Sukses

Ulasan Makanan Kantin Sekolah Curi Perhatian, Mewah bak Restoran Buffet

Menu makanan di kantin sekolah itu di antaranya ada ayam pedas Korea, sup jamur dengan garlic bread, kebab ayam, creamy macaroni pesto, mee hoon tom yam, buah potong, serta nasi rames, dengan harga termahal Rp14 ribu per porsi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang guru mengulas ragam makanan di kantin sekolah tempatnya mengajar, dan videonya jadi viral di TikTok. Rekaman tersebut diduga diambil di kantin sebuah SMK di Selangor Malayia.

Dalam video berdurasi satu menit dan 56 detik yang dibagikan akun TikTok @cikguctiey9681, Selasa, 23 Juli 2024, sekolah itu tampak menata kantinnya bak restoran buffet dengan ragam pilihan makanan yang bisa dipilih sesuai selera. Harganya juga cukup terjangkau, menurut guru perempuan tersebut.

"Nasi putih ada satu ringgit (sekitar Rp3,5 ribu), lalu spicy chicken Korea yang kalau di luar (sekolah) harganya biasanya 10 ringgit, di sini, empat ringgit (sekitar Rp14 ribu) saja. Jadi, menarik, kan?" katanya memperlihatkan salah satu food station di kantin sekolah tersebut.

Guru itu juga memperlihatkan berbagai menu di lapak lain. Di antaranya ada sup jamur dengan garlic bread, kebab ayam, creamy macaroni pesto, mee hoon tom yam, buah potong, serta nasi rames, dengan harga antara tiga hingga empat ringgit (sekitar Rp10,4 ribu--Rp14 ribu).

Saat artikel ini ditulis, klip tersebut telah mencatat lebih dari 900 ribu penayangan dan mengundang dua ribuan komentar. Kebanyakan warganet mengutarakan kekaguman atas setting dan pilihan menu di kantin sekolah tersebut.

"Aku nangis menengok kantin sekolahku setelah melihat ini," kata salah satu pengguna. Sementara warganet lain berkomentar, "Sementara di sekolah saya: rendang ayam telur dan nasi harganya 11,50 ringgit (sekitar Rp40 ribu) 😭."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ternyata Dikelola Chef Hotel

Ada juga pengguna TikTok yang merespons, "Ini menarik banget. Beda dari yang lain." "Tidak cuma menunya yang menarik, tapi pengemasan dan tulisan keterangan menunya juga tidak kalah menarik," sahut yang lain.

"Orangtua seneng banget kalo menu kantinnya kayak gini. Jadi kalau ga sempat bekali anak juga ga was-was. Bisa dibawain nasi aja dari rumah terus lauk bisa beli," imbuh seorang warganet. "Kantin kampus saya aja kalah kalo menunya begini," timpal pengguna berbeda.

"Kebanyakan kantin sekolah asal siap. Belum juga makan, tapi udah ga selera duluan," komentar warganet yang dibalas si pemilik akun, "Owner kantin kami suami isteri chef hotel." Tidak sedikit pula yang meminta ragam ulasan makanan lain di fasilitas sekolah. "Mantap kantinnya bersih banget," timpal seorang warganet.

Sebelum ini, publik sudah lebih dulu heboh mendapati video toilet murid di sekolah dalam visual tidak biasa. Alih-alih tidak terawat, kamar kecil ini justru berdesain mewah, bahkan disebut "toilet tercantik" di sekolah yang pernah dilihat warganet.

3 dari 4 halaman

Toilet Sekolah Berdesain Estetis

Mengutip Says, 9 November 2023, rekaman yang dimaksud memperlihatkan toilet di sebuah sekolah dasar di Perak, Malaysia. Klip berdurasi dua menit itu dibagikan Fendy Daud, kontraktor yang mengubah toilet sekolah, di akun TikTok-nya.

Di video tersebut, ia awalnya memperlihatkan desain eksterior toilet yang didekorasi dalam warna netral modern, lengkap dengan lantai rumput sintetis. Fendy kemudian membuka pintu toilet, memperlihatkan area tempat duduk yang nyaman dengan dua kursi dan cermin rias besar di pintu masuk kamar mandi.

Dindingnya dipasangi ubin putih bersih, membuat ruangan terasa luas dan sedap dipandang mata. Kamar mandinya bahkan memiliki dua bilik shower dan tiga toilet. Di keterangan video, Fendy mengungkap bahwa renovasi kamar mandi sekolah itu menelan biaya lebih dari 70 ribu ringgit (sekitar Rp233 juta).

Berbicara pada Says, Fendy menceritakan bahwa ia direkrut Dinas Pendidikan Kabupaten (PPD) Hulu Perak untuk merenovasi toilet anak lelaki dan perempuan di SK Adika Raja. "Istri saya yang mengemukakan konsep dan ide desain interiornya," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Toilet Sekolah dengan Pemandangan Terindah

Istri Fendy disebut memilih desain ubin untuk menciptakan kesan mewah dan elegan, seolah-olah para siswa sedang masuk ke hotel bintang lima. Ia menyinggung pentingnya menyediakan kamar mandi yang bersih agar siswa merasa bahagia di sekolah. "Bayangkan kalau kita harus bekerja di tempat yang kamar mandinya kotor dan tidak nyaman, saya rasa kita tidak bisa bekerja dengan tenang," ucapnya.

Sebelum ini, bahasan tentang toilet sekolah sudah sempat jadi sorotan online. Alih-alih karena desainnya, pemandangan dari toilet Sekolah Dasar Negeri Saenam, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, menyita perhatian saking menakjubkan.

Video viral itu dibagikan akun Instagram @leo_edw, Agustus 2023. Dari belakang toilet ini, hamparan laut biru dengan pasir putih lansung memanjakan mata. Perbukitan hijau dalam lanskap ini juga kian menambah indah pemandangan.

Di video itu juga terlihat bahwa meski bangunannya kokoh, halaman SD ini hanya berupa tanah dengan tiang bendera berdiri tegak. Toiletnya pun terkesan ala kadarnya, dengan dinding polos tanpa dicat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.