Sukses

Indonesia Masuk Daftar Negara yang Hilang di Peta Panggung Acara Penutupan Olimpiade Paris 2024

Acara penutupan Olimpiade Paris 2024 berlangsung di Stade de France Senin, 12 Agustus 2024, dengan memperlihatkan konstruksi berbentuk bintang runcing di tengah stadion yang ternyata merupakan gambaran peta dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Olimpiade Paris 2024 berakhir pada Senin, 12 Agustus 2024, ditandai dengan acara penutupan yang fantastis. Di Stade de France, event tersebut menampilkan parade atlet, pertunjukan budaya dan musik, serta penampilan singkat Tom Cruise.

Melansir Fox Sports Australia, Selasa (13/8/2024), itu semua terjadi sebelum acara beralih ke pertunjukan musik di pantai Los Angeles, Amerika Serikat, sebagai simbol penyerahan "tongkat estafet" tuan rumah Olimpiade 2028. Di tengah hingar-bingar, sejumlah penonton yang jeli tidak dapat mengabaikan bahwa ada yang salah dengan panggung di stadion Prancis.

Ini termasuk konstruksi berbentuk bintang runcing yang "tampak agak aneh," menurut warganet, yang kemudian diketahui sebagai peta dunia. Tapi, ada sejumlah negara yang hilang di peta panggung penutupan Olimpiade 2024, termasuk Indonesia.

Tasmania, yang sering kali tidak muncul di peta Australia, kembali hilang di momen tersebut. Selandia Baru bahkan sama sekali tidak muncul. Yang lain mencatat negara kepulauan, seperti Madagaskar, juga absen di peta panggung yang dimaksud.

Indonesia dan Filipina, yang memiliki populasi gabungan sebesar 400 juta jiwa, pun tidak disertakan di peta panggung. Media Selandia Baru 1news menulis, "Negara-negara dengan ukuran yang sama dengan Selandia Baru, seperti Inggris dan Jepang, terlihat (di peta panggung)."

Penyelenggara Olimpiade 2024 Paris menjelaskan, panggung tersebut secara simbolis mewakili sebuah planisfer. Di jagat maya, warganet Selandia Baru menganggap "kelalaian visual" peta itu sebagai "penghinaan brutal" bagi negara mereka yang memenangkan 10 medali emas dan finis di urutan ke-11 dalam perolehan medali Olimpiade tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penutupan Olimpiade 2024

Selain peta panggung yang menuai kritik, ada banyak aksi lain dari penutupan Olimpiade Paris 2024 yang jadi sorotan publik. Aktor Tom Cruise, misalnya, turun dari atap Stade de France untuk mengambil bendera Olimpiade sebagai bagian dari serah terima ke kota Los Angeles yang akan jadi tuan rumah Olimpiade berikutnya pada 2028, sebelum mengendarai sepeda motor.

Red Hot Chili Peppers, Billie Eilish, Snoop Dogg, dan Dr Dre kemudian tampil sebagai bagian dari pertunjukan musik bertabur bintang di pantai kota pesisir tersebut untuk menutup upacara. Dalam pidato penutupnya, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengulas tentang Olimpiade yang "sensasional."

Bach, yang akan mengundurkan diri sebagai presiden IOC pada 2025, mengatakan bahwa Olimpiade 2024 telah jadi "sensasional, atau bolehkah saya katakan, 'Seine-sasional,'" permainan kata yang merujuk pada sungai yang mengalir melalui kota tuan rumah.

Ia menambahkan, edisi tahun ini merupakan "Olimpiade era baru." Ini disebut sebagai Olimpiade pertama yang "diselenggarakan sepenuhnya berdasarkan reformasi agenda Olimpiade kita: lebih muda, lebih urban, lebih inklusif, lebih berkelanjutan, dan Olimpiade pertama dengan kesetaraan gender penuh."

 

3 dari 4 halaman

Budaya Damai di Olimpiade

Bach memuji penampilan para atlet yang "sangat mengagumkan," dengan mengatakan bahwa mereka menunjukkan "betapa hebatnya kita sebagai manusia." Ia melanjutkan, "Selama ini, kalian hidup damai bersama di bawah satu atap di Kampung Olimpiade."

"Kalian saling berpelukan. Kalian saling menghormati, meski negara kalian terpecah belah oleh perang dan konflik. Kalian menciptakan budaya damai. Ini menginspirasi kita semua dan miliaran orang di seluruh dunia. Terima kasih telah membuat kami bermimpi. Terima kasih telah membuat kami percaya akan dunia yang lebih baik untuk semua orang."

"Kita tahu bahwa Olimpiade tidak dapat menciptakan perdamaian. Namun, Olimpiade dapat menciptakan budaya perdamaian yang menginspirasi dunia. Itulah sebabnya saya menyerukan pada semua orang yang memiliki semangat Olimpiade ini: marilah kita hidupi budaya perdamaian ini setiap hari."

Ada pula pujian khusus untuk 45 ribu relawan yang membantu selama Olimpiade, dimulai dengan upacara pembukaan yang diguyur hujan di sepanjang Sungai Seine pada 26 Juli 2024. Selain mencerminkan Olimpiade di Paris, upacara penutupan juga jadi ajang pamer bagi Los Angeles. 

4 dari 4 halaman

Di Mana Olimpiade Selanjutnya Belangsung?

Artis R&B H.E.R. membawakan lagu kebangsaan Amerika di dalam Stade de France sebelum penonton dibawa ke LA. Pengendara sepeda gunung Kate Courtney, legenda lintasan dan lapangan Michael Johnson, dan pemain skateboard Jagger Eaton membawa bendera Olimpiade dalam tur keliling kota.

Mereka mengunjungi tempat-tempat seperti Los Angeles Memorial Coliseum, sementara Cruise difoto di depan tanda Hollywood yang ikonis, lengkap dengan cincin Olimpiade. Rapper Snoop Dogg, yang telah bekerja sebagai koresponden khusus untuk jaringan televisi Amerika NBC selama Paris 2024, tampil bersama Dr Dre sebagai bagian dari penutup yang mengesankan.

Melampaui itu, Brisbane, Australia akan jadi tuan rumah Olimpiade pada 2032, lapor AP. Kemudian pada 2036, kota tuan rumah masih belum ditentukan, dengan beberapa kandidat, seperti Ahmedabad di India; Berlin, yang berpotensi menandai 100 tahun sejak Olimpiade 1936; maupun Santiago di Chile.

Sekitar setengah jam setelah upacara penutupan berakhir di Paris, cincin Olimpiade diturunkan. Konfeti masih menutupi lantai, sementara tribun yang tadinya penuh sesak sepenuhnya kosong saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini