Sukses

MUFFEST+ 2024 Sasar Gen Z dan Milenial Pasarkan Ragam Modest Fashion Lokal, Istora Senayan Jakarta Bakal Disulap bak Bandara

MUFFEST+ 2024 akan melibatkan 175 brand modest fashion lokal yang tampil di pagelaran busana dan pameran yang akan berlangsung pada 8--11 Agustus 2024 di Istora Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal menghitung jam sebelum Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ digelar kesembilan kalinya pada 8--11 Agustus 2024 di Istora Senayan Jakarta. Itu adalah event pameran dagang dan fashion show yang menyoroti keragaman budaya dan kreativitas dari produk fesyen modest dan gaya hidup halal di Indonesia.

Indonesian Fashion Chamber (IFC) selaku penyelenggara bersama Gemalindo Kreasi Indonesia kali ini mengusung tema Flying to the Global Market pada tahun ini. Tema tersebut relevan sejalan dengan rencana memproklamirkan Indonesia sebagai pusat fesyen modest dunia pada tahun ini.

"Di tahun kesembilan pelaksanannya ini, MUFFEST+ diharapkan dapat semakin memperkuat peran dalam memasarkan fesyen modest Indonesia ke pasar global. MUFFEST+ telah membersamai brand-brand fesyen modest di tanah air yang bertumbuh menjadi luar biasa sampai ke internasional. Seiring bertambahnya usia, MUFFEST+ dituntut mampu membuat hype supaya industri fesyen modest menjadi lebih lebar lagi seperti merambah ke segmen yang lebih muda," kata Lenny Agustin, National Chair Indonesian Fashion Chamber (IFC), dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Sebanyak 175 jenama lokal dilibatkan dalam peragaam busana dan pameran dagang tersebut. Mereka akan menampilkan ragam budaya modest mulai dari street wear, evening wear, urban, kontemporer, hingga syar'i.

Perhelatan MUFFEST+ juga akan diramaikan beragam aktivitas, seperti seminar Fashion Trend Forecasting, talkshow, workshop, dan business matching. Pameran dagang atau eksibisi MUFFEST+ tahun ini akan menampilkan koleksi modest fashion, hijab, alas kaki, tas, tekstil, perhiasan, aksesori, kosmetik, dan produk kecantikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Segar, Lebih Muda

Sementara itu, CEO Gemalindo Kreasi Indonesia, Irvan Mahidin, mengatakan, bahwa MUFFEST+ dihadirkan dengan sentuhan baru yang lebih segar dan muda. Salah satunya lewat pemilihan tempat penyelenggaraan di Istora Senayan Jakarta yang dianggap menjadi pusat kumpul Gen Z dan milenial.

"Kemudian, fashion show yang disinergikan dengan perfoma musisi muda seperti HIVI! dan Voice of Baceprot. Sesuai tema yang diusung yaitu Flying to the Global Market, MUFFEST+ memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung melalui penataan ambience seperti berada di bandara," jelas Irvan. 

Melanjutkan pencanangannya tahun lalu, MUFFEST+  yang menjadi salah satu kegiatan Road to IN2MF 2024 akan kembali menampilkan koleksi karya anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia sebagai perwakilan partisipan dari event IN2MF 2024. IN2MF dan program IKRA merupakan upaya yang dilakukan Bank Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan ekosistem modest fashion secara end to end khususnya dalam mendorong akses pasar dan memperkuat kapasitas pelaku usaha serta akses terhadap pembiayaan. 

3 dari 4 halaman

Gaungkan Kesiapan dan Keberlanjutan Lingkungan

Kepala Grup Pemberdayaan Ekonomi dan Keuangan Syariah - DEKS Bank Indonesia, Ita Rulina menyebut potensi pasar internasional untuk modest fesyen sangat besar. Namun, ia menilai banyak pelaku industri modest fesyen lokal belum siap merambah pasar global.

"Maka, Bank Indonesia masuk untuk turut menggerakkan sektor fesyen dan sudah terlihat sektor fesyen Indonesia punya cirinya sendiri dengan dibantu para desainer tanah air. Bank Indonesia berterima kasih dan mengapresiasi upaya bersama yang telah dilakukan tersebut," kata Ita.

Selain itu, MUFFEST+ akan kembali menggaungkan konsep keberlanjutan yang dicanangkan sejak 2020. Tidak hanya pada produk jadi, konsep itu juga berlaku untuk proses hulu ke hilir yang mendukung terciptanya produk-produk fesyen modest yang berstandar internasional.

"Sehingga, karya-karya terbaik brand dan desainer modest Indonesia tak hanya memiliki keindahan secara estetika, berinovasi dan berdaya jual tinggi, tapi juga memiliki nilai tanggung jawab terhadap planet serta masyarakat dunia secara berkelanjutan," kata Lenny.

Dukungan datang dari Asia Pasific Rayon selaku produsen viscose sebagai bahan baku tekstil alternatif.  "APR sudah lama punya semangat memajukan sustainable fashion Indonesia. Peminatnya banyak, namun edukasinya saja yang perlu diperkuat hingga Indonesia bisa menjadi modest fashion hub di dunia," ujar Reviana Surya, Head of Corporate Communication PT Asia Pasific Rayon (APR).

 

4 dari 4 halaman

Gelar Kick-Off MUFFEST+ 2024

Event tersebut didahului dengan kegiatan Kick-off MUFFEST+ 2024 yang bertujuan lebih memperkenalkan dan menggaungkan tentang MUFFEST+ 2024. Acara tersebut menghadirkan sesi chit-chat bersama sejumlah narasumber, yaitu Ita Rulina, Kepala Grup Pemberdayaan Ekonomi dan Keuangan Syariah – Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia; Hikmah Rizka, VP Islamic Ecosystem Bank Syariah Indonesia; Reviana Surya, Head of Corporate Communication PT. Asia Pasific Rayon; Wahidah Oktavia, Senior Public Relations Wardah Beauty; Dian Desiana, Managing Director Bali Coffee Club; Lenny Agustin, National Chair Indonesian Fashion Chamber; Lisa Fitria, Marketing Director MUFFEST+ 2024; Irvan Mahidin, CEO PT. Gemalindo Kreasi Indonesia; dan para desainer dan brand yang diwakili oleh Khanaan Shamlan, Rosie Rahmadi, dan Hannie Hananto.

Kick-off MUFFEST+ 2024 menghadirkan pula Trunk Show dari perwakilan desainer dan brand yang akan berpartisipasi dalam MUFFEST+ 2024, yaitu Lisa Fitria, KAYO by Fey Kayo, BT Batik Trusmi, Level Up, Inara Rusli, SHI by Shireen Sungkar, Monika Jufry, Nada Puspita, Pelangi Asmara, Kursien Karzai, Althafunissa, Hannie Hananto, Sofie, Kami., Zaskia Sungkar, Rosie Rahmadi, Irmasari Joedawinata, Khanaan, Ayu Dyah Andari, Rya Baraba, dan Ivan Gunawan Prive.

MUFFEST+ tahun ini terselenggara atas kerja sama sinergi dengan berbagai pihak, yaitu Wardah sebagai Official Makeup and Skincare, BSI (Bank Syariah Indonesia) sebagai Official Bank, Asia Pacific Rayon (APR) dan Gistex sebagai Sponsor, serta didukung oleh Kementerian Perdagangan RI, Bali Coffee Club, Habitare Apart Hotel Rusuna Jakarta, dan juga YOU.C1000. Kemudian, Bank Indonesia dengan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) sebagai Event Partner dan Hijabersmom sebagai Community Partner.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini