Sukses

Sajian Unik Khas Basque Spanyol di Jakarta, dari Salad Ikan Tuna Papua hingga Cokelat Pedas

Restoran yang menyajikan makanan kha Basque Spanyol di Jakarta ini dikelola seorang koki dari Spanyol. Meski begitu, semua menunya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Spanyol tak hanya dikenal karena matador dan sepak bola, tapi juga kuliner atau makanannya yang khas. Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa mencoba sajian kuliner Spanyol di Jakarta, salah satunya di restoran Txoko (dibaca: cho-ko).

Restoran yang berlokasi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan ini menyajikan cita rasa autentik dari Basque, sebuah daerah otonom di utara Spanyol. Restoran ini menggunakan bahan-bahan lokal dan impor yang dimasak dengan campuran teknik tradisional dan modern.

Menu di Txoko Jakarta dijelaskan sebagai trilogi dari rasa, tekstur, dan estetika, yang berakar dalam masakan tradisional Basque. Itu dipadukan dengan teknik kuliner modern, menampilkan menu yang menekankan daging panggang, ikan, dan sayuran yang dimasak di atas arang.

“Kami selalu menciptakan hidangan yang bukan hanya menghormati warisan kuliner Basque tetapi juga memanjakan para tamu kami dengan sentuhan modern," kata Chef Oskar Urzelai selaku pengelola Txoko pada Liputan6.com, Selasa, 6 Agustus 2024.

"Tujuan kami adalah menciptakan pengalaman bersantap yang melebihi sekadar makanan, memungkinkan para tamu kami menikmati esensi budaya dan keramahan Basque di Jakarta. Anda tak perlu khawatir karena sajian kami sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia tapi tidak kehilangan originalitasnya,” lanjutnya.

Ada beberapa hidangan yang sempat dicoba tim Lifestyle Liputan6.com. Salah satunya adalah Tuna Tataki Salad yang merupakan sajian aneka sayuran segar dengan potongan ikan tuna yang ternyata berasal dari Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Favorit

Rasanya segar dan enak disantap meski tanpa memakai mayones seperti kebanyakan menu salad di restoran, ditambah lagi ikan tunanya yang empuk dan tasty bisa membuat kita menikmati menu pembuka ini. Ada juga camilan kroket, yaitu Croquetas, yang berbahan rumput laut dan seafood. Bentuknya bulat, padat, dan cukup berkesan di lidah.

Selain itu, ada menu Fried Potatoes berupa potongan kentang goreng berukuran cukup besar yang disiram mayones khas Txoko. Menu sederhana ini pun juga berkesan dan jadi salah satu camilan favorit.

Untuk menu utamanya, ada Grilled Australian Beef Striploin Txuleta yang berupa potongan daging sapi Australia, disajikan dengan saus khas Txoko yang menggugah selera. Dagingnya pun empuk dan menyantap seporsi menu ini sudah mengenyangkan.

Ada juga menu yang rasanya cocok dengan selera kebanyakan orang Indonesia terutama yang menyukai seafood, yaitu Paella & Fidena. Sajian dalam porsi besar ini terdiri dari nasi khas Valencia, Spanyol.

3 dari 4 halaman

Nasi Khas Spanyol

Bentuknya seperti nasi kuning tapi sedikit lebih pulen seperti nasi putih dengan tambahan aneka makanan laut seperti udang, cumi, dan kerang. Rasanya enak dan bisa bikin nagih dan bisa disantap untuk dua sampai tiga orang. 

Sebagai penutup, ada beberapa pilihan, seperti Idiazabal Cheesecake, yaitu kue keju yang dipadukan dengan es krim dan madu. Ini termasuk menu favorit di Txoko. Rasa kejunya begitu terasa dan mungkin belum pernah merasakan keju yang sangat khas seperti di menu ini.

Terakhir, ada menu berbahan cokelat, yaitu Txoko Chocolate berbentuk bulatan kecil yang lumayan unik dan terdiri dari dua jenis. Ada rasa cokelat klasik yang manis tapi di akhir kunyahan ditutup rasa sedikit pedas. Satu lagi cokelat putih untuk menetralisir rasa pedas tadi.

Dibuka pada Maret 2019, Txoko dikelola oleh Chef Oskar Urzelai, seorang koki berkebangsaan Spanyol, yang memiliki spesialisasi masakan tradisional Spanyol. Harga makanannya berkisar antara Rp40 ribu sampai Rp600 ribu.

4 dari 4 halaman

Interior Restoran Bernuansa Ceria

Baru-baru ini, Txoko mendapatkan sertifikasi dari Foods and Wines from Spain (FWS). Sertifikat itu diberikan kepada restoran yang punya kriteria kualitas dan standar bagi konsumen yang mencari masakan Spanyol berkualitas dan menjadi model bagi restoran yang ingin menawarkan masakan Spanyol secara global.

Txoko Jakarta tersedia untuk pesta tertutup. Ruang makannya dapat menampung hingga 110 tamu dan tersedia untuk berbagai acara seperi pesta, workshop, rapat. Ruangan private-nya bisa menampung hingga 18 tamu, dan tersedia TV dengan koneksi HDMI untuk presentasi perusahaan/bisnis.

Txoko bermakna sudut yang nyaman. Tembok ruangan dan interior di dalamnya didominasi warna-warna cerah. Interiornya mungkin akan mengingatkan kita dengan suasana musim panas yang ceria.

Di lantai pertama, restoran ini menampilkan lukisan yang menggambarkan tradisi hidup Txikiteo, sebuah kebiasaan sosial di Basque dan Spanyol bagian utara. Karya seni ini menangkap kelompok teman dan keluarga yang berpindah dari satu bar ke bar lainnya, menikmati pintxos dan minuman dalam suasana akrab.

Di lantai dua restoran ini, sangat cocok untuk bersantai dengan teman atau keluarga. Apalagi, ruangannya dikelilingi jendela terbuka sehingga kesan sejuknya semakin terasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini