Sukses

Terungkap Isi Boks yang Diterima Medalis Olimpiade Paris 2024 Seperti Veddriq Leonardo, Gregoria Mariska Tunjung, dan Rizki Juniansyah

Isi boks yang diterima medalis Olimpiade Paris 2024, seperti Veddriq Leonardo, Gregoria Mariska Tunjung, dan Rizki Juniansyah, disebut berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya berupa bunga maupun maskot.

Liputan6.com, Jakarta - Selain medali, atlet pemenang Olimpiade Paris 2024, seperti Veddriq Leonardo, Gregoria Mariska Tunjung, dan Rizki Juniansyah, menerima boks di atas podium. Apa isinya?

Melansir Today, Sabtu (10/8/2024), para medalis Olimpiade 2024 ternyata diberi hadiah berupa poster resmi Olimpiade Paris, yang terselip di dalam kotak berukuran 40 sentimeter, menurut situs web resmi event multiolahraga internasional tersebut. Sebuah video yang dibagikan akun X, dulunya Twitter, NBC Olympics and Paralympics, 2 Agustus 2024, menjelaskan bahwa poster tersebut merupakan barang baru yang diberikan pada para atlet.

"Sebelumnya, negara tuan rumah telah memberi barang-barang, seperti boneka binatang pada para atlet, jadi ini adalah barang baru yang bisa dibawa pulang para medalis," kata pembicara dalam video tersebut.

Atlet kano Australia Jessica Fox memberi gambaran dekat pada memorabilia unik tersebut dalam sebuah video TikTok yang dibagikan 31 Juli 2024. "Banyak orang bertanya, 'Apa isi kotak yang diberikan kepada kami di podium saat kami menerima medali di Paris?'" kata Fox dalam klip tersebut.

"Biasanya kami mendapat maskot atau bunga, tapi kali ini, sedikit lebih unik, dan menurut saya, ini adalah konsep yang sangat keren," lanjutnya. Fox membuka poster warna-warni dengan detail emas di atasnya, yang menurutnya bisa berupa emas, perak, atau perunggu, tergantung pada medali atlet.

Peramal cuaca TODAY Al Roker membuka poster tersebut saat berada di Paris dalam klip pada 31 Juli 2024. Ia menunjukkan pada rekan pembawa acaranya Hoda Kotb, Craig Melvin, dan Savannah Guthrie "karya seni yang indah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Balik Desain Poster yang Diterima Medalis Olimpiade 2024

Roker berkata, "Pada dasarnya, poster ini mewakili slogan, 'Pertandingan terbuka lebar,' keragaman Paris dan pertandingan-pertandingan ini, jadi sungguh indah." Poster tersebut dibuat ilustrator kenamaan Ugo Gattoni, yang menghabiskan waktu hampir empat bulan dan dua ribu jam untuk desain dan produksinya, kata seniman tersebut dalam sebuah wawancara di Olympics.com pada Maret 2024.

Joachim Roncin, direktur desain untuk Olimpiade Paris 2024, mengatakan pada Olympics.com bahwa ia ingin poster tersebut menceritakan banyak hal, penuh dengan simbol.  "Ada banyak detail kecil, itu adalah cerita di dalam cerita," tambahnya.

Desain Gattoni menampilkan "kota fantasi" yang berfungsi ganda sebagai stadion besar dengan berbagai bangunan penting di Paris, seperti Menara Eiffel, Sungai Seine, dan Arc de Triomphe. Desain ini juga mencakup simbol-simbol Olimpiade, seperti cincin Olimpiade, Agitos, dan medali, ditambah penggambaran beberapa cabang olahraga, seperti menyelam, renang, dan renang cepat.

Pertama kali dalam sejarah Olimpiade Musim Panas, poster Olimpiade dan Paralimpiade dirancang bersama. Meski masing-masing poster dapat berdiri sendiri, jika digabungkan, desain Gattoni jadi satu gambar tunggal dan menyatu.

3 dari 4 halaman

Sentuhan Khusus di Medali Olimpiade Paris

Gattoni membuat poster itu dengan tangan dan "sangat senang dengan hasilnya," menurut wawancaranya di situs web Olimpiade. Saat itu, ia mengatakan bahwa ia ingin melihat "seberapa banyak orang yang mengapresiasi" karya tersebut.

Menurut situs web resmi Museum Olimpiade, poster telah dibuat untuk Olimpiade sejak awal abad ke-20. Selain atlet yang menerima poster khusus di Olimpiade Paris, penggemar bisa mendapatkannya di toko daring Olimpiade.

Di samping poster, medalis akan menerima boneka maskot, yang terinspirasi topi Frigia, dengan warna medali mereka dan kata "Bravo" dalam bahasa Prancis, menurut situs web Olimpiade.

Meski medali Olimpiade merupakan hadiah untuk atlet yang menang, penghargaan tahun ini memiliki sentuhan khusus. Setiap medali emas, perak, dan perunggu memiliki potongan besi heksagonal seberat 18 gram dari Menara Eiffel yang tertanam dalam desainnya.

Besi tersebut diambil dari bangunan ikonis tersebut selama renovasi sebelumnya, sehingga setiap medali memiliki sentuhan sejarah Paris, menurut video yang diunggah akun NBC Olympics & Paralympics X pada 2 Agustus 2024.

4 dari 4 halaman

Medali Olimpiade 2024 Diduga Usang

Kendati demikian, atlet skateboard Olimpiade Tim AS Nyjah Huston memamerkan medali, yang dimenangkannya dalam final skateboard jalanan putra 29 Juli  2024, dalam visual sedikit usang, lapor People. "Baiklah, jadi medali Olimpiade ini terlihat bagus saat masih baru," Huston berbagi dalam klip Instagram Story, Kamis, 8 Agustus 2024.

"Namun setelah membiarkannya menempel di kulit saya dengan sedikit keringat selama beberapa saat dan kemudian membiarkan teman-teman saya memakainya selama akhir pekan, ternyata kualitasnya tidak sebagus yang Anda kira," tambahnya, sambil mengarahkan kamera memamerkan medali tersebut.

"Maksud saya, lihat benda itu, kelihatannya usang. Bahkan bagian depannya mulai sedikit terkelupas," lanjut atlet Olimpiade itu, sambil membalikkan medali itu sehingga para penggemar dapat melihat dari sudut yang berbeda. "Jadi saya tidak tahu ... Medali Olimpiade, mungkin Anda harus sedikit meningkatkan kualitasnya."

Di unggahan selanjutnya, Huston membagikan foto medali di depan latar belakang yang indah, menulis, "Medali itu tampak seperti digunakan untuk berperang sampai kembali pulang."  Ia kemudian mengunggah foto dirinya yang lain tanpa baju sambil mengenakan topi bisbol yang sama, menulis, "Saya kira medali itu seharusnya disimpan di dalam kotak. Bukan untuk dikirim."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini