Sukses

Pernikahan Viral Anak Crazy Rich Gresik Berkonsep Pesta Rakyat, Tamu Undangan Dihadahi Umrah Gratis

Resepsi pernikahan anak Crazy Rich Gresik ini dinilai tidak hanya mewah, namun membawa berkah karena melibatkan banyak pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang resepsi mewah dan pesta rakyat tidak bisa disatukan? Pernikahan seorang anak Crazy Rich Gresik bisa jadi salah satu contohnya. Pasangan pengantin bernama Ilona dan Adam menggelar resepsi pernikahan di rumah mempelai perempuan di Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur.

"Ini salah satu pernikahan berkonsep pesta rakyat termewah 2024," begitu narasi pembuka video pesta tersebut yang dibagikan akun TikTok @celtic_indonesia, Selasa, 30 Juli 2024. "Pertama, menyulap halaman rumah jadi venue acara."

Kemudian, dekorasinya bertabur buah dan sayuran segar yang tersebar di lorong menuju lokasi acara dan area photobooth. "Undangan terbuka untuk masyarakat sekitar dan dihadiri puluhan kyai," mereka menyambung.

Tuan rumah menghidangkan makanan bagi tamu undangan dengan melibatkan pedagang-pedagang sekitar Kecamatan Bungah. Ada bakso, lengkap dengan gerobaknya; lontong kikil manjung; soto ayam juri; nasi boranan; nasi krawu; tahu campur; es oyen; es legen; bubur pasar; angkringan mbok nom; kopi tuku; serta cincau.

"Sudah seperti festival kuliner jatim guys," sebut narator video tersebut. Tidak berhenti di situ saja, tamu undangan juga dipersilakan membawa suvenir berupa paket sembako lengkap. "Yang lebih gila lagi, pesta rakyat Ilona dan Adam ini bertabur hadiah umrah gratis," ia menyambung.

Total ada 13 orang yang dibiayai ibadah ke Tanah Suci. "Acaranya juga seru banget. Bintang tamunya ada King Nassar. Mempelai juga ikut joget sambil nyawer para tamu. Semua rakyat datang riang, pulang pun gembira. Ini definisi pesta rakyat terkeren sepanjang masa," tutup narasi video berdurasi satu menit dan 8 detik tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian Warganet

Hingga Senin siang (5/8/2025), video tersebut telah ditonton hampir tujuh juta kali dan mengundang ribuan komentar warganet. "Ini patut di contoh bener2 pesta rakyat pernikahan mawadah ilona🥰🥰🥰," kata salah satunya, sementara yang lain merespons, "Menyalaa sultan gresik 🔥🔥."

Ada pula yang berkomentar, "Mubazir buah sayurnya (jadi dekorasi)," yang dibalas si pengunggah video, "Oh tidak kak, ludes tak tersisa dibawa pulang tamu2 yg dateng krn kita sediain wadahnya😄."Mending kyk gini gak sih bagi-bagi daripada pesan gedung mahal mahal😭," sahut yang lain.

"Pesta dan sedekah nya Luar biasa 👍semoga samawa pengantin nya sultan Gresik. Barakallah. Aamiin YRA🤲🤲😇😇😇," tulis seorang pengguna. "Pesta pernikahan ini ga cm skedar ngedoain mempelai samawa tp jg berkah. krn melibatkan orang disekitarnya utk ikut berbahagia. yg datang jg bkn skedar undangan tp siapapun boleh dtg."

Beberapa juga tebak-tebakan biaya yang habis untuk perayaan tersebut. "Kayaknya udah bukan ratusan deh, tapi miliaran," kata seorang pengguna. Ilona merupakan anak Saiful Arif Maslikhan alias Haji Ipong yang memimpin sebuah perusahaan kontraktor dan alat berat di Gresik.

3 dari 4 halaman

Pernikahan Crazy Rich Asians

Sebelum ini, akun TikTok @danawang telah memberi gambaran pernikahan Crazy Rich Asians di dunia nyata. Momen demi momennya dibagikan dalam video yang jadi viral dan telah mencatat lebih dari 12 juta penayangan saat artikel awal ditulis.

"Bagaimana menurut kalian?" tulisnya sebagai keterangan unggahan yang dibagikan pada 24 April 2024, namun kembali jadi sorotan setelah dibagikan ulang sejumlah akun media sosial. Sebagai awalan, ia mengaku dibelikan tiket pesawat untuk menghadiri acara itu, karena ia tinggal di luar negeri.

"Tidak hanya saya, mereka juga membelikan tiket pesawat semua tamu undangan yang tinggal di luar negeri," TikToker itu menyambung. Selanjutnya, semua tamu undangan tanpa terkecuali akan menginap di hotel bintang lima selama empat malam.

"Kalau mau jalan-jalan, teman saya menyiapkan sopir pribadi yang akan mengantar tamu undangan menggunakan mobil Rolls-Royce maupun Bentley," bebernya. "Di hari H pernikahan, dekorasi lokasi resepsinya sangat cantik, itu membuat saya merasa kembali ke Eropa."

Tidak sampai di situ, TikToker ini juga bercerita bahwa pasangan pengantin dan keluarga menolak amplop kondangan yang merupakan "bagian dari tipikal pernikahan di China," kata dia. Alih-alih menerima, mereka malah memberi angpao pada setiap tamu undangan.

Isinya pun tidak tanggung-tanggung, yakni 800 dolar AS (sekitar Rp13 juta). Mereka pun mendapat paket hadiah karena telah menghadiri resepsi pernikahan pasangan tersebut. Setelahnya, para tamu undangan juga dibelikan tiket pesawat untuk pulang ke negara masing-masing.

4 dari 4 halaman

Karpet Uang di Resepsi Pernikahan

Di cerita berbeda, ada John Clavecillas, pengantin pria asal Filipina yang menyiapkan kejutan tidak biasa untuk istrinya saat resepsi pernikahan mereka. Pesta pernikahan jadi sorotan online setelah video memperlihatkan momen itu viral di media sosial.

Dalam wawancara dengan Filipino Times, dikutip Senin, 13 Mei 2024, mempelai pria mengatakan bahwa ia memutuskan menghadiahkan istrinya "karpet uang" senilai 1 juta peso (sekitar hampir Rp300 juta) karena percaya pada simbolisme arrhae dalam pernikahan. Ini mengacu pada pelambangan "uang yang sungguh-sungguh" sebagai bagian dari janji kemakmuran.

"Di sana tertulis, 'Aku memberimu arrhae ini sebagai janji dan dedikasiku untuk kesejahteraanmu,'" kata John. Ia juga menegaskan bahwa uang tersebut melambangkan komitmen terhadap pernikahan mereka. Baginya, persatuan mereka bukanlah keputusan yang impulsif, dan hadiah uang tunai merupakan janji nyata dari cinta keduanya.

"Saya ingin menunjukkan pada keluarga dan kerabat kami bahwa kami tidak mengambil keputusan mendesak. Ini sudah direncanakan dengan baik sejak lama, dan buktinya, saya menabung 1 juta (peso) untuk menghidupi keluarga masa depan kami," ujarnya.

Sebagai tenaga kerja asing asal Filipina (OFW) di Australia, John bekerja tanpa kenal lelah untuk mengumpulkan uang tersebut. Ia sering bekerja hampir 14 jam sehari, mengorbankan tidurnya untuk menghidupi orangtua dan menabung untuk masa depannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini