Sukses

Andre Taulany Gugat Cerai Istri, Dulu Pernah Bagikan Tips Rumah Tangga Langgeng ke Maia Estianty dan Kiky Saputri

Andre Taulany pernah mengungkapkan jika tips agar hubungan rumah tangga langgeng adalah rasa saling percaya. “Kalau gue gini aja, yang penting lu percaya sama gue, gue percaya sama lo," kata Andre.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa banyak yang tahu, Andre Taulany telah menggugat cerai Rien Wartia Trigina atau Erin Taulany di Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang pada 4 April 2024 lalu. Kabar perceraian Andre Taulany dan Erin Taulany ini tentu saja menghebohkan publik. Pasalnya, selama ini hubungan rumah tangga keduanya terkesan baik-baik saja.

Bisa dibilang nyaris tak pernah ada kabar miring seputar rumah tangga Andre dan Erin Taulany. Andre bahkan pernah membagikan tips harmonis berumah tangga kepada temannya sesama artis. Salah satunya adalah Maia Estianty yang saat itu baru menikah dengan Irwan Mussry.

Dikutip dari akun YouTube MAIA ALELDUL TV yang diunggah pada 21 Desember 2021, Andre mengungkapkan jika tips agar hubungan rumah tangga langgeng adalah rasa saling percaya. “Kalau gue gini aja, yang penting lu percaya sama gue, gue percaya sama lo," kata Andre.

Tips lain agar rumah tangga harmonis menurut mantan vokalis band Stinky itu adalah harus selalu mengingat keberadaan Allah SWT, anak-anak, dan keluarga besar. "Udah itu aja. Patokan kita dari hal itu aja. Jadi kalau macam-macam ingat. Simpel sih sebenarnya," imbuhnya.

Meski begitu, pria 49 tahun ini mengungkapkan bila tidak ada teori khusus untuk membuat rumah tangga bisa langgeng. Pasalnya, pada kenyataannya banyak pasangan yang memutuskan untuk bercerai meskipun sudah lama membangun biduk rumah tangga.

"Gue enggak ada teori khusus yang kita harus menjaga komunikasi. Praktiknya tetap aja banyak yang pada selesai," kata Andre. Jauh sebelum menggugat cerai Erin, Andre juga pernah memberikan tips kepada Kiky Saputri agar pernikahan langgeng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Andre untuk Kiky Saputri

 

Melalui tayangan video yang diunggah akun TikTok @cerita_viral, Kiky Saputri pernah meminta tips menjaga rumah tangga. Saat itu, Kiky belum satu tahun membina rumah tangga dengan Muhammad Khairi.

"Ya simpel aja, nggak usah ribet-ribet lah. Jangan menuntut berubah. Pokoknya cuma dua, kalau lu mau nerima ya terima sampai mati. Kalau nggak mau nerima ya udah," ucap Andre dalam unggahan pada 1 Mei 2023.

Menurut komedian ini, pasangan suami istri harus bisa menerima kebaikan dan keburukan masing-masing. "Itu udah pilihan lu, ya udah baik buruknya terima," kata Andre. Meski begitu, Andre Taulany menyarankan adanya evaluasi terhadap pasangan.

Namun, ia juga berpesan untuk tidak terlalu menuntut pasangan untuk mengubah karakternya. "Kita nggak bisa (memaksa). Jadi frekuensinya seimbang," ujarnya. Andre Taulany juga membenarkan jika dalam rumah tangga sering ada perselisihan kecil.

"Pada akhirnya, ketika sudah lama menikah bukan bicara soal 'I love you'. Lebih kayak 'I taking care of you jadi udah lebih menjaga, bukan lagi sifatnya kayak romansa ABG," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Gugat Cerai Bukan Keputusan Mendadak

 

Sementara itu, Andre Taulany memastikan keputusan pengajuan talak talak cerai itu tidak diambil secara sesaat. Ia mengaku sudah memikirkan secara matang, dan sudah melewati proses diskusi yang cukup panjang.

“Putusan ini kan tidak diambil sesaat. Tentu sudah dipikirkan matang-matang dan sudah melewati proses saling diskusi. Semua udah dipikirkan secara baik," terang Andre Taulany di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kams, 8 Agustus 2024, memgutip dari kanalShowbiz Liputan6.com.

Sudah sejak lama, ini bukan sesuatu yang mendadak. Sering didiskusikan dan ini saatnya," tamnbahnya. Andre mengatakan, segala upaya sudah dilakukan untuk menyelamatkan rumah tangganya dengan Rien.

Namun pada akhirnya, perceraian yang harus ditempuh dan diharapkan menjadi keputusan terbaik untuk kedua pihak. "Namanya rumah tangga, kita coba perbaiki dan sudah melakukan itu semua. Namun pada akhirnya ya ini yang harus diambil," kata ayah tiga anak ini.

Andre tak mengungkap secara rinci alasan yang menjadi penyebab perceraian rumah tangganya. Ia mengaku tak lagi dapat bersama dengan Rien, lantaran perbedaan prinsip yang sudah terjadi sejak lama.

4 dari 4 halaman

Komunikasi Andre dengan Istri

 

"Mana ada yang nggak sedih tapi ini kan harus dilewati. Namanya rumah tangga semua orang pasti Al-Amin ya, berantem beda pendapat ya normal.Lebih ke prinsip aja, beda pendapat lah," akunya.

Meski begitu, Andre memastikan komunikasi dengan Rien masih terjalin baik. Ia juga mengaku masih tinggal seatap meskipun tidak lagi satu kamar. "Komunikasi masih baik, keputusan ini kita ambil bersama. Setelah cerai kan kita juga masih urus anak bersama-sama," ucap Andre Taulany.

Sebagai informasi, dalam cerai talak proses perceraiannya dianggap final setelah hakim menjatuhkan putusan dan suami mengikrarkan talaknya di hadapan Pengadilan. Sementara itu, Andre sebagai penggugat perceraian bisa membuat proses lebih cepat. Pasalnya, jika penggugat merupakan pihak suami proses bisa berjalan lebih cepat mengingat gugatan tersebut merupakan cerai talak.

Andre Taulany dan Rein Warita Trigina telah menjalin rumah tangga selama hampir 19 tahun pernikahan. Keduanya diketahui menikah sejak Desember 2005 dan menjalani kehidupan rumah tangga yang cukup tertutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini