Sukses

Usai Bikin Video Wasiat, Zaskia Adya Mecca Makan Malam di Kawasan Masjid Al Aqsa yang Dikuasai Israel

Setelah dari Yordania untuk beri bantuan pada pengungsi Palestina, Zaskia Adya Mecca mengunjungi Masjid Al Aqsa yang sedang dijaga ketat tentara Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Zaskia Adya Mecca diketahui baru saja berkunjung ke Yordania, mengunjungi tempat pengungsi Palestina untuk memberikan bantuan. Setelah dari Yordania, Zaskia Adya Mecca bertolak ke Palestina dan mengunjungi Masjid Al-Aqsa yang sedang dikuasai oleh Israel.

Saat berada di salah satu masjid terpenting dan paling bersejrah bagi umat Islam itu, Zaskia sempat melakukan beberapa aktivitas meski tidak bisa terlalu leluasa karena dalam pengawasan tentara Israel. Dalam unggahan di Insta Story di akun Instagramnya, @zaskiadyamecca, Minggu, 11 Agustus 2024, istri Hanung Bramantyo ini sempat makan malam di kawasan sekitar Masjid Al Aqsa.

Zaskia yang berpakaian serba hitan terlihat duduk di pelataran masjid tersebut beralaskan kain bersama beberapa temannya seperti Ratna Galih dan Indadari yang juga mengenakan pakaian tertutup termasuk hijab warna hitam.

"Nikmat banget dinner di plataran masjidil Aqso, dimasakin langsung sama Mariam, huhu sayang sekali," tulis Zaskia. "Hati bakal terus nyantol sama Aqso kalo begini," sambungnya.

Sayangnya, ibu lima anak ini tidak mengungkapkan makanan apa yang disantapnya. Tapi kemungknan mereka menyantap nasi kebuli atau nasi mandhi, karena bentuk sajian dalam panci besar yang dihidangkan seperti nasi berwarna kekunimgan dengam beragam lauk di atasnya.

Mereka terlihat sangat menikmati santapan tersebut dan tentunya jadi momen langka bisa makanm di kawasan Masjidil Aqsa atau Al Aqsa yang tidak mudah untuk dikunjungi. Usai makan mereka pun duduk lesehan sambil bersandar di dinding sebuah bangunan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Zaskia di Perbatasan Israel

Sebelumya, Zaskia sempat menceritakan pengalamannya ke daerah perbatasan Israel untuk menyambangi Al Aqsa. Tiba di perbatasan, Zaskia Adya Mecca bikin video berisi wasiat untuk jaga-jaga jika hal buruk menimpa karena ia berada di daerah rawan konflik dan terdampak perang sepert Palestina.

Video wasiat Zaskia Adya Mecca dibuat dengan persetujuan suami, Hanung Bramantyo, lalu diunggah di Instagram Stories, Jumat, 9 Agustus 2024. Dalam video tampak, ia berada di dalam bus.

"Assalamualaikum. Hai, ini Bia sudah ada di perbatasan Israel. Terus, doakan semoga selamat, aman, sampai balik lagi ke Indonesia. Tapi untuk berjaga-jaga harus memberikan video wasiat,” kata Zaskia, mengutip kanal Showbiz Liputan6.com.

Dalam video, bintang film Ayat-ayar Cinta berbusana muslim dengan hijab warna kelam baca. Namun, detail isi wasiat tak dipublikasikan Zaskia Adya Mecca ke ruang publik.

"Jadi kalau apapun yang terjadi sama Bia nanti,” ungkapnya, lalu video terpangkas. Versi utuhnya dititipkan Zaskia Adya Mecca kepada salah satu saudara kandungnya, Alwin Kamil.

3 dari 4 halaman

Zaskia Adya Mecca Bikin Video Wasiat

"Terus nanti diberikan ke anak-anak apabila mereka sudah ada di usia yang cukup. Ya sudah, semoga enggak diperlukan video ini. Titip semua ya, wassalamualaikum,” pungkas wanira 36 tahun itu.

Video wasiat ini bukan untuk gaya-gayaan. Ini bukan kali pertama bintang sinetron Para Pencari Tuhan membuat video wasiat. Saat berhaji dengan Hanung Bramantyo pun, ia bikin video serupa.

Menyertai video ini, Zaskia Adya Mecca menjelaskan alasan membuat video wasiat. Menurutnya, saat bepergian jauh ke negeri orang apapun bisa terjadi karena jodoh, rezeki dan maut ada di tangan Sang Khalik. Namun sebelum bisa masuk ke kawasan Masjid Al Aqsa, Zaskia menyaksikan dua rudal “terbang” dan meledak di udara. Hampir bersamaan dengan itu, sebuah rudal meledak di daratan antara kawasan Lebanon dan Israel.

"Alhamdulillah, sampai Jordan dapat kabar visa masuk Aqso-ku approved. Tapi, di saat bersamaan Kemenlu mengeluarkan imbauan untuk menghindari ke negara Israel, Iran juga Lebanon,” cuit Zaskia Adya Mecca.

4 dari 4 halaman

Zaskia Lihat Langsung Rudal Meledak

Doa tak putus dilantun Zaskia Adya Mecca. Meski situasi makin kritis, hatinya tetap teguh untuk sampai ke Baitul Maqdis, Palestina. Melansir dari berbagai sumber, kota ini dianggap suci bagi tiga agama yakni Kristen, Yahudi, dan Islam.

"Lalu malam sebelum masuk Palestina kita lihat langsung rudal 2 meledak di udara, 1 meledak di darat antara Lebanon dan Israel. Jujur hati tegang takut izin dari suami mendadak hilang,” sambungnya.

"Kalau akunya? Jangan ditanya betapa PD dan mantap hatiku untuk sampai di Baitul Maqdis. Insyaallah siap jiwa raga tanpa ragu, yakin dan parcaya banget insyaallah dijaga sama Allah SWT,” cuit Zaskia.

Tak lupa, bintang sinetron Para Pencari Tuhan mengontak Hanung Bramantyo. Sutradara film Ipar Adalah Maut meminta Zaskia Adya Mecca bijaksana dan tidak memaksakan diri selama berada di Timur Tengah. Hanung yakin istrinya bisa menjaga diri selama menjalankan misi kemanusiaan menolong rakyat Palestina yang terdampak agresi militer Israel dalam beberapa tahun terakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.