Sukses

5 Kuliner Indonesia Masuk Daftar 50 Sup Terlezat di Dunia Versi TasteAtlas, Rawon Rajai Asia

Rawon hanya dikalahkan bori-bori dari Paraguai yang memuncaki daftar 0 Sup Terlezat di Dunia versi TasteAtlas.

Liputan6.com, Jakarta - Daftar 50 sup terlezat di dunia kembali dirilis TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia. Berdasarkan peringkat per 10 Agustus 2024, rawon bertengger di peringkat kedua.

Kendati tidak kampiun sebagai juara pertama, sajian khas Jawa Timur ini sukses jadi juara Asia. Melansr situs web TasteAtlas, Rabu (14/8/2024), rawon mencatat skor 4,7 dari 5.

Laman itu menyebut, "Rawon adalah hidangan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup yang lezat ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus dengan api kecil dan bahan-bahan tradisional Indonesia lain, seperti daun jeruk nipis, serai, jahe, dan cabai. Namun, bahan utamanya adalah buah keluak, kacang hitam Indonesia.

"Rempah-rempah khas Indonesia ini sangat beracun jika mentah, dan harus difermentasi sebelum dikonsumsi. (Bumbu) rawon digiling dengan bahan-bahan dan rempah-rempah lain, sehingga menghasilkan rasa asam dan warna hitam pekat yang unik. Hidangan ini diyakini berasal dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur."

Sup yang biasanya disajikan bersama nasi, kecambah, dan sambal tersebut hanya kalah dari bori-bori dari Paraguai, yang mencatat skor 4,8 dari 5. Hidangan ini biasanya berisi daging sapi atau ayam, pangsit lembut dari tepung jagung dan keju, serta sayuran, seperti wortel, seledri, dan bawang.

"Sup ini secara tradisional dibumbui dengan daun salam, cengkeh, dan peterseli, sedangkan kunyit memberikan warna keemasan yang pekat," catat TasteAtlas. Bori-bori sangat populer selama bulan-bulan musim dingin, meski terkadang juga dikonsumsi selama musim panas."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Indonesia Lainnya

Di daftar 50 sup terlezat di dunia, Indonesia tidak hanya diwakili rawon, karena ada empat sajian lain di dalam list tersebut. Menyusul di peringkat ke-3 adalah soto betawi yang juga mencatat skor 4,7 dari 5.

Sajian ini dideskripsikan sebagai "sup daging sapi yang terdiri dari potongan daging dan jeroan yang direbus perlahan dalam kuah santan, yang biasanya diperkaya dengan berbagai rempah, seperti serai, kunyit, lengkuas, daun jeruk, dan ketumbar."

"Saat disajikan, sup ini disertai berbagai pelangkap yang biasanya meliputi tomat, daun bawang, kecap manis, dan emping," sebut TasteAtlas. "Soto Betawi secara tradisional dinikmati dengan nasi putih dan acar."

Kemudian, di posisi ke-18 ada gulai dengan skor 4,5 dari 5. Ini disebut sebagai karinya Indonesia. "Berbagai jenis daging dapat jadi bahan utama gulai, begitu pula jeroan, makanan laut, atau sayuran," kata TasteAtlas.

"Bahan-bahan tersebut dimasak dalam campuran santan dan rempah-rempah hingga kuahnya jadi kental. Gulai berasal dari Sumatra, kemungkinan besar karena pengaruh kuliner India, tapi kini gulai dinikmati di mana-mana di Indonesia. Hidangan ini dapat ditemukan di pusat jajanan dan restoran tradisional Indonesia."

3 dari 4 halaman

Soto Lamongan sampai Empal Gentong

Kembali ke Jawa Timur, ada soto lamongan di peringkat 42 daftar sup terlezat di dunia. Hidangan ini terutama dibuat dengan potongan ayam yang direbus perlahan dalam kaldu bersama rempah yang biasanya terdiri dari serai, ketumbar, biji jintan, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan jahe.

"Ayam kemudian disuwir-suwir, dan hidangan ini biasanya disajikan dengan bihun, kol, daun bawang, telur rebus, kerupuk udang, atau tambahan lainnya. Soto Lamongan dapat disajikan sebagai sup standar, tapi terkadang bahan utama dan kaldu dapat disajikan dalam dua mangkuk terpisah," tulis TasteAtlas.

Tidak ketinggalan, ada pula empal gentong di peringkat ke-46. Kuliner ini dideskripsikan sebagai sup tradisional Indonesia dari Cirebon. "Dimasak dalam panci tanah liat, sup ini biasanya dibuat dengan campuran daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkih, serai, dan daun jeruk purut."

"Ada banyak variasi sup, jadi bahan-bahannya pun bisa bervariasi. Sup ini direbus perlahan dalam panci tanah liat hingga daging empuk," kata TasteAtlas.

4 dari 4 halaman

Rawon Jadi Sup Daging Terlezat di Dunia

Sementara di daftar sup terlezat di dunia rawon menempati posisi kedua, sajian Jawa Timur ini jadi juara di daftar sup daging terenak di dunia menurut TasteAtlas per 15 Juli 2024. Kemudian, ada soto betawi di peringkat kedua. 

Di peringkat ketiga adalah beyran çorbası dari Turki. Itu dijelaskan sebagai sup tradisional Turki yang berasal dari Gaziantep, tempat sup ini disajikan untuk sarapan. "Sup ini terdiri dari lemak domba yang diolah dan diberi nasi serta daging domba suwir."

"Campuran tersebut kemudian dimasak dengan tambahan bawang putih, pasta cabai, dan kaldu. Sup ini terkenal dengan rasa pedasnya, sehingga mjadi cara yang tidak biasa untuk memulai hari. Jika diinginkan, sup ini dapat disajikan dengan irisan lemon dan roti Turki."

Lalu, terdapat chorba beïda dari Aljazair di peringkat empat. Sup daging ayam ini secara tradisional dimasak di bulan Ramadan. Hidangan tersebut biasanya dibuat dengan campuran ayam, bawang bombai, wortel, seledri, bawang putih, mentega, kayu manis, buncis, dan bumbu-bumbu lain.

Menggenapi lima besar, ada tonkotsu ramen asal Jepang. TasteAtlas menjelaskan, "Tonkotsu adalah ramen unik yang terdiri dari kaldu babi berlemak yang sangat kental, mi, kuning telur, dan perut babi lembut yang lumer di mulut. Tonkotsu sangat populer dan istimewa sehingga bisa jadi hidangan tersendiri, bukan sekadar topping ramen."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.