Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Kukusan di Magelang Jawa Tengah yang Satu Kawasan dengan Kebun Teh Nglinggo

Gunung Kukusan yang berada di Magelang Jawa Tengah adalah salah satu pucak di deretan Perbukitan Menoreh dan menjadi tempat untuk melihat matahari terbit.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Kukusan merupakan salah satu pucak di deretan perbukitan menorah. Gunung kukusan ini secara administratif masuk dalam tiga kabupaten yaitu Kulon progo, Magelang dan Purworejo. Gunung Kukusan memiliki ketinggian 800 mdpl.

Mengutip dari laman resmi Visit Jogja, Rabu, 31 Juli 2023, Gunung Kukusan disebut-sebut merupakan salah satu tempat terbaik melihat matahari terbit di Yogyakarta. Bagi para pemburu sunrise pasti sudah memasukkan Gunung kukusan ini di daftar tempat yang harus mereka kunjungi.

Masih banyak hal mengenai Gunung Kukusan selain lokasinya. Berikut enam fakta menarik Gunung Kukusan yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Satu Area dengan Kebun Teh Nglinggo

Untuk diketahui, perbukitan ini masih menjadi satu dengan area Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo. Menurut cerita turun temurun yang dipercaya masyarakat setempat, dahulu ada tiga orang prajurit pengikut Pangeran Diponegoro yang menyusun strategi tak jauh dari kawasan Desa Nglinggo.

Mengutip dari laman Yogyes, tiga prajurit tersebut adalah Ki Linggo Manik, Ki Dalem Tanu, serta Ki Gagak Roban. Untuk mengenang para prajurit itu, nama Ki Linggo Manik yang dianggap sebagai pemimpin, diabadikan menjadi nama sebuah desa.

Lokadi ini telah menjadi kawasan wisata dengan pemandangan bagus. Salah satu pemandangan itu dapat pengunjung saksikan di kawasan kebun teh, di ujung barat pedukuhan Nglinggo yang kemudian lebih populer disebut Kebun Teh Nglinggo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ketinggiannya Hanya 800 Mdpl

Gunung Kukusan memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, yakni hanya 800 mdpl. Nyatanya ketinggian tersebut sudah cukup membuatmu berkeringat dipagi hari.

Namun Anda perlu trekking menaiki beberapa anak tangga sampai puncaknya. Jaraknya kurang lebih 200 meter dengan medan jalan setapak dan sedikit berpasir.

Bagi Anda yang terbiasa naik gunung tentu bukan menjadi masalah untuk melakukan perjalanan ini. Tetapi untuk yang merasa fisiknya tidak terlalu kuat, Anda perlu mengajak partner yang bisa jalan lebih santai.

Pendakian normal bisa ditempuh selama 10 hingga 20 menit. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi indahnya pemandangan kebun teh di pagi hari. 

3. Gunung Kukusan Punya 2 Puncak

Gunung ini memiliki dua puncak, yaitu puncak kendeng dan puncak dempok. Keduanya memiliki ketinggian yang berbeda. Puncak kendeng memiliki ketinggian yang lebih diabnding puncak dempok.

Menurut mitos, nama puncak kendeng diambil dari nama bayi yang dikubur dipuncaknya yaitu pangeran kendeng. Pangeran kendeng dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan pangeran diponegoro.

3 dari 4 halaman

4. Terdapat Makam di Puncaknya

Terdapat batu yang mirip dengan batu nisan di puncak kendeng dipercaya sebagai penanda makan dari pangeran kendeng. Puncak dempok yang berada lebih rendah lebih banyak dipilih lantaran terdapat kursi dari bambu yang dapat digunakan untuk istirahat sambil menikmati pemandangan yang tampak.

5. Pemandangan Gunung Merapi hingga Gunung Sumbing

Untuk mendapatkan pemandangan cantik berupa cahaya kuning keemasan, para pemburu sunrise ini rela bermalam di homestay sekitar maupun kemping di kawasan yang tak jauh dari Kebun Teh Nglinggo. Melawan dinginnya udara malam di Perbukitan Menoreh demi melihat lukisan hasil karya Tuhan di langit timur yang menawan

Gunung kukusan sendiri memiliki dua jalur untuk menuju dua puncak tersebut. Jalur ke kiri menuju ke puncak dempok, sedangkan jalur kea rah kanan menuju ke puncak tertinggi Gunung Kukusan yaitu puncak kendeng.

Di puncak Gunung Kukusan ini apabila kalian beruntung dan cuaca cerah bisa melihat sunrise berlatarkan 4 gunung yang sangat terkenal. Gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, atau para pendaki akrab menyebutnya 2S2M.

4 dari 4 halaman

6. Cara Menuju Titik Awal Pendakian

Untuk menikmati keindahan sunrise berlatarkan 4 gunung ini kamu perlu menyiapkan uang sebesar RP3.000 per orang. tiket masuk Desa Wisata Nglinggo, dan Rp2.000 per orang untuk tiket naik Gunung Kukusan.

Harga yang sangat murah untuk mendapatkan pengalaman dan keindahan yang tidak terbayar. Menuju lokasi ini sebaiknya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ke arah Kebun Teh Nglinggo.

Untuk menuju ke sana bisa ditempuh melalui Yogjakarta maupun Magelang. Para wisatawan bermobil maupun sepeda motor biasanya memilih jalur Yogyakarta, sebab lebih mudah sampai di puncak Kukusan. Sedangkan bagi yang menyukai tantangan olah raga trekking dapat melalui Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Kalau Anda berangkat dari Kota Yogyakarta menggunakan moda transportasi bis, bisa naik bis jurusan Terminal Wates dan turun di sana, lalu mencari ojek menuju arah Kebun Teh Nglinggo. Untuk Anda yang naik kereta, bisa turun di Stasiun Wates lalu mencari ojek untuk menuju arah Kebun Teh Nglinggo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini