Sukses

Naik Bus Rasa Pesawat dari Jakarta ke Yogyakarta Hanya Rp300 Ribuan

Banyak alternatif transportasi selain pesawat dan kereta api untuk mencapai kota Yogyakarta. Jika tiket kereta masih terasa mahal, Anda juga bisa menggunakan bus karena makin banyak PO bus yang beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak alternatif transportasi selain pesawat dan kereta api untuk mencapai kota Yogyakarta. Jika tiket kereta masih terasa mahal, Anda juga bisa menggunakan bus karena makin banyak PO bus yang beroperasi.

Seperti pengalaman yang dialami seorang pelancong pemilik akun Instagram @jalanbarengarief. "Bus first class Jakarta - Jogja 300 ribuan (rupiah)," tulisnya di awal konten yang diunggah pada 29 Juli 2024.

Menurut pengalaman yang ia rasakan, harga tersebut sudah termasuk biaya satu kali makan dan snack berupa pop mi, kopi dan teh sepuasnya. Layanan tersebut disediakan oleh Cititrans Indonesia dengan jadwa berangkat sehari dua kali dan bisa diakses dari empat titik di Jabodetabek.

"Kebetulan gue naik dari pool BlueBird yang ada di Tanah Kusir sekitar jam 18.15," katanya memberi informasi.

Terdapat beberapa tipe tempat duduk yang tersedia, mulai dari eksekutif dengan tempat duduk dua penumpang. Kemudian tipe suites dengan tempat duduk sendiri, lengkap dengan snack yang tersedia.

Untuk tipe suites terdapat fitur seperti wireless charging dan soket, serta layar TV LED yang sudah touch screen dengan layanan Netflix dan YouTube selama perjalanan. "Asli jadi nggak kerasa perjalanan 10 jam dengan bus deh," katanya memberi tahu. 

Ia juga menginformasikan tentang di mana tiket bus tersebut bisa dipesan, yaitu melalui aplikasi RedBus. Terbilang mudah tanpa harus mengantre, di dalamnya juga terdapat jadwal keberangkatan yang lengkap. Ia mengungkap lewat aplikasi tersebut Anda bisa dapat harga promo jika memesan tiket pulang dan pergi dengan armada yang sama. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Unggahan yang telah disukai oleh lebih dari 80 ribu pengguna Instagram itu pun menuai beragam komentar warganet. Di antaranya mengungkap juga pernah memakai layanan bus tersebut.

"Kemarin saya dari Semarang ke Jakarta kelas suites dikasih makan HokBen, wifi mati, air wc nya tidak ada," tulis seorang warganet yang dibalas oleh pembuat konten bahwa wc atau toilet bisa namun harus pencet tombol.

"Kemarin nyobain dari Yogyakarta - Jakarta kalau weekdays 300 ribu tapi weekend 500. Waktu itu makan malamnya diganti Hokben, enak, nyaman, baru jalan 30 menit udah ketiduran, selimut wangi, kondektur ramah, sampe pool BlueBird terima beres barang dah diangkut ke taxi," yang lain mengungkap pengalamannya.

"Sekeren2nya bus.. masuk bus itu sdh kecium bau bensiny bikin mual. Ntah itu krn sugesti aja," tulis yang lain.

"Citirtrans SUSPENSI TERBAIKKKKK, bobo kaya di pukpuk," kata warganet.

"Wuow ini sih pewe bgt!! Perjalanan panjang gak lelah,"

"Tanya kak, beli tiket/pemesanan tiket dimana ya kak? Apakah ada appnya?, pingin coba krn saya dijakarta kerja klu plg ke sby pingin kucoba balik sby naik bis kyk gini," warganet penasaran.

3 dari 4 halaman

Sleeper Bus Tak Kalah Nyaman

Anda juga bisa memilih sleeper bus seperti yang sudah lebih dulu populer di Vietnam dan Kamboja.

Sleeper bus ini sangat cocok bagi Anda yang ingin perjalanan darat sekaligus mau sekalian istirahat atau rebahan di perjalanan. Pengalaman seorang pejalan mencoba naik sleeper bus dari Jakarta ke Yogyakarta berikut, mungkin bisa menginspirasi.

"Jakarta ke Jogja full rebahan? Bisa banget, karena sekarang aku lagi cobain sleeper bus dari PO Semeru," ungkap akun TikTok @yuniarmitaa melalui konten videonya yang diunggah pada 18 Februari 2024.

Dengan fasilitas kursi rebahan yang nyaman, tempat duduk tersebut merupakan jenis recleaning seat yang bisa diatur tinggi rendahnya untuk duduk atau rebahan. Di sebelah kursi terdapat juga tombol sensasi pijat sehingga kursinya akan terasa nyaman dan bisa disesuaikan kebutuhan penumpang.

Fasilitasnya pun ada tempat untuk mengisi daya ponsel, bahkan ada televisi dengan audio dan video sesuai permintaan. Dengan itu penumpang tetap bisa nonton YouTube maupun Netflix sepanjang perjalanan.

4 dari 4 halaman

Harganya Cuma Rp350 Ribu

Masih terdapat fasilitas lainnya, seperti satu kali makan prasmanan di rumah makan yang telah bekerja sama dengan PO Semeru. Menu yang tersedia mulai dari sayuran sampai lauk-pauk protein, lalu masih ada kudapan seperti roti dan kopi selama di perjalanan di snack bar. 

Sleeper bus ini juga sudah memiliki toilet yang menurut pengalaman sang pembuat konten bersih. Agar mendapatkan semua fasilitas itu, tarifnya dikenakan sebesar Rp350.000.

Harga tersebut termasuk bersaing jika Anda menggunakan layanan kereta api yang belum termasuk fasilitas makan dan snack sepanjang perjalanan. Konten yang disukai oleh lebih dari 17 ribu pengguna TikTok itu pun mendapat beragam komentar dari warganet.

Beberapa di antaranya juga bertanya naik dari terminal mana, yang kemudian dijawab pembuat konten bahwa ia naik dari Pulo Gebang. Selain itu untuk durasi perjalanan dengan sleeper bus tersebut kira-kira 8--12 jam.

Selain itu tiketnya bisa didapatkan melalui loket di terminal masing-masing, bahkan juga dijual melalui Traveloka. Tak cuma untuk rute Jakarta-Yogyakarta, arah sebaliknya yaitu Yogyakarta-Jakarta pun tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.