Sukses

Kos-kosan Rp500 Ribu per Bulan Dipermak Penyewa Pria Jadi Estetis, Hasilnya Picu Pro Kontra Warganet

Kos-kosan seharga Rp500 ribu tersebut didekorasi dengan tata lampu serta dinding baru, lantainya pun diberi karpet dengan bujet yang terbilang masih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mahasiswa atau pekerja kantor, menyewa kos-kosan adalah pilihan tepat agar biaya transportasi tidak terlalu mahal dan waktu perjalanan lebih singkat. Namun, tinggal di kosan kerap terasa kurang nyaman dibanding tinggal di rumah sendiri.

Tapi hal ini tak menjadi kendala bagi seorang anak kost yang mempermak kamar kos sewaannya. "Kos-kosan di mata orang lain: lu ga rugi? Bagusin punya orang?" tulisnya lewat akun TikTok @yongbyebot pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Di awal video, kos-kosan dengan kusen warna hijau itu tampak biasa saja. Namun ketika membuka pintu, seketika suasananya jadi berubah.

Pria tersebut menunjukkan kamar kos yang ia sewa dengan kamar mandi di dalam. Tampak tak seperti kosan umumnya yang terlihat sumpek, ia menjadikannya estetis dengan dinding yang dicat ulang warna terang.

Tata letaknya juga tampak tertata rapi dengan posisi kasur dan meja kerja di ruang yang sama. Dinding platfom bagian atasnya diberi lis agar terkesan rapi dan ia juga menempatkan jam serta tulisan kaligrafi.

Sementara, perabot seperti kipas angin dan lemari baju ditempatkan di pojok dekat kamar mandi. Menariknya terdapat juga cermin dan meja tempat menaruh keperluan seperti parfum dan skincare, juga lemari gantung terbuka.

Ia juga masih menyisahkan ruang untuk menaruh sofa kecil di dekat pintu. Pada bagian jendela kos, agar suasananya tetap estetik ditempatkan pula tirai putih. Kasurnya sendiri sangat tertata rapih, menambahkan bed cover warna cokelat yang soft. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Renovasi dengan Bujet Terjangkau

Tampak bukan seperti kamar pria umumnya yang berantakan, ia juga masih bisa menaruh gitar kesayangannya di sudut tempat tidur. Konten yang telah ditonton oleh 9,3 juta pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

Warganet ada pula yang merasa penasaran dengan bujet mendekor kamar kos tersebut. Pembuat konten menjelaskan untuk desain dinding bawah, ia memakai kayu batten wall.

Kayu tersebut ditempel pada dinding sesuai dengan ukuran yang diinginkan satu per satu. Ia memilih bahan tersebut dibandingkan dengan wallpaper, agar saat pindah kos atau bosan bisa dicopot lagi.

"Ini cuma ngabisin bujet 300 ribuan (rupiah) aja," sebutnya di video.

Penyewa tersebut juga membocorkan caranya menghemat listrik. Lampu platfom yang ia gunakan hanya 24 volt dan dengan daya masih sekitar 10 watt saja. Untuk lampu cermin, ia menggunakan bohlam 5 watt dan lampu utama 15 watt, sehingga ditotal masih terbilang pemakaian yang normal.

Warganet lainnya penasaran apakah memang masih ada kos-kosan dengan harga Rp500 ribu yang lengkap dengan kamar mandi awal. Tapi pertanyaan ini tidak dijawab oleh kreator.

"Niat banget, kayak mau seumur hidup tinggal di situ," kritik warganet. "Bukan di tangan orang yang tepat, tapi orang berduit," balas warganet.

3 dari 4 halaman

Mendekor Kamar Kos Sesuai Zodiak

Merasa bosan dengan dekorasi kamar kosmu yang monoton sampai memengaruhi produktivitas? Mungkin ini waktunya untuk mengganti dekor dan tata letak kamarmu sesuai dengan zodiak. Nisha Astrin, desainer interior Rukita, berbagi beberapa tips kepada para penghuni indekos untuk menentukan kamar yang cocok dengan kepribadian berdasarkan bintang kelahiran.

Mulai dari rasi bintang lahir pertama, yaitu Aquarius. Zodiak dari elemen air ini dikenal sebagai kepribadian yang kreatif dan rebellious.

"Aquarius butuh kamar lapang dengan pencahayaan yang cukup untuk bekerja dengan warna-warna hangat yang mendukung kreativitasnya," sebut Nisha menunjukkan salah satu contoh gaya interior dengan jendela besar, pada peringatan Hari MRT di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Setelah Aquarius, zodiak kedua, Pisces disarankan untuk memilih kamar interior yang berkesan hangat dengan aksen kayu dan warna earthtone. Menurut Nisha, "Yang seperti ini cocok dengan kepribadian Pisces yang tenang."

Sementara bagi Aries si penyuka tantangan, Nisha menyarankan untuk memilih desain interior kamar yang luas dan dicat dengan tone alam yang tenang sebagai peredam energi mereka yang tak habis-habis. Lain dengan Aries, Taurus yang penuh dengan rencana dan serius memerlukan living space yang lebih praktikal dan simpel. 

 

4 dari 4 halaman

Desain Sesuai dengan Karakter

"Para Taurus ini bisa coba untuk atur kamar dengan posisi furnitur yang saling berdekatan supaya lebih praktis," sambung Nisha.

Para Gemini yang dikenal friendly disarankan untuk memilih kamar berdesain minimalis dan memiliki tempat bersosialisi, karena kepribadian mereka yang senang untuk berkoneksi dengan orang lain. Sedangkan untuk si Cancer yang sensitif, kamar dengan jendela menghadap outdoor yang didekatkan dengan tempat tidur akan sangat cocok dengan kepribadian mereka yang melankolis.

"Sedangkan untuk Leo yang narsis, mungkin bisa juga taruh beberapa cermin di dalam kamarnya," canda Nisha. Ia menyarankan para Leo yang dominan untuk memilih desain kamar indekos yang memiliki warna atau fitur bold sesuai dengan kepribadian mereka.

Di sisi lain, Virgo si perfeksionis mungkin membutuhkan indekos dengan model compact yang lengkap dan berwarna cerah untuk mendukung produktivitas mereka. Libra yang dikenal sebagai social butterfly mungkin akan butuh sedikit space lebih sebagai tempat berkumpul bersama sirkel mereka yang erat. "Para Libra mungkin bisa pilih kamar Indekos dengan mini ruang tamu di dalamnya," sebut Nisha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.