Sukses

Cara Rambut Tidak Gampang Lepek, Solusi Praktis buat yang Sibuk Beraktivitas Seharian

Begini cara rambut tidak lepek yang bisa dipraktikkan dalam perawatan sehari-hari, agar tetap sehat, indah dan bervolume.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering dibuat bertanya-tanya, gimana sih cara rambut tidak gampang lepek yang bisa dilakukan sehari-hari? Kondisi yang satu ini memang sering jadi dilema tersendiri buat mereka yang punya banyak aktivitas di luar ruangan. Nggak bisa dipungkiri, rambut merupakan ‘mahkota’ yang menyempurnakan penampilan. Saat kondisinya terlihat lepek, bisa bikin gaya sehari-hari jadi ‘nggak banget’ yang tentunya juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri saat beraktivitas. 

Pastinya nggak mau kan dibuat pusing dengan kondisi rambut lepek yang susah banget diatur dan berpotensi bikin kamu jadi minder saat bertemu dengan banyak orang? Sekarang waktu yang tepat untuk mulai memikirkan perawatan rambut sehari-hari untuk meminimalisir masalah yang satu ini. Jadi, apa saja cara rambut tidak gampang lepek yang harus diperhatikan? Baca artikelnya sampai selesai! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kenapa Rambut Jadi Mudah Lepek?

Rambut yang mudah lepek biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala. Kelenjar sebaceous di area tersebut menghasilkan minyak alami yang disebut sebum. Fungsinya adalah untuk melembapkan rambut secara alami dan menjaga kesehatannya. Namun, saat produksinya berlebihan, sebum juga bisa membuat rambut tampak lepek dan berminyak. Produksi minyak berlebihan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti hormon, genetik, diet, dan kebiasaan merawat rambut yang kurang tepat.

Nggak hanya itu saja, polusi dan debu juga bisa menjadi penyebab rambut mudah lepek. Saat melakukan aktivitas padat di luar ruangan, partikel-partikel kecil dari udara dapat menempel pada rambut dan kulit kepala, membuatnya terlihat kotor dan berminyak. Penggunaan produk rambut yang tidak tepat juga dapat menyebabkan rambut lepek. Misalnya, produk dengan formula yang mengandung banyak minyak yang akhirnya terasa ‘berat’ saat digunakan dan membuat rambut jadi semakin cepat berminyak setelah keramas sekalipun. 

3 dari 5 halaman

Apa Ciri-ciri Rambut Lepek?

Lalu, seperti apa sih kondisi rambut yang dikatakan lepek? Biasanya, rambut memperlihatkan ciri-ciri tampak kusam dan tidak bervolume. Selain itu, tanda utama yang paling terlihat adalah tampilan yang berminyak dan terlihat basah meskipun tidak berkeringat. Rambut juga akan terasa berat dan sulit diatur. Jika memiliki rambut yang panjang, rambut lepek sering kali akan menggumpal dan menempel pada kulit kepala, memberikan tampilan yang kurang menarik.

Ciri-ciri lain yang bisa kamu perhatikan adalah kulit kepala yang terasa berminyak dan nggak jarang terasa gatal. Rambut lepek juga seringnya muncul bau tak sedap karena kotoran dan minyak yang menumpuk. Kamu mungkin juga akan mengalami rambut yang lebih cepat kotor biarpun sudah keramas rutin. 

4 dari 5 halaman

10 Cara Rambut Tidak Gampang Lepek yang Mudah Diterapkan

Demi menyempurnakan penampilan sehari-hari, ada beberapa cara rambut tidak gampang lepek yang bisa diterapkan sehari-hari. Dengan mempelajari satu per satu tipsnya, tentu saja bisa membantu memberikan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan rambut. Jadi, apa saja sih cara yang bisa diterapkan?  

1. Pilih Shampo yang Tepat dan Tidak Membuat Rambut Berminyak

Memilih shampo yang tepat adalah langkah pertama untuk mencegah rambut lepek. Gunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak atau yang mengandung bahan-bahan seperti tea tree oil dan peppermint yang membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

Pastikan juga untuk menghindari shampo yang terlalu melembapkan karena bisa membuat rambut semakin berminyak. Shampo dengan label ‘clarifying’ atau ‘volumizing’ biasanya lebih ringan dan tidak akan membuat rambutmu terasa berat dan lepek.

2. Gunakan Kondisioner Hanya pada Batang Hingga Ujung Rambut Saja

Jika ingin menerapkan cara rambut tidak gampang lepek yang maksimal, perhatikan cara yang tepat dalam menggunakan kondisioner. Produk ini sebaiknya hanya dipakai pada batang hingga ujung rambut saja. Jadi, sebaiknya jangan sampai mengenai kulit kepala karena dapat menyebabkan penumpukan minyak di area akar rambut. 

Kondisioner adalah produk dengan kandungan minyak dan pelembap yang tinggi. Jadi, rentan membuat rambut cepat lepek jika sampai mengenai kulit kepala. Dengan menerapkan pemakaian yang benar, rambut akan tetap terhidrasi tanpa membuatnya tampak berminyak. 

3. Hindari Keramas dengan Suhu Air yang Terlalu Panas

Perhatikan selalu suhu air yang digunakan saat keramas. Suhu air yang panas memang terasa nyaman saat tubuh terasa lelah. Namun, kalau sering diterapkan bisa mengikis kelembapan alami di kulit kepala yang kemudian memicu produksi minyak berlebihan dan bikin rambut cepat lepek. 

Disarankan untuk menggunakan air hangat atau dingin saat keramas yang membantu mengontrol minyak dan menjaga keseimbangan alami kulit kepala. Air dingin juga bisa membantu menutup kutikula rambut, membuat rambut lebih berkilau dan sehat. Jadi, selain mencegah lepek, rambutmu juga akan terlihat lebih berkilau. 

4. Jangan Tidur Saat Rambut Masih Basah

Sering keramas di malam hari dan tertidur saat rambut masih basah? Ini dia salah satu faktor utama yang bikin rambut jadi cepat lepek. Rambut basah lebih rentan terhadap kerusakan dan gesekan dengan bantal bisa membuatnya lebih mudah kusut serta berminyak. 

Kalau ingin menerapkan cara rambut tidak gampang lepek, pastikan rambut benar-benar kering sebelum tertidur untuk menghindari masalah tersebut. Kamu bisa menggunakan hair dryer dengan setting suhu rendah untuk membantu mengeringkan rambut tanpa merusaknya. Selain itu, tidur dengan rambut kering juga lebih nyaman dan sehat untuk kulit kepala karena kondisi yang lembap bisa memicu pertumbuhan ketombe, gatal, serta bau tak sedap yang mengganggu. 

5 dari 5 halaman

5. Lapisi Rambut dengan Hoodie atau Shower Cap Sebelum Menggunakan Helm

Dilema rambut lepek pasti sering banget dialami oleh kamu yang ke mana-mana naik motor menggunakan helm. Fungsi helm memang penting untuk keselamatan, tapi nggak bisa dipungkiri lagi kalau digunakan terlalu sering atau lama bisa menyebabkan rambut jadi gampang lepek. 

Kalau ingin menghindari masalah tersebut, siasati dengan melapisi rambut menggunakan shower cap atau hoodie sebelum memakai helm. Trik yang satu ini dapat membantu melindungi rambut dari gesekan dan keringat yang bikin rambut cepat lepek. Selain itu, pastikan helm yang digunakan selalu bersih. Keringat dan kotoran yang menumpuk di helm juga bisa menyebabkan rambut menjadi berminyak dan lepek.

6. Jangan Sering Menyentuh Rambut

Sering memainkan rambut saat fokus terhadap sesuatu atau ketika grogi? Kebiasaan ini juga jadi salah satu faktor penyebab rambut mudah lepek. Saat menyentuh rambut, kemungkinan besar terjadi transfer minyak dan kotoran dari tangan menuju rambut. Inilah yang membuat rambut jadi gampang terasa lepek dan lengket. 

Maksimalkan cara rambut tidak gampang lepek yang diterapkan dengan menghentikan kebiasaan yang satu ini. Jika memang perlu merapikan rambut, gunakan sisir bersih atau biasakan cuci tangan terlebih dulu. Hal sederhana ini bisa memberikan pengaruh yang signifikan agar rambut tidak gampang lepek, lho! 

7. Wajib Bersihkan Sisir Secara Rutin

Sisir yang kotor bisa menjadi sumber minyak dan kotoran yang membuat rambut lepek. Bersihkan sisir secara rutin dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan residu produk rambut dan kotoran. Sisir yang bersih akan membantu menjaga rambut tetap segar dan tidak berminyak. Membersihkan sisir sebaiknya dilakukan seminggu sekali untuk hasil yang optimal. Dengan begitu, rambut akan selalu tampak sehat dan bersih.

8. Ganti Sarung Bantal Setiap Minggu

Coba dicek kembali, apakah kamu sudah mengganti sarung bantal secara rutin? Seringnya nggak disadari, tapi sarung bantal sebenarnya bisa jadi tempat berkumpulnya minyak dan kotoran yang bisa bikin rambut lepek. Jadi, penting mengganti sarung bantal setiap minggu untuk memastikan kebersihan dan kesehatan rambutmu. 

Sarung bantal yang bersih membantu mencegah penumpukan minyak dan kotoran pada rambut. Selain itu, pilihlah bahan sarung bantal yang lembut seperti katun atau sutra untuk mengurangi gesekan dan kerusakan pada rambut saat tidur.

9. Hair Mask dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk rambut, salah satunya adalah mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Gunakan lidah buaya sebagai hair mask alami untuk membantu menjaga keseimbangan minyak dan memberikan hidrasi yang dibutuhkan rambut tanpa membuatnya lepek.

Caranya gampang banget kok. Ambil gel lidah buaya segar dan aplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

10. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

You are what you eat! Makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh pada kondisi rambut. Misalnya saja kalau sering mengonsumsi jenis makanan berminyak dan berlemak tinggi yang bisa memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala. Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak untuk menjaga keseimbangan minyak di kulit kepala.

Hindari fast food dan gorengan karena kadar lemak yang tinggi bisa membuat rambut lebih cepat berminyak. Pola makan yang sehat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tetap kuat dan tidak lepek.

Cara rambut tidak gampang lepek sebenarnya mudah, hanya saja memang diperlukan perawatan yang tepat secara rutin untuk menghindari masalah rambut yang satu ini. Dengan begitu kamu bisa mempertahankan rambut indah yang lebih bervolume, sehingga lebih percaya diri saat beraktivitas dan bertemu dengan banyak orang sekalipun. Yuk, saatnya lebih memperhatikan perawatan rambut yang tepat agar tampak sehat dan berkilau! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.