Sukses

Faktor-Faktor Risiko yang Harus Diperhatikan Saat Sedot Lemak

Sedot lemak merupakan salah satu jenis operasi yang menggunakan penyedotan untuk menghilangkan lemak dari area tubuh tertentu, seperti perut, pinggul, paha, bokong, lengan, atau leher.

Liputan6.com, Jakarta - Publik sedang menyoroti seorang selebgram yang meninggal karena operasi sedot lemak. Selebgram bernama Ella Nanda Sari Baro Hasibuan itu terjadi di sebuah Klinik Kecantikan di Beji, Depok. 

Insiden ini tentu membuat siapa pun yang ingin menjalani operasi sedot lemak akan berpikir ribuan kali. Namun sebenarnya kasus yang dialami selebgram tersebut hanyalah satu dari sekian orang yang telah menjalani operasi sedot lemak, karena banyak juga yang berhasil.

Mengutip dari laman Mayo Clinic, Senin (29/7/2024), sedot lemak adalah salah satu jenis operasi. Operasi ini menggunakan penyedotan untuk menghilangkan lemak dari area tubuh tertentu, seperti perut, pinggul, paha, bokong, lengan, atau leher.

Sedot lemak juga bisa bertujuan untuk membentuk area tubuh tertentu misalnya bokong. Proses tersebut disebut pembentukan kontur. Sebutan lain untuk sedot lemak adalah lipoplasti dan pembentukan kontur tubuh.

Sedot lemak tidak dianggap sebagai metode penurunan berat badan secara keseluruhan atau alternatif penurunan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan dapat menurunkan berat badan lebih banyak melalui diet dan olahraga atau melalui jenis operasi lain selain sedot lemak.

Sedot lemak dapat berhasil bagi Anda jika Anda memiliki banyak lemak tubuh di tempat tertentu tetapi memiliki berat badan yang stabil. Selain itu, sedot lemak terkadang dapat digunakan untuk mengurangi jaringan payudara berlebih pada pria, suatu kondisi yang disebut ginekomastia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Risiko Sedot Lemak

Perubahan bentuk yang dihasilkan biasanya bersifat permanen selama berat badan Anda tetap sama. Setelah sedot lemak, kulit menyesuaikan diri dengan bentuk baru area yang dirawat.

Jika warna kulit dan elastisitasnya bagus, kulit biasanya tampak halus. Namun jika kulit Anda tipis dan tidak elastis, kulit di area yang dirawat mungkin tampak kendur.

Untuk menjalani sedot lemak, Anda harus dalam kondisi kesehatan yang baik tanpa kondisi yang dapat mempersulit operasi. Kondisi ini dapat mencakup masalah aliran darah, penyakit arteri koroner, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Seperti halnya operasi lainnya, sedot lemak memiliki risiko. Risiko ini meliputi pendarahan dan reaksi terhadap anestesi. Risiko lain yang khusus terjadi pada sedot lemak meliputi:

1. Kontur kulit tidak rata

Kulit Anda mungkin tampak bergelombang, bergelombang, atau layu karena pembuangan lemak yang tidak merata, elastisitas kulit yang buruk, dan jaringan parut. Perubahan ini mungkin bersifat permanen.

2. Penumpukan cairan

Kantung cairan sementara, yang disebut seroma, dapat terbentuk di bawah kulit. Kantung ini mungkin perlu dikeringkan menggunakan jarum. 

 

3 dari 4 halaman

3. Mati Rasa

Anda mungkin merasakan mati rasa sementara atau permanen di area yang dirawat. Saraf di area tersebut juga mungkin terasa teriritasi.

4. Infeksi

Infeksi kulit jarang terjadi tetapi mungkin terjadi. Infeksi kulit yang parah dapat mengancam jiwa.

5. Tusukan internal

Keadaan ini jarang terjadi, jika tabung tipis yang digunakan selama operasi menembus terlalu dalam, dapat menusuk organ internal. Ini mungkin memerlukan operasi darurat untuk memperbaiki organ tersebut.

6. Emboli lemak

Potongan lemak dapat pecah dan terperangkap dalam pembuluh darah. Potongan lemak tersebut kemudian dapat terkumpul di paru-paru atau mengalir ke otak. Emboli lemak merupakan keadaan darurat medis.

7. Masalah ginjal dan jantung

Ketika sedot lemak dalam jumlah besar dilakukan, cairan akan bergeser. Hal ini dapat menyebabkan masalah ginjal, jantung, dan paru-paru yang dapat mengancam jiwa. 

8. Toksisitas lidokain

Lidokain adalah obat yang digunakan untuk membantu mengatasi rasa sakit. Obat ini sering diberikan bersama cairan yang disuntikkan selama sedot lemak. Meskipun lidokain biasanya aman, terkadang toksisitas lidokain dapat terjadi, yang menyebabkan masalah jantung dan sistem saraf pusat yang serius 

4 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Sedot Lemak

Disebutkan bahwa risiko komplikasi meningkat jika dokter bedah menangani permukaan tubuh yang lebih besar atau melakukan beberapa prosedur selama operasi yang sama. Bicarakan dengan dokter bedah tentang bagaimana risiko ini berlaku bagi Anda.

Sebelum prosedur, diskusikan dengan dokter bedah Anda tentang apa yang diharapkan dari operasi tersebut. Dokter bedah Anda akan meninjau riwayat medis Anda dan menanyakan tentang kondisi medis yang mungkin Anda miliki. Beri tahu dokter bedah tentang obat-obatan, suplemen, atau herbal yang sedang Anda konsumsi.

Dokter bedah Anda akan menyarankan Anda untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), setidaknya seminggu sebelum operasi. Anda mungkin juga perlu menjalani tes laboratorium tertentu sebelum menjalani prosedur.

Jika hanya sedikit lemak yang akan diangkat, operasi dapat dilakukan di klinik atau kantor medis. Jika sejumlah besar lemak akan diangkat atau jika Anda menjalani prosedur lain pada saat yang sama, operasi dapat dilakukan di rumah sakit. Dalam kedua kasus tersebut, carilah seseorang untuk mengantar Anda pulang dan tinggal bersama Anda setidaknya selama malam pertama setelah prosedur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini