Sukses

Viral Undangan Pernikahan Mirip Ijazah Sekolah, Warganet Auto Terinspirasi

Desain undangan pernikahan mirip ijazah sekolah ini disebut terinspirasi dari perjalanan hidup pasangan pengantin tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kreativitas dalam mendesain undangan pernikahan semakin beragam. Belaum lama ini, misalnya, viral undangan pernikahan yang didesain menyerupai ijazah sekolah. Foto undangan unik itu dibagikan pemilik akun TikTok @jurnalrised pada 25 Juli 2024.

Sontak, desain undangan pernikahan yang tidak biasa ini langsung menarik perhatian banyak warganet. Menurut pemilik akun yang merupakan pasangan suami istri (pasutri), itu adalah undangan pernikahan saat menikah pada 2022 lalu.

"Waktu itu bingung mau pakai konsep yang gimana, akhirnya memutuskan mengambil hal sederhana dari perjalanan hidup kami berdua, pengaruh ijazah ternyata sangat berarti bagi kami," terang mereka dalam keterangan unggahannya.

"Banyak simbol dari ijazah ini, pertemuan, kedekatan, motivasi, karier, dan tujuan, semua ada di sini. Maka terciptalah desain undangan seperti ini, sederhana tapi sangat berarti bagi kami! ✨," tambahnya.

Di unggahan tersebut, kita bisa melihat keterangan lazim, mulai dari hari pernikahan hingga lokasi acara resepsi di bagian tengah. Sedangkan, tulisan "Undangan" ditaruh di bagian atas di bawah kalimat, "Kerukunan Kasih dan Asmara Republik Percintaan," seperti tulisan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang biasa tercantum di bagian paling atas ijazah sekolah.

Tidak lupa, ada pas foto kedua mempelai dengan latar berwarna merah di bagian bawah. Di sampingnya ada tanda tangan mereka. Sementara di bagian belakang undangan pernikahan itu terdapat denah menuju lokasi resepsi pernikahan.

Undangan pernikahan itu juga mencantumkan nama kedua mempelai, yaitu Risvi Pengestu dan M Edo Pratama Putra. Keduanya diketahui melangsungkan akad nikah pada Jumat, 22 Juli 2022 lalu di rumah mempelai wanita, disusul resepsi pernikahan pada Minggu, 24 Juli 2022 di Gedung Graha IGM, Palembang, Sumatra Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Ingin Buat Undangan Serupa

Undangan pernikahan dengan desain ijazah sekolah ini memberi kesan berbeda pada warganet yang melihatnya. Sebagian besar mengaku terinspirasi dan ingin membuat undangan pernikahan unik seperti pasutri tersebut. Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 2,3 juta kali dan disukai lebih dari 129 ribu kali.

"Kak, boleh dicontoh gak designnya ? sambil nyari calonnya,” komentar seorang warganet. "Lucu banget???? kok kepikiran sih kak ???????? kalian guru kah??" tanya warganet lain. "Unik.. semoga tahun depan terlaksanakan," ujar warganet lainnya. "Okeh ide udah ada,tinggal cari pendamping hidupnya yang belom😺" timpal warganet yang lain.

Beberapa bulan lalu, sebuah undangan pernikahan unik juga sukses mencuri perhatian. Visual undangan pernikahan itu berbeda dari biasanya. Alih-alih estetis, calon pengantin dan keluarganya memilih pendekatan lebih praktis, namun berguna dengan menempelkan undangan tersebut di produk bumbu instan.

Penampakan undangan pernikahan simpel ini dibagikan akun Instagram @ustadzahmadhomsani, 19 April 2024. Akun itu menuliskan, "Undangan di Cisauk (Kabupaten Tangerang) simpel pakai royco. Beres. Ini patut dicontoh."

 

3 dari 4 halaman

Undangan Unik yang Praktis

Undangan dalam selembar kertas kecil itu tetap memuat informasi penting, mulai dari nama kedua calon mempelai, tempat dan waktu pernikahan, sampai nama orangtua. Ide undangan pernikahan praktis ini mendapat pujian banyak warganet.

"Di tempatku kalo buat ibu-ibu atau anak muda modelnya begini, kaya permen dua buah diklip. Kalo buat bapaknya undangan kertas jadi dapet dua," komentar seorang pengguna di video yang sudah mencatat empat juta penayangan saat artikel ini ditulis.

"Praktis, murah, berguna. Soalnya undangan mahal-mahal pun ujungnya dibuang juga," sahut yang lain. "Lebih bermanfaat ketimbang undangan kertas. Udahlah mahal ehh kadang gak sampe (sempat) dibuka."

Ada juga yang menyebut bahwa di daerah rumah mereka, undangan pernikahan biasanya diberikan bersama sesaset kopi instan. "Kayaknya tergantung kesepakatan ya, tapi coba kalau bisa jangan produk yang diboikot (terkait dukungan pada Palestina)," sebut pengguna berbeda.

Tidak hanya di undangan pernikahan, bumbu dapur sebelumnya sudah dijadikan seserahan. Ya, alih-alih hantaran berisi ragam barang branded, pengantin perempuan asal Malaysia bernama Siti Masnida Abdul Malek memilih bumbu dapur sebagai seserahan pernikahan.

 

4 dari 4 halaman

Bumbu Dapur

Berbicara pada mStar, dikutip 16 Januari 2024, Nida, sapaan akrabnya, mengaku menghabiskan 50 ringgit (sekitar Rp166 ribu) untuk mengisi tujuh nampan hantaran. Bingkisan itu dibalas pengantin pria dengan membawa lima nampan, juga berisi bumbu dapur, seharga 85 ringit (sekitar Rp283 ribu).

"Keputusan memberikan bumbu dapur sebagai seserahan merupakan kesepakatan bersama dengan suami," kata perempuan berusia 34 tahun tersebut.Ia menyambung, "Karena saya tipe orang yang suka memasak, kami memilih menggunakan bumbu-bumbu kering saja karena mudah dan tidak boros. Kami tidak ingin mengikuti kebiasaan menempatkan barang-barang pribadi yang jauh lebih mahal. Kami sudah punya semuanya."

Menurut Nida, upacara pernikahan dengan suaminya, Yusri (35), juga berlangsung sederhana dan hanya dilakukan satu kali di kediamannya di Manchis, Bentong, Pahang. Seperti yang diunggah di TikTok, Nida memperlihatkan nampan hantaran berisi bawang bombai, kentang, bunga kantan, jahe, kunyit, lengkuas, dan jeruk nipis.

Kemudian, ada satu nampan seserahan pernikahan berisi satu set kecap, kerupuk, dan bubuk kari.Terdapat pula nampan berisi ikan sarden, asam jawa, teh hijau, santan dan ragam bumbu, minyak, serta tepung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.