Sukses

Joe Biden Mundur, Prediksi The Simpsons soal Dugaan Kamala Harris Maju Jadi Capres AS Terbukti

Meski penunjukan Kamala Harris sebagai capres AS menggantikan Joe Biden belum resmi, informasi ini langsung jadi topik hangat di seluruh penjuru dunia, termasuk saat disebut mirip dengan salah satu episode serial animasi The Simpsons.

Liputan6.com, Jakarta - Usai mundur dari Pilpres AS, Joe Biden mengumumkan bahwa ia mendukung Kamala Harris maju jadi calon presiden (capres) AS dari Partai Demokrat pada Minggu, 21 Juli 2024, waktu setempat. Melalui unggahan di akun X, dulunya Twitter, Biden menyatakan dukungan penuhnya bagi Harris.

"Ini saatnya untuk bersatu dan mengalahkan Donald Trump," tulis Joe Biden, mengutip kanal Global Liputab6.com, Senin (22/7/2024). Meski penunjukan Harris sebagai capres belum resmi, informasi ini langsung jadi topik hangat di seluruh penjuru dunia.

Di X, ada warganet yang mencuit bahwa dugaan pencalonan Harris sebagai capres AS sudah diprediksi serial animasi The Simpsons. Di unggahan akun @kirawontmiss, terlihat jelas wajah Harris di sisi kiri, sementara sisi kanan terdapat karakter kartun yang dianggap mirip wapres AS itu.

Beberapa kemiripan itu ada pada model kalung yang dikenakan Harris. Baju yang dikenakannya pun persis dengan karakter The Simpsons, yaitu blazer ungu.

"The Simpsons are back at it again (The Simpsons kembali benar)," tulis keterangan cuitan, Senin. Melansir metro.co.uk, tayangan The Simpsons itu terdapat dalam episode bertajuk "Bart to the Future" yang pertama kali ditayangkan pada Maret 2000.

Dalam tayangan kartum, diketahui ada adegan ketika salah satu tokoh utamanya, Lisa Simpson, memenangi kursi kepresidenan AS. Cerita itu seakan memberi gambaran ke masa depan dan menunjukkan Lisa adalah presiden AS, sedangkan kakaknya, Bart Simpson, merupakan pekerja lepas di Gedung Putih

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Setelan Jas Ungu dan Kalung Mutiara

Diketahui dalam kartun The Simpsons, Lisa menggunakan setelan jas berwarna ungu dengan perhiasan kalung mutiara berwarna putih. Hal itu sama ketika Harris dilantik jadi wakil presiden AS pada Januari 2021.

Tak hanya serial The Simpsons, penyanyi dan rapper Cardi B juga mengaku prediksinya terbukti benar soal pencalonan Harris. "AHAHAHAHA LETS GOOOOO I TOLD YALLL KAMALA WAS SUPPOSED TO BE THE 2024 candidate…..(Aku sudah bilang Kamala yang seharusnya maju jadi kandidat (capres) tahun 2024),” cuitnya di X.

Ia menyertakan kembali video yang dibagikan pada akhir Juni lalu, berisi opininya yang mengungkap hal tersebut. Ia menambahkan kalimat penuh huruf kapital yang menunjukkan antusiasmenya, "STOP F***N PLAYIN WITH ME !!!!!!!"

Sineas peraih Oscar Spike Lee juga bereaksi heboh. Lewat kalimat dan susunan emoji yang ia bagikan, sutradara BlacKkKlansman ini menitikberatkan identitas Kamala, yang merupakan seorang wanita berkulit hitam, telah menyelamatkan kondisi saat ini.

"ONCE AGAIN A SISTA COMES TO DA RESCUE. (sekali lagi seorang saudara perempuan datang untuk menolong) 🙏🏾👍🏾💪🏾👏🏾🙏🏾👍🏾💪🏾👏🏾🙏🏾👍🏾👏🏾🔥💥🔥💥🔥💥🔥💥🔥💥🔥💥🔥💜💜💜💜💜💜💜💜💜💜💜💜💜,” tulisnya.

Selain Cardi B dan Spike Lee, ada banyak pesohor lain yang bereaksi serius atas keputusan Joe Biden dengan nada berbeda. Lizzo misalnya, yang masih terkaget-kaget dengan situasi terkini.

3 dari 4 halaman

Terbukti pada 2021

"We are truly living in unprecedented times (Kita hidup pada masa yang sebelumnya tak pernah terjadi)," kata pelantun About D*mn Time. Aktris Viola Davis yang mendukung Partai Demokrat, mengungkap dukungannya pada Kamala Harris. "I'm with her! (aku bersamanya) ✊🏿💙💙💙💙" cuitnya.

Sementara mengenai prediksi serial The Simpsons sebenarnya sudah dianggap hampir terbukti saat Joe Biden dan Harris terpilih sebagai presiden dan wapres AS menggantikan Donald Trump dan Mike Pence pada 2021 lalu.  Bedanya, karakter Lisa Simpson bukan digambarkan sebagai wakil presiden, tapi presiden AS mendatang. Ia juga terpilih setelah mengalahkan Donald Trump, dengan Lisa mengklaim pemerintahannya mewarisi anggaran negara yang cukup ketat.

Hal lain yang membuat tercengang saat itu, yakni busana Lisa ketika jadi presiden setelah Trump terlihat sangat identik dengan outfit Harris. Baik Lisa maupun Harris yang dilantik setelah Trump sama-sama mengenakan blazer ungu dengan kalung mutiara dan anting berwarna putih, sebagaimana telah singgung.

 

4 dari 4 halaman

Kamala Harris Disebut Penggemar The Simpsons

Entah kebetulan atau tidak, warganet langsung heboh setelah banyak yang menunjukkan foto-foto kesamaan Harris dengan Lisa di X. Ada warganet yang bilang bahwa untuk kesekian kali, ramalan serial The Simpsons terbukti, namun sebagian lain berpendapat itu hanya kebetulan. Ada juga yang menganggap Harris adalah penggemar The Simpsons sehingga membuat penampilannya mirip dengan Lisa saat pelantikan.

The Simpsons yang pernah tayang di Indonesia memang sudah beberapa kali menampil gambaran yang dianggap penggemarnya sebagai ramalan. Di salah satu episode, juga di 2000, mereka pernah menampilkan Donald Trump yang menjabat sebagai Presiden AS selama hampir dua periode.

Serial itu juga pernah menampilkan gambaran tentang pandemi global di salah satu subplotnya. Sebuah episode pada 1996 bahkan menampilkan amandemen antropomorfik yang menyerbu gedung Capitol dan sangat identik dengan kerusuhan pendukung Trump, tak lama setelah pelantikan Biden dan Harris pada Januari 2021.

Serial The Simpsons sendiri sudah tayang sejak 1989 sampai saat ini dan sering menampilkan humor satir maupun parodi kehidupan masyarakat Amerika. Tokoh utamanya adalah pasangan suami istri Homer dan Marge Simpson dengan ketiga anak mereka: Bart, Lisa, dan Maggie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini