Sukses

3 Resep Praktis Olahan Serba Ubi Ungu, dari Kue Lumpur hingga Donat

Ubi ungu merupakan salah satu sumber serat pengganti nasi yang kaya akan kandungan gizi. Selain hanya direbus, ubi ungu bisa diolah lagi menjadi berbagai jenis makanan seperti kue lumpur hingga donat dalam tiga resep praktis berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Ubi ungu merupakan salah satu sumber serat pengganti nasi yang kaya akan kandungan gizi. Tak hanya lezat, ada banyak manfaat ubi ungu yang sering kali terabaikan.

Manfaat luar biasa dari ubi ungu untuk mengatasi kolesterol ini mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Salah satunya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol lewat serat yang dimiliki ubi ungu.

Serat ini sangat penting dalam menurunkan kolesterol. Serat dalam ubi ungu berfungsi mengikat kolesterol di saluran pencernaan, mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Selain hanya direbus, ubi ungu bisa diolah lagi menjadi berbagai jenis makanan seperti kue lumpur hingga donat dalam tiga resep praktis berikut yang dirangkum dari laman Cookpad.

Kue Lumpur Ubi Ungu @cookninda

Bahan-Bahan:

255 gram ubi ungu kukus

1 buah daging kelapa muda

1 butir telur100 gr tepung terigu pro sedang

50 gram gula pasir (sesuai kan selera)

1/4 sdt pink salt

250 ml susu cair

50 gram butter

Topping:

1-2 sdm kismis

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dalam Chopper lalu proses hingga halus.
  2. Panaskan cetakan kue lumpur oles tipis dengan minyak kelapa tuang adonan hingga penuh lalu tutup cetakan setengah masak hingga setengah matang beri topping kismis tutup dan masak kembali hingga kue matang angkat.
  3. Sajikan kue lumpur ubi ungu selagi hangat, agar tekstur ubi ungunya masih terasa sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sengkulun Ubi Ungu

Berikutnya adalah resep sengkulun ubi ungu dari akun @ErfisPawon95 di Cookpad. Resep ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

300 gr ubi kukus (saya pakai ubi ungu)

300 gr tepung ketan putih

300 gr kelapa parut setengah tua

150 gr gula pasir

1 sdt garam

1 sdt vanilla bukuk/cair

Cara Membuat:

  1. Haluskan ubi. Haluskan setelah tidak terlalu panas, biar ubi tidak lembek.
  2. Siapkan bahan-bahannya. Campurkan ubi dengan tepung ketan, garam dan vanila, di susul dengan kelapa parut. Aduk perlahan jangan di tekan.
  3. Masukkan gula dan aduk perlahan kembali sampai semua benar-benar rata. Pas proses ini, bisa sekalian panaskan kukusan.
  4. Siapkan loyang lalu olesi dengan minyak goreng, Masukkan adonan secara merata tanpa di tekan. Isi sampai munjung pun tidak apa-apa ya, karena nanti akan memadat dan menyusut.
  5. Kukus sekitar 40 menit untuk ukuran besar, 20 menit untuk wadah kecil. Atau sampai benar-benar matang.
  6. Setelah matang saya simpan di wadah kedap, dan di tutup setelah kue hangat kuku supaya tidak kering bagian luarnya.
3 dari 3 halaman

Donat Ubi Ungu Tanpa Telur

Resep selanjutnya adalah donat ubi ungu tanpa telur dari akun Cookpad @saski_14. Resep ini membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

300 gram terigu pro tinggi

120 gram ubi ungu setelah dikukus

30 gram gula pasir

1 sdt ragi instan

20 gram margarine

120 ml air hangat

10 gram susu bubuk 

1/2 sdt garam

Topping gula salju secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kukus ubi ungu sampai empuk, haluskan dengan garpu.
  2. Campur ragi instan, 1 sdt gula pasir dan sedikit air hangat aduk jadi satu, untuk menguji kelayakan ragi, apabila mengembang pertanda masih layak pakai.
  3. Ambil wadah, tuang terigu, gula pasir yang tersisa, ubi ungu, aduk aduk, tambahkan margarin, garam dan bahan biang ragi, campur rata sambil diuleni.
  4. Lalu tambahkan air, uleni lagi sampai kalis elastis. Tutup rapat, diamkan selama 1 jam atau sampai mengembang.
  5. Setelah 1 jam, ambil adonan, letakkan di alas kerja, buang gas di dalamnya dengan mengempeskan adonan. Lalu adonan ditimbang dengan berat 45 gram. Bulatkan. Diamkan lagi selama 15 menit, dengan ditutup serbet.
  6. Setelah mengembang lagi, ambil satu adonan yang pertama dibulatkan, pipihkan dg scraper, lalu bolongi dengan jari telunjuk, sisihkan. Lakukan sampai bulatan yang terakhir. Lalu diamkan ditutup dengan serbet selama 10 menit.
  7. Panaskan minyak dengan api sedang cenderung kecil, donat siap digoreng. Goreng donat cukup sekali balik saja ya supaya tidak nyerap minyak banyak. Tiriskan.
  8. Setelah donat hangat siap disajikan, dengan topping sesuai selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini