Sukses

FLOII Expo 2024 Bakal Digelar Akhir Tahun, Siap-Siap Berburu Koleksi Tanaman Hias Hasil Mutasi Genetik

FLOII Expo 2024 mengundang sejumlah pembeli dan pengusaha tanaman hias luar negeri memamerkan produk mereka, serta para pengusaha dalam negeri untuk menawarkan dagangan andalan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran florikultura terbesar di Indonesia, Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 akan digelar selama empat hari, yakni pada 5--8 Desember 2024. Ini akan menjadi penyelenggaraan ketiga kalinya yang berlangsung di Hall 3, ICE BSD Tangerang.

Mengusung tema Evolutionary & Revolutionary Elegance: The Beauty of Genetic Diversity in Floriculture, FLOII Expo ingin menggambarkan bagaimana mutasi genetik berperan dalam menciptakan varietas tanaman hias yang unik dan memikat. Pengunjung bisa melihat hasil mutasi genetik secara langsung dan diharapkan bisa menginspirasi dan mendorong inovasi di industri tanaman hias.

Dalam rilis yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Kamis, 8 Agustus 2024, Ketua Kelompok Florikultura Kementerian Pertanian Armilawaty Razak mengatakan industri florikultura dalam negeri menunjukkan pertumbuhan yang signifikan setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 21,8 persen. 

Pihaknya menyambut baik penyelenggaraan expo tesebut karena tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan konsumen dan produsen, tetapi juga sebagai sarana edukasi yang penting bagi masyarakat. "Dengan pameran ini, kesadaran akan keanekaragaman tanaman hias dapat meningkat, sekaligus memberikan pengetahuan dan informasi terbaru kepada para pecinta tanaman," ucapnya dalam jumpa pers di Waterfall by Godong Ijo, Depok, Jawa Barat. 

Senada dengan Armilawati, Presiden Direktur Dyandra Event Solutions, Michael Bayu A. Sumarijanto menyebut pameran itu sebagai acara penting bagi para pelaku industri dan pecinta tanaman hias. Apalagi, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah dan terus berkembang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosialisasikan Mutasi Genetik di Industri Tanaman Hias

Bayu meyakini sebagai acara yang menonjolkan keanekaragaman genetik dalam tanaman hias, FLOII Expo 2024 akan berperan penting dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mutasi genetik dan seleksi alam untuk menciptakan varietas tanaman yang menarik dan bernilai. Melalui kolaborasi antara pelaku industri dan komunitas, pameran itu bertujuan untuk memperkuat posisi industri tanaman hias Indonesia di tingkat internasional dan berdampak positif yang berkelanjutan.

"Kami mengundang seluruh masyarakat, pelaku industri, dan pecinta tanaman untuk bergabung dan menjadi bagian dari perayaan keindahan dan inovasi dalam dunia florikultura ini,” jelas Bayu.

Perwakilan Pecinta Florikultura Indonesia (PFI) Friesia Sudjiati menilai pameran tersebut bisa menjadi ujung tombak untuk para pelaku bisnis hingga petani kecil sekaligus menjadi jembatan untuk para stakeholder terkait, termasuk pemerintah. Ia berharap ajang mendatang bisa mendatangkan lebih banyak tenant dari luar negeri.

"Semoga FLOII ke depan makin banyak tenant luar negeri, bahkan luar negeri bisa ikut kontes juga semakin terbuka. Dan kita bisa dilihat oleh Kementerian. Dan harapannya dengan adanya FLOII bisa menjadi jembatan agar kerjasama dengan pemerintah bisa lebih erat lagi,” katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

Geliatkan Industri Tanaman Hias Dalam Negeri yang Sempat Loyo

Bayu mengungkapkan bahwa pasar dalam negeri sempat menurun pasca-booming saat pandemi Covid-19. Meski demikian, potensi pasar tetap besar karena banyak tanaman hias lokal diminati pembeli dari berbagai negara. Sejauh ini tercatat exhibitor asing yang akan datang berasal dari Thailand, Fillipina, Taiwan, Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja, Amerika Serikat, dan China.

FLOII Expo 2024 akan menghadirkan berbagai exhibitor dari dalam dan luar negeri yang akan memamerkan produk terbaru dan inovatif dalam dunia florikultura. Panitia menyiapkan berbagai program yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi dan berbagi pengetahuan antara para pelaku industri dan penggemar tanaman.

Program itu meliputi Talk Show yang menghadirkan pembicara nasional dan internasional, workshop yang menawarkan pelatihan praktis tentang teknik budidaya dan perawatan tanaman, serta Lelang Tanaman Hias dan Kontes Tanaman Hias mulai dari kelas Aroid, Sansevieria, Platycerium,  Aglonema, dan kelas tanaman lainnya. Pendaftaran menjadi peserta pameran FLOII Expo 2024 sudah dibuka.

Pelaku industri, pemilik tanaman hias, dan penyedia produk terkait diundang untuk berpartisipasi dalam acara yang sangat dinantikan ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran, jadwal acara, dan update terkini, silakan kunjungi website resmi www.floii-expo.com atau ikuti akun Instagram kami di @floii_expo.

4 dari 4 halaman

Buka Peluang Petani Tanaman Hias Ekspor ke Luar Negeri

Perwakilan Indonesian Aroid Society (IAS), Rico Rusdiansyah menilai FLOII merupakan platform yang tepat untuk mengapresiasi secara bisnis kepada tanaman-tanaman hias Indonesia.

"Ketika bisnis berjalan, di dunia petaninya otomatis nilai ekspor dari datangnya orang-orang luar negeri ke kita, otomatis mereka melihat potensi tanaman di Indonesia seperti itu. Next-nya paling penting ketika buyer-buyer itu beli tanaman secara berlanjut untuk setahun ke depannya," kata Rico.

Public Figure & Pecinta Tanaman, Anjasmara Prasetya juga menyambut antusias diadakannya FLOII Expo 2024. Lebih dari sekedar pameran, FLOII bisa menjadi tempat untuk saling bertukar pikiran tentang tren tanaman hias di Indonesia. 

"Kalau selama ini pecinta tanaman belanja tanaman di sebuah tempat terbuka dan panas, kurang nyaman mungkin. Kali ini, FLOII mencoba mengakomodir hal tersebut coba diadakan di sebuah tempat yang nyaman, bersih dan bertaraf internasional," kata Anjasmara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.