Sukses

Indonesia Shopping Festival 2024, Jangan Lewatkan Diskon Hingga 79 Persen di Momen Perayaan HUT RI

Indonesia Shopping Festival 2024 akan berlangsung di sekitar 400 mal anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) pada 8--19 Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Shopping Festival (ISF) kembali digelar. Tetap bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan, yang tahun ini HUT ke-79 RI, event inisiasi Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) tersebut berfokus meningkatkan dan berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di bidang pusat perbelanjaan.

Acara ini berlangsung pada 8 hingga 19 Agustus 2024 di hampir 400 mal dalam negeri yang merupakan anggota APPBI. Tahun ini, ISF juga bermaksud memajukan program #AyoDagang dengan mendukung pelaku UMKM dan ekonomi kreatif. 

Ini dilakukan melalui eksplor sajian Nusantara, yang salah satunya berupa pesta durian dan pameran produk lokal di Posh Market Vol.2 Kota Kasablanka Jakarta. Sementara untuk melestarikan produk asli Indonesia, ada pagelaran fesyen desainer lokal dan UMKM di Lokal Made PIK Avenue Jakarta.

Kemudian, ada pameran mainan dan makanan tradisional asal Indonesia, Kampung Mainan Bocah, di Living World Kota Wisata Cibubur, Jawa Barat. Tidak ketinggalan, ISF 2024 juga menghadirkan promosi ikonis mereka, yakni diskon sesuai usia kemerdekaan Indonesia, yang mana tahun ini potongan harganya hingga 79 persen.

Tidak berhenti di situ saja, karena selama periode Indonesia Shopping Festival 2024, ada pula Big Shop Big Win, yakni undian belanja seluruh mal partisipan. Hadiahnya mulai dari mobil Wuling, iPhone 15, hingga puluhan juta voucer MAP.

Mekanisme belanjanya hanya dengan registrasi ke customer service di masing-masing mal, lalu menunjukkan struk belanja pada tanggal yang sama minimal Rp100 ribu untuk mendapatkan satu nomor undian. Kemudian, pengunjung akan menerima nomor undian melalui email secara otomatis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Roda Ekonomi yang Kian Berkelanjutan

Semakin untung, jika bertransaksi menggunakan BTN, pengunjung akan mendapat tiga nomor undian. Periode belanja berlangsung pada 1 hingga 18 Agustus 2024.

Dengan dukungan pegiat UMKM dalam mengeksplorasi produk khas daerah dan makanan Nusantara di pusat belanja, hal ini diharapkan dapat secara aktif mendukung roda perekonomian Indonesia jadi semakin berkelanjutan. Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja optimistis ISF 2024 dapat mendongkrak penjualan dan jumlah kunjungan di low season setelah Idulfitri dan Imlek 2024.

 "Kami menargetkan selama 12 hari (ISF berlangsung), tingkat kunjungan bisa mencapai 100 juta di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia, kurang lebih 400 anggota APPBI," kata Alphonzus saat konferensi pers di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024, lapor kanal Bisnis Liputan6.com.

Ia menyambung, "Sementara untuk nilai transaksi, kami targetkan Rp25 triliun." Alphonzus menyoroti daya beli masyarakat yang menurun, ditambah maraknya isu impor ilegal dalam beberapa pekan terakhir. "Harapannya, ini (ISF) bisa membantu mengatasi isu-isu yang kita hadapi," sebut dia.

3 dari 4 halaman

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Program Indonesia Shopping Festival 2024 juga didukung APINDO yang merupakan representasi dunia usaha Indonesia. "Indonesia Shopping Festival 2024 merupakan wujud nyata dari semangat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Shinta Kamdani, Ketua DPN APINDO.

Ia menyambung, "Melalui festival ini, kita tidak hanya memberi kesempatan pada para pelaku retail dan UMKM untuk memajukan usaha mereka, tapi mendorong masyarakat berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan lokal. Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global, inisiatif seperti ini sangat penting untuk memperkuat daya tahan ekonomi domestik."

"Kami percaya bahwa kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat akan membawa dampak positif yang signifikan bagi perekonomian Indonesia," tandasnya.

Apa yang dilakukan tahun ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari edisi ISF 2023. Kala itu, APPBI berambisi meningkatkan pariwisata domestik dan internasional, mendongkrak omzet retail, serta mempromosikan UMKM dan sektor ekonomi kreatif. Hal tersebut selaras dengan tema HUT ke-78 RI bertajuk "Terus Melaju untuk Indonesia Maju."

4 dari 4 halaman

Ragam Acara pada ISF 2023

"Dengan kegiatan ini (ISF 2023), APPBI yakin dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor retail, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan menuju Indonesia yang lebih maju," ujar Ketua Umum DPP APPBI, Alphonzus Widjaja, dalam keterangan pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Salah satu agenda ISF 2023 adalah midnight sale yang selalu dinanti-nantikan pembelanja. Acara ini diadakan di Grand Indonesia Jakarta Pusat dan 23 Paskal Shopping Center Bandung.

"DPP GIPI sepenuhnya mendukung pelaksanaan Indonesia Shopping Festival 2023, terlebih melihat kerja sama dengan beragam pihak, terutama pelaku bisnis retail. Tujuannya adalah mempromosikan UMKM dan industri kreatif guna meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional," ungkap Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum DPP Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI).

Selama ISF 2023 berlangsung, beragam produk telah ditampilkan, dengan fokus utama pada produk UMKM lokal, festival kuliner khas Nusantara, kesenian tradisional, bahkan acara donor darah. Donor darah berlangsung di 16 lokasi perbelanjaan, termasuk AEON Mall Jakarta Garden City, AEON Mall Tanjung Barat, Seasons City, Pasar Pagi Mangga Dua, Thamrin City, Mall @Bassura, Pluit Junction, Green Sedayu Mall, Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, dan Gandaria City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini