Sukses

JF3 Gandeng Paris Gelar DRP Jakarta, 70 Jenama Streetwear Lokal dan Internasional Jadi Peserta

DRP Jakarta yang digelar sebagai bagian penyelenggaraan JF3 2024 itu menggandeng DRP Paris dalam proses kurasi streetwear yang bisa tampil.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki penyelenggaraan ke-20 kali, Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) menggandeng DRP Paris untuk menghadirkan DRP Jakarta.

"DRP Jakarta ini, sebuah festival budaya urban dan street culture dari Prancis, yang akan berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 26 Juli hingga 4 Agustus 2024, di Summarecon Mall Serpong," kata Soegianto Nagaria, Chairman JF3, Jumat, 26 Juli 2024.

Cita-cita JF3 tahun ini pun masih sama, yakni membawa brand lokal Indonesia bisa menembus pasar global. Namun, situasinya tak semudah membalikkan telapak tangan karena brand lokal yang kebanyakan masuk dalam kategori UMKM itu seringkali memiliki keterbatasan akses dan modal untuk bisa berpameran di luar negeri.

"Maka kali ini, JF3 berinisiatif mendatangkan event berskala global ke Indonesia, dengan harapan bisa membuka kesempatan bagi lebih banyak brand lokal untuk berpartisipasi dalam pentas internasional. DRP Jakarta akan menegaskan bahwa industri dan trend mode kini tidak lagi dipersempit dengan hambatan batas geografis," katanya.

Ia menyebut lewat interaksi antar-negara, diharapkan masing-masing pihak akan memberikan timbal balik yang saling menguntungkan. Publik Indonesia tidak hanya diperkenalkan kepada brand mode internasional yang sedang populer di kalangan muda internasional, tapi juga banyak brand lokal Indonesia akan dikenal oleh pelaku dan pemerhati mode global.

"Kita sama-sama tahu, DRP Paris telah dikenal luas pecinta tren streetwear internasional, berlangsung di tengah masa penyelenggaraan Paris Fashion Week, yang tahun lalu bertempat di Jardin des Tuileries, Paris. Festival ini menjadi titik kumpul komunitas dan pelaku utama budaya urban dan street culture di Perancis, menampilkan busana streetwear, sneakers, live music, pertunjukan skateboard, dan street food," ia menguraikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

70 Brand Streetwear Lokal dan Internasional Hadir di DRP Jakarta

Lebih dari sekedar perayaan, DRP juga memegang teguh filosofi Drop Culture, yaitu gerakan menentang fast fashion dengan merilis produk dalam jumlah terbatas dan pada periode tertentu.

"Membawa brand mode dari Prancis bukan hal yang mudah, karena mereka Perancis merupakan ekosistem mode yang sangat maju dan dikenal memiliki standar yang tinggi, sehingga kami sangat bangga dan terhormat ketika Indonesia melalui JF3 terpilih dan dipercaya sebagai lokasi pertama di luar Prancis untuk menjadi tuan rumah DRP," kata Thresia Mareta, Advisor JF3.

Brand Prancis yang terpilih untuk hadir di DRP Jakarta saat ini sedang populer dan sangat diminati kaum muda. Ia mengklaim proses kurasi brand Prancis yang hadir kali ini di DRP Jakarta lebih baik dibanding dengan DRP Paris tahun lalu.

DRP Jakarta membawa brand streetwear Prancis, yaitu Pablo T-Shirt Factory, Barriers Worldwide, Please Paulo Stop Cappin, dan A1 Denim. Tidak kurang dari 70 brand lokal dan internasional yang akan berpartisipasi, setelah melalui kurasi ketat oleh penyelenggara DRP Jakarta yang terintegrasi dengan DRP Prancis.

3 dari 4 halaman

Ragam Aktivitas di DRP Jakarta

"Ada juga brand asal Indonesia yang sudah lolos akurasi di DRP Jakarta, seperti Kick Avenue, LAKON Indonesia, Kanky, Untold, Bratpack, Denimitup, Rawtyperiot, juga Control New, brand streetwear dengan pendekatan berkelanjutan untuk produksi aksesori dan busana," kata Thressia soal jenama lokal.

Bukan hanya gelaran fashion show, ada juga berbagai pertunjukan dan aktivitas memacu adrenalin khas masyarakat urban. Di antaranya demo freestyle streetball yang diisi oleh profesional dan skill 1 on 1 atau 2 on 2 bersama para selebriti, serta sesi bersama komunitas streetball.

DRP Jakarta juga menghadirkan komunitas skateboard dan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Talkshow, Free Skating, Public Skate Session, Game of Skate, Board Painting, Fashion Show with feature skaters, Vert Ramp Demo. Ada pula Park Demo Session dari skater berpengalaman yang siap memukau pengunjung, termasuk hadirnya atlet skateboard peraih medali internasional.

4 dari 4 halaman

Tema JF3 2024

JF3 tahun ini mengusung tema #20YearsContribution untuk menandai tonggak sejarah dua dekade kontribusi mereka untuk industri mode Indonesia, baik dari segi inovasi, relasi, dan bisnis. Chairman JF3 Soegianto Nagaria mengatakan, "Awalnya, JF3 diinisiasi PT Summarecon Agung untuk mendukung para pelaku usaha mode agar dapat menampilkan karyanya secara lebih professional."

"Dua puluh tahun bukanlah waktu yang singkat, terutama untuk sebuah festival mode," sebut dia. "Meski menghadapi berbagai tantangan, seperti krisis ekonomi dan pandemi, JF3 tetap teguh melangkah. Bagi kami, pelaku industri mode harus terus bergerak maju agar visi kami memajukan industri mode bisa terwujud sepenuhnya."

Selain presentasi koleksi Armine Ohanyan, acara pembukaan JF3 2024 diisi pemberian penghargaan dalam dua kategori: Emerging Local Brand yang dipersembahkan pada APAKABAR, dan #20YearsCollaboration Awards unuk Provinsi DKI Jakarta, Indonesian Fashion Designer Council (IFDC), Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), dan Martha Tilaar Group. Lalu, ada Syafa Aliffa, model yang jadi wajah baru JF3 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.