Sukses

3 Resep Praktis Makaroni Schotel Kukus, Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Rasa makaroni schotel adalah perpaduan gurih dan creamy dari paduan susu serta keju cheddar juga kaya akan kandungan gizi. Tak hanya dipanggang saja, Anda yang tak memiliki oven di rumah tetap bisa membuatnya dengan cara dikukus.

Liputan6.com, Jakarta - Sedang mencari kudapan untuk keluarga di rumah yang mudah dibuat? Makaroni schotel adalah jawabannya. 

Makaroni schotel memiliki nama yang berbeda di setiap negara. Mengutip dari laman Eudict, Senin, 29 Juli 2024, penamaan makaroni schotel sendiri terdiri dari dua kata, yakni makaroni dan schotel atau schaal. Makaroni adalah kata Indonesia untuk "macaroni" dalam bahasa Inggris, sementara schotel atau schaal adalah kata Belanda yang artinya "hidangan" atau "piring".

Rasa makaroni schotel adalah perpaduan gurih dan creamy dari paduan susu serta keju cheddar juga kaya akan kandungan gizi. Tak hanya dipanggang saja, Anda yang tak memiliki oven di rumah tetap bisa membuatnya dengan cara dikukus.

Penasaran ingin mencoba membuatnya di rumah? Berikuy tiga resep praktis makaroni schotel kukus yang dirangkum dari Cookpad. Dengan menu pertama makaroni schotel kukus dari akun @itsmenyl218.

Bahan-Bahan:

1-2 porsi

2 Bks sup pasta la fonte

1 Bks kornet beef pronas (bisa diganti sesuai selera)

2 butir telur

Keju kraft milky soft (potong dadu)

1 siung bawang Bombay

125 ml susu cair

1 sdm mentega

1 sdt bawang putih bubuk

1 sdt kaldu sapi1 sdt garam

1 sdt merica bubuk

Cara Membuat:

  1. Rebus makaroni dan sayuran yang ada dalam la fonte sup makaroni kemasan setelah masak tuangkan sedikit minyak agar tidak lengket kemudian sisihkan.
  2. Panas wajan dan cair kan mentega dan masukan bawang bombay yang sudah dicincang halus dan bawang putih bubuk kemudian sisihkan.
  3. Campuran semua bahan menjadi satu kedalam wadah, termasuk potongan keju yang telah dipotong dadu dan beri topping keju di atasnya, kemudian masukan kedalam pinggan tahan panas dan kukus selama 30 menit. Setelah matang kemudian diinginkan dan siap disantap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makaroni Schotel Kukus Simpel

Berikutnya adalah resep makaroni schotel kukus simpel dari akun Cookpad @sastee. Resep praktis ini membutuhkan bahan-bahan:

100 gram macaroni

2 sendok makan mentega

1/2 bawang bombay potong kotak

1 potong keju cheddar parut

2 butir telur

2 siung bawang putih potong halus

2 slice smoke beef potong kotak

500 ml susu full cream

2 sendok makan cooking cream

secukupnya Garam

secukupnya Merica bubuk

secukupnya Oregano

secukupnya Keju mozzarella

Cara Membuat:

  1. Rebus macaroni di campur dengan minyak sampai al dente. Tiriskan & sisihkan. Panaskan mentega. Tumis bawang putih dan bawang bombay. Setelah bawang bombay layu, masukan smokebeef.
  2. Kecilkan api, masukkan susu sedikit demi sedikit. Aduk kemudian tambahkan cooking cream. Aduk. Tambahkan keju cheddar parut. Tambahkan garam, merica, oregano. Koreksi rasa. Masak hingga mendidih. Matikan kompor.
  3. Masukkan telur kemudian aduk. Masukkan macaroni dan dicampur merata.4Siapkan kukusan. Atur macaroni di dlm wadah. Taburkan keju mozzarela dan oregano. Kukus 20-30 menit.Angkat macaroni & siap di sajikan.
3 dari 3 halaman

Makaroni Schotel Kukus

Berikutnya adalah resep makaroni schotel kukus dari akun Cookpad @nurulayuandini. Resep ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

1/2 kg Makaroni

5 pcs Sosis

4 Butir Telor Ayam

Keju Cheedar diparut

3-4 Siung Bawang Putih

1 buah Bawang Bombay

Susu Ultra Full Cream

1/2 SDM Totole

Secukupnya Origano

Garam secukupnya

½ SDMB lueband/Margarin

Cara Membuat:

  1. Rebus macaroninya, masak macaroni tidak terlalu lama karena nanti bisa hancur.
  2. Tumis Bawang Putih empat siung dan satu buah Bawang Bombay dengan menggunakan margarin, kemudian masukan sosis yang telah di potong potong menjadi beberapa bagian.
  3. Kemudian masukan susu full cream, kemudian aduk sampai setengah matang, kemudian masukan keju parutan, dan masukan lagi totole dan sedikit garam dan rempah rempah origano sampai benar benar matang, kemudian diamkan beberapa waktu sampai bahan yang di masak dingin.
  4. Lalu masukan empat  butir kocokan telur, kenapa di sini saya memasukan telur pada saat dingin, karena telur tidak matang dan menggumpal, kemudian masukan makaroninya dan dimasukan ke dalam wadah kecil kecil yang terbuat dari bahan alumunium foil.
  5. Kukus selama 25 menit dan dihidangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini