Sukses

Anak Sambung Putra Mahkota Norwegia Haakon Dibebaskan Polisi Usai Dilaporkan Aniaya Wanita

Putra Mahkota Norwegia Haakon berbicara tentang insiden yang melibatkan anak tirinya, Marius Borg Høiby, saat menghadapi dakwaan serius.

Liputan6.com, Jakarta - Haakon, Putra Mahkota Norwegia telah memecah kebungkamannya atas laporan bahwa anak tirinya, Marius Borg Høiby (27). Putra angkatnya ditangkap menyusul insiden di sebuah apartemen pada hari Minggu, 4 Agustus 2024.

Mengutip dari Hello Magazine, Kamis (8/8/2024), Putra Mahkota tengah berada di Paris, Prancis untuk Olimpiade. Ia menyebut insiden itu sebagai masalah serius dan mengonfirmasi bahwa istrinya, Putri Mahkota Mette-Marit, telah berada di rumah bersama putra mereka.

"Dalam keluarga kami, seperti di semua keluarga, terkadang penting untuk berada di sana (rumah)," katanya. "Kali ini saya yang pergi sementara dia tinggal di rumah."

Istana Norwegia sebelumnya telah mengumumkan bahwa Putri Mahkota akan menunda keberangkatannya ke Paris untuk sementara waktu. Putra Mahkota tidak mau menjawab pertanyaan apa pun yang terkait langsung dengan kasus tersebut.

Terjemahan dari komentarnya berbunyi, "Ini masalah serius ketika polisi terlibat, sebagaimana adanya. Pada saat yang sama, saya rasa tidak tepat bagi saya untuk terlibat dalam kasus ini sekarang."

Marius diduga menghabiskan lebih dari 30 jam dalam tahanan polisi sebelum dibebaskan pada Senin sore. Ia menghadapi dakwaan awal atas kekerasan fisik dan kerusakan kriminal setelah ia diduga menyerang seorang wanita berusia 20-an.

Marius adalah putra sulung Putri Mahkota Mette-Marit dari hubungannya dengan terpidana Morten Borg. Ia tidak memiliki garis keturunan untuk tahta Norwegia dan meninggalkan kehidupan publik pada 2017 untuk melanjutkan studi di AS. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Marius Borg Bagi Ayah dan Ibunya

Mette-Marit yang orang biasa bertemu dengan Putra Mahkota di sebuah festival, dan mereka menikah pada 2001. Sejak saat itu, mereka telah dikaruniai dua orang anak, yaitu sang calon ratu, Putri Ingrid Alexandra dan Pangeran Sverre Magnus.

Dalam surat terbuka yang dipublikasikan di situs web istana saat Marius pindah ke Amerika, Mette-Marit mengatakan tentang putranya, yang saat itu berusia 20 tahun. "Saya berusia 23 tahun dan mendapat tanggung jawab besar. Itu adalah anugerah terbesar dalam hidup saya," ungkapnya.

Ia mengatakan lagi bahwa Marius selalu memiliki peran yang sulit didefinisikan di ranah publik. "Dia adalah dan akan menjadi bagian yang sangat penting dari keluarga kami," imbuh Mette-Marit.

"Marius menjadi simbol pilihan yang tidak biasa yang kami buat saat kami menikah, pada saat yang sama dia tidak akan mengemban tugas publik seperti saudara-saudaranya. Dia seharusnya tidak memiliki peran publik dan bukan figur publik," tandasnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Kerajaan Norwegia Syok

Mengenai kronologi dakwaan, mengutip Independent, Kamis (8/8/2024), petugas menanggapi aduan tersebut di pusat kota Oslo dan seorang pria berusia 20-an ditahan sementara. Polisi telah mengonfirmasi bahwa Borg Høiby menerima dakwaan awal atas cedera fisik dan kerusakan kriminal, satu tahap sebelum dakwaan formal dan dibebaskan.

Rinciannya tidak dijelaskan detail, tetapi polisi mengatakan ada "hubungan antara tersangka dan korban." Dalam sebuah pernyataan, petugas mengatakan mereka "saat ini tidak memiliki informasi bahwa korban telah menderita cedera serius."

Kasus ini menjadi berita utama di Norwegia. Lahir pada 20 Juli 1973 di Oslo, Norwegia, Pangeran Haakon adalah putra tunggal Raja Harald dan Ratu Sonja. Ia memiliki seorang kakak perempuan, Putri Märtha Louise, yang mengundurkan diri dari tugas kerajaannya pada November 2022.

Meskipun ia adalah anak bungsu Raja dan Ratu, ia tetap lahir sebagai pewaris takhta. Baru pada 1990, urutan suksesi Norwegia menjadi hak anak sulung absolut, yaitu hukum yang mengizinkan anak tertua menjadi pewaris takhta berikutnya, apa pun jenis kelaminnya. 

 

4 dari 4 halaman

Kontroversi karena Menikahi Orang Biasa

Haakon memperoleh gelar Sarjana Ilmu Politik di University of California di Berkeley pada tahun 1999 dan gelar Magister dalam studi pembangunan di London School of Economics and Political Science pada 2003.

Ia juga bertugas di Angkatan Laut setelah lulus dari Akademi Angkatan Laut Kerajaan Norwegia di Bergen pada 1995. Sebagaimana dicatat oleh situs web resmi Yang Mulia, ia memegang tiga pangkat berbeda dalam dinasnya: Jenderal di Angkatan Bersenjata Norwegia, laksamana di Angkatan Laut Norwegia, dan jenderal di Angkatan Udara Norwegia.

Haakon menikah dengan orang biasa dan seorang ibu tunggal Mette-Marit Tjessem Høiby pada 25 Agustus 2001, di Katedral Oslo, setelah pernikahannya itu ia menjadi Putri Mahkota. Putra Mahkota Frederik dari Denmark adalah pengiringnya.

Ketika keterlibatan antara Putra Mahkota Haakon dan Høiby diumumkan, banyak Norwegia merasa bahwa pilihan Putra Mahkota menjadikannya istri itu tidak pantas. Hal ini terutama tentang statusnya sebagai seorang ibu tunggal, namun terkait berbagai kontroversi lainnya. Selain itu ayah dari anaknya itu dihukum penjara karena kejahatan terkait narkoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini