Sukses

Bandara Abu Dhabi Berambisi Jadi yang Pertama Terapkan Sistem Bebas Paspor untuk Semua Pelancong Mulai 2025

Bandara Abu Dhabi bekerja sama dengan Otoritas Federal untuk Identitas, Kewarganegaraan, Bea Cukai, dan Keamanan Pelabuhan untuk mendapatkan data biometrik setiap pelancong yang melintas agar tak perlu menggunakan paspor.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Bandara Internasional Zayed di Abu Dhabi berambisi untuk menjadi bandara pertama yang menerapkan sistem bebas paspor untuk semua pelancong pada 2025. Bandara itu dikenal memiliki infrastruktur canggih hingga dipuji Elon Musk yang menyebut 'AS harus mengejar'.

Pihak bandara baru-baru ini merilis Proyek Smart Travel. Tujuannya untuk memasang sensor biometrik di setiap pos pemeriksaan identifikasi bandara, dari konter check-in, booth imigrasi, kasir bebas bea, ruang tunggu maskapai penerbangan, dan gerbang keberangkatan.

Biometrik adalah pengukuran biologis yang mengidentifikasi kita sebagai individu, khususnya melalui pengenalan wajah atau iris mata. Di Abu Dhabi, teknologi ini sudah digunakan di beberapa bagian bandara, khususnya pada penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai mitranya, Etihad. Namun, mereka berambisi memperluas ke seluruh lintasan penumpang.

"Kami memperluas ke sembilan titik kontak dan ini akan menjadi yang pertama di dunia," kata Andrew Murphy, kepala informasi di Bandara Abu Dhabi, dikutip dari CNN, Kamis (8/8/2024). "Ini dirancang tanpa memerlukan pra-pendaftaran, penumpang secara otomatis dikenali dan diautentikasi saat mereka bergerak di bandara, sehingga secara signifikan mempercepat keseluruhan proses."

Murphy menjelaskan bahwa siapa pun yang pertama kali tiba di Uni Emirat Arab, baik penduduk maupun wisatawan, biometriknya dikumpulkan di imigrasi oleh Otoritas Federal untuk Identitas, Kewarganegaraan, Bea Cukai, dan Keamanan Pelabuhan (ICP). Sistem bandara memanfaatkan database ini untuk memverifikasi penumpang saat mereka melewati pos pemeriksaan. 

"Hal yang unik dari solusi biometrik ini adalah bermitra dengan ICP untuk memanfaatkan data tersebut guna membuat pengalaman penumpang menjadi lancar. Dan itulah mengapa semua orang bisa menggunakannya," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

75 Persen Responden Survei Dukung Penggunaan Sistem Biometrik

 

Murphy mengatakan tujuannya adalah untuk memperlancar arus penumpang dan mempercepat transit. Implementasi awal sejauh ini telah membuktikan hal tersebut.

"Orang-orang melaporkan bahwa mereka pergi dari pinggir jalan ke area ritel atau ke gerbang dalam waktu kurang dari 15 menit dan jika Anda menganggap bahwa ini adalah fasilitas yang sangat besar, […] yang mampu memproses 45 juta penumpang, untuk dapat bergerak melalui bandara sebesar itu hanya dalam hitungan menit, sungguh merupakan terobosan baru," klaimnya.

Dalam survei yang dilakukan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) pada Oktober 2023, 75 penumpang menyatakan bahwa mereka lebih suka menggunakan data biometrik dibandingkan paspor kertas dan boarding pass. Sementara 25 persen lainnya yang mungkin merasa tidak nyaman dengan teknologi atau lebih memilih interaksi manusia, Murphy mengatakan bahwa melalui verifikasi, penumpang yang lebih tradisional akan tetap menjadi pilihan.

Memberi penumpang pilihan untuk melakukan pengenalan wajah atau tidak didukung oleh pembuat kebijakan internasional, terutama jika menyangkut mereka yang tidak terbiasa transit di bandara. "Jika seseorang hanya bepergian sekali setiap dua atau tiga tahun, dan hal ini sering terjadi pada banyak orang, maka sebenarnya mereka mungkin lebih memilih interaksi manusia untuk memberikan panduan," kata Louise Cole, kepala pengalaman pelanggan dan fasilitasi untuk IATA.

 

 

3 dari 4 halaman

Paspor Masih Dibutuhkan

Cole mengatakan meski sistem biometrik diterapkan, tidak berarti paspor sepenuhnya ditinggalkan. Selain mereka yang jarang bepergian, paspor juga dibutuhkan untuk mengidentifikasi pelancong anak. Itu disadari pula Murphy.

"Kami memberlakukan sistem untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas karena kami menemukan bahwa anak-anak yang lebih muda... bentuk wajah mereka berubah secara cepat," jelas Murphy. 

"Ada aspek lain dari perjalanan internasional yang melibatkan anak-anak yang mungkin tidak pantas menggunakan biometrik," Cole menambahkan. "Anda perlu memastikan bahwa anak tersebut bepergian dengan wali yang tepat."

Bagi Cole, memastikan bahwa semua uji coba dan teknologi selaras sangat penting untuk efisiensi dan keselamatan. Dia menjelaskan, "Manfaat dari pengalaman pelanggan yang luar biasa di satu bandara bisa hilang jika bandara berikutnya yang dituju penumpang memiliki cara pendekatan yang sama sekali berbeda."

Kuncinya, menurut Cole, adalah standardisasi dan kerja sama internasional. "Dapat menggunakan satu identitas digital di beberapa bandara dan beberapa maskapai penerbangan berarti Anda akan mendapatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan, [sambil] menjaga komponen privasi sebagai inti dan menangani data."

 

 

 

4 dari 4 halaman

Bandara-Bandara di Dunia Berlomba Terapkan Sistem Serupa

Tidak hanya Abu Dhabi yang berlomba dengan waktu untuk segera menerapkan sistem bebas paspor, tapi juga bandara-bandara lain di seluruh dunia, meski belum ada satu pun bandara yang secara resmi dinyatakan bebas paspor sepenuhnya.  Bandara Changi Singapura adalah salah satu yang terdepan dalam penerapan teknologi ini.

Negara tetangga Indonesia ini juga bermitra dengan otoritas imigrasi pemerintahnya untuk mengembangkan izin biometrik yang dapat diakses oleh penduduk dan wisatawan. Sistem ini akan diterapkan secara progresif mulai Agustus 2024.

Bandara Internasional Hong Kong, Tokyo Narita, Tokyo Haneda, dan Bandara Internasional Indira Gandhi di Delhi juga telah meluncurkan terminal biometrik pada titik-titik tertentu selama transit. Menurut Cole, dedikasi bandara-bandara Timur Tengah dan Asia-Pasifik menempatkan mereka sebagai yang terdepan, menurut Cole. "Wilayah-wilayah ini menetapkan standar integrasi biometrik dalam perjalanan udara," katanya.

Bandara-bandara Eropa juga mengalami kemajuan signifikan. Tahun lalu, IATA bermitra dengan British Airways untuk menguji coba penerbangan internasional identitas digital pertama yang sepenuhnya terintegrasi.

Lepas landas di Heathrow dan mendarat di Roma Fiumicino, penumpang uji terbang hanya dengan identitas digital mereka, yang dikenal sebagai Kredensial yang Dapat Diverifikasi W3C. Paspor, visa, dan tiket elektronik mereka disimpan dalam dompet digital, semuanya diverifikasi dengan pengenalan biometrik.

Di AS, Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan telah menerapkan biometrik di zona kedatangan di seluruh 96 bandara internasionalnya, dengan 53 lokasi juga memiliki teknologi yang tersedia pada saat keberangkatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.