Sukses

Kiat Erina Gudono Dapat Izin Kaesang Pangarep untuk Lanjut Kuliah S2 ke Luar Negeri

Erina Gudono mengatakan bahwa menuntut ilmu sebagai amal jariyah yang akan bermanfaat bagi orang banyak, karena itu orangtua maupun pasangan seharusnya tidak melarang.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar membanggakan datang dari Erina Gudono yang mengumumkan telah diterima di Universitas Pennsylvania. Selain senang dengan pencapaiannya, finalis Putri Indonesia 2022 dari Daerah Istimewa Yogyakarta itu juga merasa beruntung karena didukung penuh suaminya, Kaesang Pangarep.

Tak lama usai mengungkap kabar gembira itu, Erina berinteraksi dengan para pengikutnya di Instagram. Banyak pula perempuan muda seperti Erina bertanya kepadanya bagaimana cara menyakinkan pasangan saat ingin mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri.

Erina pun menjawab berdasarkan pertanyaan dari seorang wanita lajang. "Konteksnya karena masih pacaran/belum menikah, restu dan tanggung jawab kita nomor satu itu ke orangtua. Selama ortu merestui ya go for it," tulis Erina sebagai balasan di Instagram Story yang diunggah pada Selasa, 30 Juli 2024.

Wanita 27 tahun itu mengatakan saat punya anak nanti, ia pun akan mendukung penuh keinginan anaknya untuk sekolah tinggi. Tapi jika keinginan belajar dilarang oleh pasangan yang belum resmi sebagai suami, ia sebagai orangtua akan protes.

Erina pun menganalogikan jika posisi tersebut ditukar, apakah mampu pasangan meninggalkan mimpinya seperti melanjutkan sekolah S2 hanya karena tidak ingin menjalani hubungan jarak jauh. "Karena ilmu yang bermanfaat akan selalu ada terus sama kita, bisa diwariskan ke anak cucu, bahkan jadi amal jariyah kita. Sedangkan manusia/pacar/pasangan itu mungkin nggak bisa selama-lamanya sama kita," jelas Erina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erina Gudono Dapat Beasiswa Pendidikan Parsial

Diketahui menantu Presiden Jokowi ini berhasil mendapat beasiswa pendidikan parsial di University of Pennsylvania. Ia diterima di program Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2).

Kampus yang berdiri sejak 1740 ini tergabung sebagai salah satu Ivy League, yaitu kelompok perguruan tinggi prestisius di Amerika Serikat. Di samping itu, University of Pennsylvania punya jaringan alumni yang luas dan berpengaruh, seperti Donald Trump, Elon Musk hingga Warren Buffett.

Sebagai suami, Kaesang merasa bangga dengan pencapaian istrinya. Ia mengunggah foto Erina memakai dress warna hitam sambil memegang surat bukti dia diterima di kampus luar negeri.

"Adekku sayang tercinta, Mas sangat bangga dan bahagia awal tahun ini adek diterima di School of Social & Practice di University of Pennsylvania, kampus ivy league tempat tokoh-tokoh dunia seperti Elon Musk, dan Donald Trump pernah sekolah," tulis Kaesang dalam unggahannya.

Pria berusia 27 tahun ini juga mengungkapistrinya ini tak hanya lulus di University of Pennsylvania saja. Ada beberapa aplikasi S2-nya yang diterima di universitas bergengsi lainnya di Amerika Serikat, seperti Columbia University.

3 dari 4 halaman

Dukungan Penuh Kaesang untuk Erina

Namun, Erina memilih untuk melanjutkan pendidikannya di University of Pennsylvania karena programnya dinilai lebih fleksibel dan Erina sedang hamil anak pertama. "Terima kasih udah memantapkan pilihan di UPenn karena programnya lebih fleksibel untuk adek yang lagi hamil, dari opsi yang sebelumnya diterima juga di Columbia University di Master Public Administration & Master Social Work," sambung Kaesang.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menyemangati sang istri. Ia yakin Erina bisa menjalani semuanya dengan baik meski sedang mengandung. Wanita 25 tahun ini rencananya akan memulai studi pada Agustus 2024.

Ia berencana untuk mengambil fokus di Non Governmental Organization/Non-profit Leadership. Jurusan ini mewajibkan mahasiswanya melakukan program proyek selama satu tahun dengan beberapa organisasi internasional, seperti UNESCO, sebagai syarat kelulusan.

"Mas akan selalu mendukungmu, memberikan semangat, dan berdiri di sampingmu dalam setiap langkah belajar mulai Agustus ini. Selamat atas pencapaianmu yang luar biasa ini. Mas mencintaimu dan nggak sabar melihat segala hal hebat yang akan adek capai di masa depan," tulis Kaesang lagi.

4 dari 4 halaman

Cara Kaesang Panggil Erina Jadi Sorotan

Namun, yang lebih menarik perhatian warganet bukan hanya berita tentang beasiswa tersebut, tapi cara Kaesang memanggil istrinya. Kaesang ternyata punya panggilan mesra kepada Erina yaitu dengan sebutan "Dek". Hal tersebut sontak langsung menuai beragam komentar menggelitik dari warganet. Hal tersebut sontak langsung menuai beragam komentar menggelitik dari warganet.

"Adek atau istri si mas," komentar warganet.

"Lebih cocok pakek sebutan "sayang atau istri ku" biar lebih intim gtu loh mas," sambung warganet lain.

"Oh jadi selama iki dianggep adek doang mbak er?" kata yang lain.

"Jadi sebenarnya gmn mas, mbak er itu istri atau dianggap adek aja,” kata warganet lainnya

"Kirain Mas Kaesang ini anak bungsu nya Pak Jokowi, ternyata punya adek lagi ya yg namanya Erina ini," canda warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.