjukkan metastasis di otak. Video kemarin menampilkan proses fitting masker yang kukenakan saat menjalani radiasi otak," kata dia.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, bintang Beverly Hills 90210 ini melanjutkan bahwa 12 Januari 2023 menjadi momen pertama dirinya menjalani radiasi. Proses radiasi membawa beragam rasa tak nyaman untuknya. "Ketakutanku begitu jelas. Aku memiliki ketakutan yang besar terhadap ruangan sempit dan banyak hal terjadi dalam hidupku," kata dia.

Doherty mengatalan ia merasa beruntung ditangani tim medis yang sangat membantu. "Tapi ketakutan itu...gejolaknya...waktu saat ini semua terjadi...Ya begilah kanker itu," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.