Sukses

Raih Peningkatan Pesanan 30x Lipat di Shopee Live, Yuk Intip Cerita Sukses Dorskin!

Dorskin berhasil meraih lonjakan pesanan yang spektakuler, yakni 30 kali lipat dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia kecantikan yang semakin kompetitif, meraih kesuksesan bukan hal yang mudah. Namun, ada beberapa cerita yang mampu menarik perhatian dan menjadi inspirasi, terutama ketika berbicara tentang pencapaian yang luar biasa.

Salah satunya adalah fenomena yang baru-baru ini terjadi di Shopee Live, di mana merek Dorskin berhasil meraih lonjakan pesanan yang spektakuler, yakni 30 kali lipat dari tahun lalu. Ya, brand lokal tersebut pun berhasil menawarkan solusi yang multifungsi untuk perawatan kulit setiap orang lewat Shopee Live.

Salah satu sosok di balik keberhasilan Dorskin itu adalah Theodora Icha. Pasalnya, dirinya terus melakukan riset yang mendalam terkait tren dan kebutuhan pasar selama lebih dari setahun.

Dan pada tahun 2021, dirinya pun menjadi saksi lahirnya Dorskin yang langsung diperkenalkan lewat strategi penjualan online di Shopee. Mengingat pandemi melanda saat itu, keputusan untuk berjualan online dan kemudian mengatur strategi baru ke ranah live stream melalui Shopee Live dan video singkat, Shopee Video tahun 2022 menjadi sebuah langkah tepat yang membuka peluang besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melonjak 30x Lipat

Setelah setahun berkomitmen untuk fokus memaksimalkan fitur interaktif Shopee Live, Dorskin merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 30 kali lipat pada semester pertama 2024 dibanding tahun lalu.

Icha pun mengungkapkan, persaingan brand lokal kecantikan saat ini sudah black ocean. Ia menyebut, dalam lanskap bisnis yang semakin kompetitif, tidak hanya harus berhadapan dengan banyaknya merek lokal yang bermunculan, tetapi juga dengan berbagai tantangan yang membutuhkan strategi inovatif dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal.

"Di sinilah fitur belanja interaktif dari Shopee seperti Shopee Live berperan sebagai sarana pemasaran yang sangat efektif untuk semakin dekat dengan generasi muda," ungkapnya.

"Dari yang hanya siaran langsung dua jam saat kampanye angka kembar, tahun ini kami berhasil melakukan Shopee Live 24/7 setiap harinya dan rasanya senang sekali melihat antusiasme pengguna Shopee terhadap produk kami yang sangat luar biasa, di mana Shopee Live berhasil berkontribusi lebih dari 50% terhadap total pendapatan transaksi Dorskin di Shopee selama semester pertama tahun 2024 ini," jelas Icha.

3 dari 4 halaman

Jangaku Customer Lebih Luas

Icha menjelaskan bahwa Shopee Live bukan hanya platform untuk memasarkan produk secara real-time, tapi berhasil membantu Dorskin untuk menjangkau customer lebih luas dengan penjelasan produk yang lebih interaktif, dapat berkomunikasi langsung, menjawab pertanyaan, bahkan membaca tren kecantikan yang berkembang.

“Tidak hanya itu, berbagai fitur Shopee Live seperti pembagian koin, voucher khusus live, hingga Flash Sale saat live menjadi poin plus berjualan di sini dan secara tidak langsung, tentu membuat buying experience yang berbeda sehingga mereka ingin kembali membeli lagi dengan berbagai keuntungan yang bisa ditemukan di Shopee Live Dorskin," jelasnya.

"Bahkan ekosistem yang terintegrasi juga menjadi fokus kami memaksimalkan fitur Shopee Video, tidak hanya bisa menarik pengguna mengunjungi toko kami saat live, tapi juga memberikan kemudahan customer bisa langsung membeli produk yang diinginkan lewat konten yang mereka lihat,” imbuh Icha.

Strategi Tarik Perhatian Generasi Muda

Perjalanan Dorskin dalam menghadirkan inovasi hybrid skincare di Indonesia tidak hanya berhenti di situ. Inovasi dan adaptasi terhadap kebutuhan pasar menjadi kunci utama kesuksesan Dorskin.

Dengan pendekatan yang “fun” untuk generasi muda, Icha memastikan bahwa setiap produk Dorskin tidak sekedar mengikuti tren tetapi juga memberikan solusi nyata bagi permasalahan kulit, khususnya yang dialami remaja.

Dalam tiga tahun terakhir, Dorskin telah berhasil merebut hati lebih dari 500 ribu pejuang jerawat para remaja. Dorskin juga sukses melahirkan berbagai macam produk perawatan jerawat dengan konsep hybrid and fun, seperti Matcha Glow Dream Mask, Dorskin Hydra Moiscreen, Pimple Power Cover, Acne Calming Potion, Cica Dream Gentle Cleanser, hingga produk lainnya yang juga menjadi incaran saat Shopee Live.

Dorskin sangat memperhatikan setiap proses produksi yang semuanya dilakukan secara lokal, baik itu pemilihan bahan hingga pengelolaannya. Dimulai dari tim kecil, seiring meningkatnya permintaan pasar yang tinggi berkat strategi pemasaran interaktif bersama Shopee Live dan Shopee Video, tahun ini tim Dorskin berkembang hingga mencapai 100 karyawan, mencakup berbagai posisi dari tim inti hingga bagian operasional.

Tak hanya itu, lewat quality control yang mendalam, setiap produk yang dihadirkan telah melalui berbagai tahapan keamanan dan teruji klinis, bekerja sama dengan laboratorium independen dan ahli dermatologi.

“Lewat pemanfaatan fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video ini menjadi cara kami memperkuat posisi sebagai merek lokal yang dekat dengan generasi muda dan oleh karena itu, kami berusaha menciptakan konten yang menarik, segar, dan relevan," ujar Icha.

"Penggunaan musik yang viral, efek tren terkini, tema yang sesuai, hingga format konten yang interaktif dan menghibur dirancang untuk menarik perhatian dan meningkatkan keterlibatan audiens muda," jelasnya.

Icha pun menyebut, setiap konten live maupun video juga dipadukan dengan informasi produk serta elemen-elemen yang relatable bagi pejuang jerawat di luar sana.

4 dari 4 halaman

Bergabung ke Shopee Sedari Awal

Sejak awal memulai perjalanan bisnisnya, Dorskin telah memilih untuk bergabung dengan Shopee karena melihat potensi pertumbuhan yang pesat dan luas. Dorskin memanfaatkan sepenuhnya berbagai program dan fitur yang dihadirkan Shopee.

Selain Shopee Live dan Shopee Video, program Kampanye angka kembar, Gratis Ongkir, Kompetisi Termurah di Shopee, serta fitur iklan seperti Internal Ads juga terus kami optimalkan. Strategi ini memperluas visibilitas merek dan mengoptimalkan kenyamanan proses jual-beli menjadi lebih mudah terutama untuk para target marketnya para generasi muda.

Dan tentunya Dorskin berharap semua masyarakat di mana pun berada, khususnya anak muda bisa merasakan manfaat dari rangkaian produk Dorskin.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini