Sukses

Ideafest 2024 Bakal Hadirkan Lebih dari 400 Pembicara, Cinta Laura sampai Juara Dunia Barista

Simbol “ i ” dalam tema Ideafest 2024 punya makna penting sebagai perwujudan individu-individu yang punya segudang ide, inovatif, berintegritas, dan menginspirasi.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap generasi punya berbagai cara dan karakteristik untuk merealisasikan keinginan mereka. Sebagai upaya menyatukan perbedaan pandangan ini, IdeaFest kembali hadir untuk ke-13 kali di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, pada 27 hingga 29 September 2024.

Bertajuk "i," IdeaFest 2024 menggambarkan karakter setiap individu dari berbagai generasi yang haus akan wawasan dan ide inovatif. Tema tahun ini bermakna perwujudan individu-individu dengan segudang ide, inovatif, berintegritas, dan menginspirasi yang berkontribusi nyata pada pertumbuhan dan pemahaman kolektif di sekitarnya.

"IdeaFest terus berevolusi jadi platform inklusif yang berusaha memberdayakan para pelaku industri kreatif untuk mengembangkan kekayaan intelektual mereka. Dengan mempertemukan individu-individu yang punya keahlian dan pengalaman berbeda, IdeaFest memfasilitasi pertukaran ide antar generasi dari berbagai bidang, sehingga memunculkan wawasan, sinergi, dan inovasi baru," Desy Bachir, Co-Chair IdeaFest 2024, menerangkan dalam konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu, 24 Juli 2024.

Ia menyambung, "Kami ingin turut berkontribusi dalam membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik melalui kolaborasi di antara para pelaku industri kreatif terbaik di seluruh dunia. Harapannya, IdeaFest setiap tahunnya bisa mendorong kecerdasan dan kolaborasi antar sesama, menghubungkan para pemikir cerdas dan inovatif untuk berbagi pengalaman, serta menciptakan dampak positif bagi kemajuan industri kreatif."

Selama tiga hari, IdeaFest 2024 akan menghadirkan berbagai program, seperti IdeaTalks, IdeaFest X, Comedy, IdeaFriends Forum, IdeaFest Night, Experiential Expo, Creative Market & Food Market oleh Semasa, serta IP & Content Expo. Lebih dari 400 pembicara, termasuk Cinta Laura, dan 140 sesi akan digelar demi memberi kesempatan [ada para pelaku industri kreatif mengeksplorasi peluang baru, berinovasi di berbagai disiplin ilmu, serta menjalin hubungan yang berdampak positif dan berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usulan Ideafest Digelar di Luar Jakarta

Para pembicara Ideafest 2024 adalah sejumlah tokoh ternama dan ahli di berbagai bidang, seperti film, musik, fesyen, teknologi, politik, F&B, komedi, ada olahraga. Di antara ada juara dunia barista Mikael Jasin.

Kemudian, Afutami (Think Policy), Deddy Corbuzier, Alissa Wahid (psikolog), Aliyah Natasya (DNA Finance), Gunawan Lo (Artket & Semasa), Ivan Gunawan (perancang busana), Nazira C Noer (POPLICIST Publicist), Renaldi Perdana Kusuma (Tenue de Attire), Ritchie Ned Hansel (ADGI), Teguh Wicaksono (VIDIO), Tita Djumaryo (Ganara Art), dan Trivet Sembel (VOLIX Group).

"Setiap tahun, IdeaFest selalu menghadirkan beragam IP dari seluruh Indonesia. Kolaborasi ini jadi wadah bagi para local IP untuk mengembangkan dan memperkenalkan IP mereka ke masyarakat luas, khususnya teman-teman yang akan datang ke IdeaFest," kata Deddy Corbuzier.

"Menurut saya," ia menyambung. "Acara seperti Ideafest ini sangat disayangkan bila hanya diadakan di Jakarta, karena banyak ilmu dan inspirasi yang bisa dibagikan. Masyarakat Jakarta dan sekitarnya saya rasa sudah cukup mendapat banyak ilmu, mungkin sampai 70 persen. Kalau bisa, (Ideafest) diadakan juga di daerah dan kota-kota lain atau dibikin online, supaya lebih luas lagi jangkauannya."

3 dari 4 halaman

Cinta Laura Mengkurasi Para Pembicara

Sementara itu, Cinta Laura merasa sangat antusias bisa kembali mengikuti Ideafest tahun ini. Kali ini, ia juga bertugas mengkurasi para pembicara. "Mungkin ini cara terbaik untuk generasi muda belajar tanpa merasa didikte atau dipaksa harus mempercaya atau mengerti sesuatu," tutur Cinta.

"Tapi dengan sendirinya, mereka menyerap informasi yang menurut mereka menarik dan mengambil keputusan sendiri dalam bagaimana mereka ingin berpikir dan melihat dunia. Selain itu, membenahi apa yang ada di dalam diri mereka, apa yang ada di pikiran mereka, dan hati mereka," sambungnya.

Di Creative & Food Market, IdeaFest berkolaborasi dengan Semasa untuk menghadirkan bazar dengan lebih dari 100 brand lokal dari berbagai produk. Ini termasuk produk gaya hidup, makanan dan minuman, hingga kebutuhan sehari-hari.

"IdeaFest 2024 mengangkat tema 'i' yang salah satu pusatnya ialah 'individu.' Di sisi lain, generasi saat ini punya sense of self yang semakin kuat, sesuai dengan karakternya," kata Andhyta Firselly Utami, CEO of Think Policy sekaligus Braintrust IdeaFest 2024.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Ideafest 2024

Andhyta  melanjutkan, "Tapi yang kontra intuitive sebenarnya di dalam 'i ' ini ada juga pengaruh kolektivitas yang membuat kita perlu peduli terhadap isu bersama. Jadi menurut saya, IdeaFest sebagai platform diskusi para pelaku kreatif berperan penting (dalam menemukan) solusi terhadap isu-isu yang ada."

IdeaFest 2024 mengajak para pemimpin industri, inovator, inisiator, dan pelaku industri kreatif untuk berdiskusi dan menghadirkan berbagai minat. Salah satu program terbaru yang dihadirkan adalah kolaborasi IdeaFest X bersama Podhub, Login, Malaka Project, Thirty Days of Lunch, ADGI, Pear Press, dan ⁠Minutes of Manager.

Para pengunjung dan peserta IdeaFest 2024 dapat menikmati berbagai sesi diskusi, workshop, dan pameran yang dirancang untuk menginspirasi dan mendorong inovasi. Ini jadi ajang bagi setiap generasi untuk berbicara dengan lantang dan berani, serta berkolaborasi lintas generasi untuk mengakselerasi pertumbuhan industri kreatif di dalam negeri.

Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2024, silakan kunjungi situs webwww.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid. Pembelian tiket dapat melalui https://goers.co/ideafest seharga mulai dari Rp229 ribu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.