Sukses

KAI Wisata Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA Sebagai Customer Service On Train, Diutamakan Memiliki Teknik Vokal yang Baik

PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata), anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Customer Service On Train (CSOT) di wilayah Jabodetabek. Pendaftaran dibuka dari 6 hingga 8 Agustus 2024 melalui website resmi KAI Wisata.

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya terus meningkatkan kualitas layanan, KAI Wisata membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Customer Service On Train (CSOT). Lowongang kerja tersebut dibuka untuk penempatan wilayah Jabodetabek.

"KAI Wisata membuka lowongan pekerjaan CSOT ini selama tiga hari dimulai hari ini, Selasa 6 Agustus 2024, sampai dengan 8 Agustus 2024," ujar Direktur Operasi Wawan Ariyanto, dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Selasa, 6 Agustus 2024.

Ia pun menguraikan deskripsi pekerjaan untuk CSOT. Pertama, mereka memberikan informasi atau imbauan mengenai Stasiun Pemberhentian atau Stasiun Tujuan dan Transit, buka tutup pintu, keselamatan, gangguan perjalanan kereta rel listrik, dan kebijakan perusahaan.

Petugas CSOT juga harus mencatat atau mengisi segala sesuatu kejadian tidak normal selama perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL). CSOT juga wajib berkoordinasi terkait kendala teknis atau kejadian tidak normal dalam perjalanan KRL kepada masinis, koordinator wilayah, dan pegawai lain yang terkait dengan kendala tersebut. Terakhir, memberikan pelayanan dengan ramah, sopan, informatif, dan komunikatif.

Kandidat calon pekerja bisa mendaftar melalui website recruitment.kawisata.id. Mereka selanjutnya akan mengikuti seleksi sesuai tahapan yang ada. Kandidat yang lolos sampai tahap akhir akan mendapatkan fasilitas berupa gaji UMK sesuai penempatan, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Ayo semua calon pelamar mengikuti prosesnya dengan baik dengan penuh semangat dan semoga beruntung untuk bergabung menjadi bagian dari Insan KAI Group," kata Wawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kualifikasi yang Dibutuhkan dan Syarat yang Wajib Dipenuhi

Kualifikasi pelamar dalam rekrutmen kali ini meliputi:

1. Warga negara Indonesia

2. Pria/Wanita

3. Belum Menikah

4. Usia saat melamar minimal 18 Tahun dan Maksimal 25 tahun

5. Tinggi Badan Minimal Pria : 170 cm dan Wanita : 160 cm , Berat Badan Ideal

6. Pendidikan SMA/SMK/MA dengan nilai rata-rata ijazah 7 (Tujuh)

7. Sehat Jasmani dan Rohani (tidak berkacamata, bertato, dan bertindik untuk pria)

8. Berpenampilan Menarik dan Rapi

9. Menguasai minimal dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris, secara aktif

10. Jujur dan berintegritas tinggi

11. Diutamakan memiliki teknik vokal yang baik

12. Memiliki jiwa pelayanan yang tinggi

13. Mampu bekerja di bawah tekanan dan bekerja dalam sistem shifting

14. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap

15. Tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba/psikotropika dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang

16. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Perusahaan yang dibuktikan dengan surat pernyataan bertanda tangan di atas materai 10.000

Selanjutnya, pelamar juga wajib menyertakan persyaratan berikut:

1. CV

2. Fotokopi Transkrip Nilai Ijazah SMU/SMK/MA

3. Foto Post card ukuran 4R

4. Foto Copy KTP

5. Upload video perkenalan diri menggunakan dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)

6. Fotokopi SKCK

7. Surat sehat dari instansi kesehatan

 

3 dari 4 halaman

Volume Pengguna Harian KRL Cetak Rekor

Wawan mengimbau pelamar untuk memantau informasi lebih lanjut dan terbaru dengan mengunjungi laman KAI Wisata di https://kaiwisata.id/ atau melalui sosial media KAI Wisata IG, FB: @kawisata, & Tiktok, Youtube, Twitter: @kaiwisata, serta Kontak Chat Bisnis: +62 811-1220-7227 dan email info@kawisata.id. 

Sementara itu, tren volume pengguna KRL Jabodetabek terus meningkat. Tercatat juga rekor baru volume pengguna harian Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.149.417 orang, pada Senin, 1 Juli 2024. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan, pada hari kerja pada bulan awal semester II 2024 ini (1-12 Juli), tercatat rata-rata volume pengguna sebanyak 1.054.600 orang tiap harinya. "Volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada awal semester kedua ini menunjukan tren yang positif," ujarnya, Selasa, 16 Juli 2024, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Ia menambahkan, volume pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek tertinggi, yaitu hampir menyentuh 1,15 juta orang. Sebelumnya pada semester I 2024, total volume pengguna KRL Jabodetabek tercatat sebanyak 156.816.151 orang. KAI Commuter juga mencatat volume tertinggi pada semester I 2024 sebanyak 1.042.066 orang pada Senin, 1 April lalu.

4 dari 4 halaman

Pelayanan Commuter Line Basoetta

Untuk pelayanan setiap harinya, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.048 perjalanan commuter line mulai pukul 04.00-24.00 WIB. "Dengan jumlah jadwal yang tersedia tersebut, diharapkan pengguna untuk selalu merencanakan perjalanannya dengan cermat serta menghindari bepergian pada jam sibuk pagi (pukul 05.30-09.00 Wib) dan sore hari (mulai pukul 16.00-19.00 Wib)," imbuh Joni.

Sementara untuk pelayanan Commuter Line Basoetta, pada awal semester II ini, rata-rata pengguna pada akhir pekan sebanyak 5.437 orang dan pada hari kerja sebanyak 6.761 orang. Rekor volume pengguna tertinggi sebanyak 7.368 orang tercatat pada Jumat, 12 Juli 2024.

"Pengguna Commuter Line Basoetta dengan mudah dapat berpindah dari satu transportasi ke transportasi lainnya di Stasiun Sudirman, yang merupakan Stasiun yang terkoneksi dengan transportasi LRT, TransJakrta serta MRT," tambah Joni.

Sedangkan untuk Commuter Line Merak, rata-rata volume pengguna pada hari kerja pada bulan awal semester 2 ini sebanyak 13.964 orang per hari atau lebih tinggi 36 persen jika disbanding rata-rata pada semester I/2024. Adapun rata-rata volume pengguna pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 15.632 orang yang lebih tinggi 16 persen jika dibanding rata-rata semester I/2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini