Sukses

Blibli Tiket Siap Penuhi Kebutuhan Masyarakat Indonesia Lewat Inovasi dan Sinergi yang Dihadirkan

Ada enam sinergi dan inovasi terintegrasi pada ekosistem Blibli Tiket, salah satunya adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi di semua platform Blibli Tiket PayLater yang diperkenalkan sejak 2020.

Liputan6.com, Jakarta Blibli Tiket merupakan sebuah ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terpadu. Ekosistem itu pun mengintegrasikan platform ecommerce dan toko fisik elektronik konsumen (Blibli), platform online travel agent (tiket.com), dan gerai supermarket premium (Ranch Market).

Dengan sinergi dan inovasi ketiga platform tersebut, CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto bertekad untuk memperkuat ekosistem omnichannel terpadu yang siap memenuhi hampir 90% potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia berdasarkan survei JakPat.

“sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket bagaikan momentum makan bersama saat ulang tahun, yang mana semua menu tersedia lengkap di atas meja. Mulai dari belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga, tanpa hambatan baik online maupun offline, seketika saat mereka mengakses ekosistem kami,” ujarnya.

Sementara itu, CEO tiket.com, George Hendrata menjelaskan bahwa ada enam sinergi dan inovasi terintegrasi pada ekosistem Blibli Tiket. Ia menyebut, salah satu inovasi utama adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi di semua platform Blibli Tiket PayLater yang diperkenalkan sejak 2020. 

“Saat ini, metode pembayaran tersebut telah menjadi salah satu pilihan utama bagi pelanggan di Blibli, tiket.com dan juga Ranch Market, memungkinkan konsumen untuk membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti,” jelasnya.

Sedangkan, CEO Ranch Market, Johartono Susilo menyebut bahwa sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan ingin memudahkan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang superior sekaligus bernilai tambah. 

“Misalnya, ketika mereka perlu berbelanja produk segar berkualitas premium bebas khawatir sepulang bekerja, hanya dengan fitur Click&Collect, pelanggan bisa berbelanja secara online dan mengambilnya di toko Ranch Market atau Farmers Market terdekat,” sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ragam Inovasi Dihadirkan

Blibli Tiket diperkenalkan sejak tahun 2020 lalu. Setelah diluncurkan empat tahun yang lalu, Blibli Tiket pun sudah melakukan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pada 2022, Blibli Tiket menghadirkan Single Sign-on dan loyalty membership party. Satu tahun berselang, tepatnya pada 2023, Blibli Tiket meluncurkan Blibli Tiket Rewards dan Blibli Tiket Action.

Terbaru pada tahun 2024 ini, Blibli Tiket pun menghadirkan Unified Membership yang dapat memberikan nilai tambah serta kejutan bagi pelanggan. 

Selama empat tahun hadir di Indonesia, Blibli Tiket memiliki 4,9 juta pengguna yang di mana rata-rata nilai transaksi per pesanan meningkat 39% Year on Year (YoY). Selain itu, per Juni 2024, sudah hadir 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center.

Kusumo menegaskan, berbagai inovasi yang dihadirkan merupakan permulaan yang selaras dengan strategi keseluruhan, yakni ekosistem omnichannel terpadu juga terintegrasi.

“Komitmen untuk terus relevan telah membawa kami menjadi pilihan pelanggan dan institusi, terbukti dari basis pelanggan dan institusi yang bertumbuh, serta cross-selling antar ketiga platform yang menunjukkan tren positif,” ungkapnya.

“Kami percaya, jika berjalan bersama, kita dapat melampaui apa yang telah kami capai, untuk itu terima kasih kepada semua pihak yang selalu bersama kami dari tahun ke tahun dan ini merupakan permulaan perjalanan bersama,” jelas Kusumo.

3 dari 3 halaman

Berfokus pada Pelanggan

Berbagai inovasi dan sinergi yang dihadirkan Blibli Tiket berfokus pada pelanggan. Tak hanya itu, hal tersebut juga memberikan manfaat seperti meningkatkan retensi pelanggan dengan menciptakan value-oriented benefits.

Selain itu, inovasi dan sinergi juga bertujuan untuk mencapai tier keanggotaan yang lebih tinggi dan dapat memotivasi pelanggan untuk terus berbelanja di ekosistem, termasuk mendorong cross-selling antar platform melalui program loyalitas terpadu, Blibli Tiket Rewards.

Salah satu inovasi yang dihadirkan Blibli Tiket pun sudah menunjukkan hasilnya. Unified Membership yang merupakan inovasi terbaru Blibli Tiket sudah memiliki lebih dari 145 ribu pelanggan yang baru pertama kali bergabung atau lebih dari 2.000 pelanggan ter-upgrade menjadi tier Diamond.

Mereka pun sudah merasakan berbagai manfaat mulai dari free airport lounge, kuota tambahan gratis ongkir 10x, hingga voucher ulang tahun senilai Rp175 ribu.

Tak hanya berfokus pada pelanggan, inovasi Blibli Tiket pun menyasar kepada keberlanjutan lingkungan. Lewat Blibli Tiket Action, Blibli Tiket membantu mewujudkan masa depan berkelanjutan dan bumi yang lebih lestari.

Inovasi tersebut pun berfokus pada penggunaan kemasan daur ulang dan berbasis kertas, mengurangi sampah operasional dengan daur ulang, pengurangan 9,3% emisi operasional, melakukan perlindungan keamanan data, pengembangan karyawan selama 27 jam per tahun 2023.

Selain itu, Blibli Tiket Action juga membangun hubungan komunitas serta turut memberdayakan pelanggan, mitra dan karyawan, melalui acara tahunan Langkah Membumi Festival.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini