Sukses

Kereta Blambangan Express Tujuan Jakarta - Banyuwangi Mulai Beroperasi, Berapa Durasi dan Harga Tiketnya?

Layanan kereta api Blambangan Express kini telah beroperasi dengan relasi keberangkatan dari Stasiun Senen menuju Stasiun Ketapang. Rute baru ini akan mempermudah pejalan yang ingin ke Banyuwangi maupun menyeberang ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Moda transportasi kereta api saat ini masih menjadi pilihan untuk mobilitas antar-kota, terutama di Pulau Jawa. Meski tak secepat pesawat, tapi menggunakan layanan kereta api saat ini sudah semakin nyaman walaupun membeli tiket kelas ekonomi.

Layanan kereta api pun saat ini sudah melayani relasi langsung dari Jakarta ke Banyuwangi. "Sekarang buat kalian yang mau jalan-jalan ke Bali atau Ketapang atau Banyuwangi, nggak usah ribet ribet, takut transit atau gimana, udah ada kereta Blambangan Express," ungkap salah seorang pegawai PT KAI dalam konten yang diunggah di akun TikTok @Awtasia pada Senin, 29 Juli 2024.

Ia menginformasikan bahwa relasi kereta tersebut dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Ketapang. "Agak jauh sih ya, tapi buat kalian yang malas transit ini bener-bener membantu sekali," sebutnya lagi.

Ia pun mengajak pengikutnya untuk jalan-jalan naik Kereta Blambangan Express. Saat berita ini dibuat, Tim Lifestyle Liputan6.com pun mengecek tiket kereta api Blambangan Express tersebut. Harga yang tertera adalah Rp505.000 untuk kelas ekonomi, sementara tiket kelas eksekutif harganya Rp775.000.

Waktu tempuh perjalanan kereta Blambangan Express adalah 16 jam 45 menit, untuk kelas ekonomi maupun eksekutif. Meski terbilang baru beroperasi, ketika ditelusuri lebih jauh di platform pemesanan tiket seperti Traveloka maupun Tiket.com, banyak slot jadwal keberangkatan yang sudah habis terjual, termasuk untuk kelas eksekutif dengan tempat duduk lebih nyaman. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Berkomentar

Konten yang disukai oleh lebih dari 96,6 ribu pengguna TikTok itu pun banjir komentar. Banyak warganet yang bertanya lebih lanjut, tapi tak semuanya ditanggapi oleh pembuat konten.

"Rute kereta terjauh sekarang Blambangan Express," tulis warganet. "Nambah 250-300 (ribu) dapet pesawat," yang lain menimpali.

"Aku Lempuyungan - Ketapang aja udah ampun, yang ini malah," sambung warganet lain. "Mbak itu jauh, bukan agak jauh, ujung ke ujung," timpal warganet.

"Ga worth-it kalo naik kereta ekonomi, 550 udah dapet bus eksekutif free snack plus dapat makan dua kali kursi empuk dan waktu tempuh cepetan naik bus," yang lain membandingkan.

"Please Semarang - Ketapang semoga ada," harap warganet. "Pemberhentiannya mana aja nih?" tanya warganet lainnya.

"Naik kereta sekarang bisa sama bawa motor ga ya?" tanya yang lain.

Bali masih jadi destinasi favorit saat ini. Ketika biaya naik pesawat melambung, perjalanan lewat jalur darat bisa jadi alternatif yang lebih hemat di kantong. Tak melulu membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan kereta api menuju Bali.

3 dari 4 halaman

Cara Naik Kereta Api dari Yogyakarta ke Bali

"Nyobain naik kereta dari Jogja ke Bali, bujetnya cuma Rp200 ribu per orang," ungkap seorang pejalan dengan akun @rawindriani yang membagikan pengalamannya lewat TikTok, diunggah pada 22 Desember 2023.

Ia mengawali perjalanannya di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dengan membeli tiket kereta Sri Tanjung seharga Rp94.000 per orang untuk kelas ekonomi C. Sebenarnya tersedia tiket kelas eksekutif, tapi ia memilih kelas ekonomi karena jauh lebih murah dan ingin memberikan pengalaman baru untuk anak-anaknya.

Di atas kereta, ia membeli makanan yang harganya Rp30.000 per porsi dengan menu berupa nasi dan ayam. Menurutnya, naik kereta kelas ekonomi untuk anak-anak juga bisa terasa nyaman, karena bisa berinteraksi dengan orang lain. 

Di sela-sela perjalanan, ia mengajak anak-anaknya makan. Ia mencoba menu Ciomy, semacam bakso berkuah dengan harga Rp25.000 per porsi. Ia menyebut makan sambil melihat pemandangan dari atas kereta terasa sebagai pengalaman unik.

4 dari 4 halaman

Mencoba Menu di Atas Kereta Makan

Usai 11 jam berlalu di atas kereta, hari mulai gelap. Akhirnya, mereka pun sampai di Stasiun Ketapang dan menuju ke Pelabuhan Gilimanuk untuk menyeberang. "Jarak dari stasiun ke pelabuhan hanya 15 menit," infonya. 

Ia membeli tiket kapal ferry seharga Rp10.600 untuk satu orang. Tiket bisa dibeli langsung maupun melalui online di aplikasi Ferizi. Ia mengaku itu adalah pertama kalinya naik kapal fery di malam hari dan ia menikmatinya karena ternyata pemandangannya cantik.

Tak sampai satu jam, kapal sampai di Pelabuhan Gilimanuk. Untuk sampai ke Denpasar, Anda dapat memakai transportasi bis dan moda transportasi lainnya seperti menyewa mobil dekat pelabuhan.

Konten yang disukai oleh 62,4 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat beragam tanggapan. Di antaranya juga ada yang bertanya lebih lanjut. 

"Nah ini contohnya, biar Bali nggak macet. Bayangin yang datang ke Bali rata-rata bawa mobil sendiri-sendiri, langsung macet," kata warganet.

"Murah sih tapi sampe Banyuwangi, pinggang rasanya mau copot," kata yang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini