Sukses

Berat Badan Turun 12 Kg, Prilly Latuconsina Ungkap Menu Makan Siangnya

Prilly Latuconsina memilih buah-buahan, sayuran kaya serat hingga kopi hitam sebagai menu dietnya.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini Prilly Latuconsina jadi sorotan setelah pamer penampilan barunya. Kini, ia memiliki tubuh langsing usai berhasil menurunkan berat badan hingga 12 kg hingga bobotnya menjadi 37 kg.

Prilly Latuconsina diketahui menjalankan diet clean eating dan olahraga rutin. Clean eating atau makan bersih adalah pola makan yang mengacu pada konsumsi makanan utuh dan meminimalkan proses pengolahan.

Prilly Latuconsina mengaku telah menerapkan prinsip clean eating ini selama satu tahun terakhir. Selama menjalani pola makan bersih, wanita 27 tahun ini memilih buah-buahan, sayuran kaya serat hingga kopi hitam sebagai menu dietnya.

Ia pun membagikan menu makan siangnya lewat unggahan Instagram Story.. "Selamat makan siang!" tulis Prilly mengiringi foto kotak bekal makan siang miliknya pada Selasa, 13 Agustus 2024

Di dalam kotak makan berwarna pink pastel itu, Prilly Latuconsina memilih sayuran hijaui dan protein untuk mengisi perut di tengah hari. Menu lengkapnya adalah brokoli, buncis, labu siam kecil dan telur. Semuanya dimasak dengan cara direbus sehingga sangat sehat karena tidak terkontaminasi kandungan lain yang berpotensi menurunkan kandungan pada bahan makanan.

Menu makan siang Prilly Latuconsina menjadi perbincangan usai dibagikan ulang ke TikTok oleh akun kinar.tiktok1. Banyak warganet yang kaget ketika melihat menu makanan Prilly.

"Pernah kayak gini samep turun 10 kg dalam 1 bulan, tapi langsung asam urat," komentar seorang warganet.

"Aku pernah kayak gini, tapi belum jam makan siang udah mau pingsan," sahut warganet lain.

"Gak bisa, itu serat semua. Abis makan langsung pup, abis itu gemeter sampe malam," kata yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Sarapan Prilly Hanya Kopi

Namun ada juga warganet yang mengingatkan bahwa menu tersebut akan tetap mengenyangkan meski porsinya terlihat sedikit. Semua tergantung dengan kebiasaan masing-masing.

Prilly juga pernah membagukan unggahan menu lengkap yang disantapnya dalam sejari selama diet lewat unggahan di akun TikTok miliknya pada 4 Juli 2024.  Prilly ternyata hanya sarapan secangkir kopi. Sedangkan makan siangnya bisa diisi dengan beragam menu. Ia mencontohkan makan dengan putih telur rebus, sayur tauge dan buah lontar.

Prilly juga mengaku tak sepenuhnya meninggalkan nasi. Ia tetap mengonsumsinya tapi dengan porsi 5-7 sendok saja. Prilly juga sesekali masih makan camilan berupa cokelat hitam atau gluten free cookies, jadi sama sekali tidak menyiksa.

Untuk sore aku makan nasi goreng quinoa, terong bakar dan tahu. "Minumnya harus air putih ya," kata Prilly.  Lalu, sebelum tidur, Prilly mengonsumsi minuman kolagen untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

"Ada momen aku makan makanan enak, makan masakanku sendiri jadi enggak mungkin aku enggak makan. Lalu, aku masih makan makanan manis apalagi kalau liburan aku enggak diet," terangnya. 

3 dari 4 halaman

Makan Secukupnya dan Berhenti Sebelum Kenyang

Lalu, Prilly juga masih makan roti dan kue mengingat ia juga punya toko roti bernama La Joie Bakery and Cafe. "Kuncinya makan secukupnya dan berhenti sebelum kenyang, lalu jalani dengan happy dan lakukan bertahap. Itu kuncinya,” ungkapnya.

Prilly juga memberikan disclaimer bahwa pola makan clean eating seperti yang ia sebutkan tidak berlaku bagi semua orang. "Pola makan ini gak untuk semua orang ya ! Kalian harus kenali diri kalian dan kebutuhan kalori per hari,. Kalau aku dengan menu-menu tadi sudah merasa kenyang," katanya.

Dikutip dari kanal Hot Liputan6.com yan melansir dari laman Mayo Clinic, 11 Juli 2024, pola clean eating seperti yang dijalani Prilly Latuconsina pada dasarnya mengacu pada kebiasaan konsumsi makanan yang belum terlalu banyak mengalami proses pengolahan atau hampir alami. Artinya, clean eating adalah pola diet yang berfokus pada konsumsi makanan segar dan utuh, yang tidak mengandung tambahan bahan kimia atau pengawet.

4 dari 4 halaman

Diet Clean Eating

Dengan pola makan ini, tubuh mendapatkan nutrisi dari makanan yang sehat dan padat nutrisi, yang secara alami kaya akan vitamin, mineral, serta serat. Clean eating memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh melalui makanan sehat yang diolah seminimal mungkin, menjaga kandungan gizinya tetap utuh.

Gaya hidup ini bisa menjadi pengalaman yang mudah dan menyenangkan jika mengikuti beberapa panduan umum, seperti memilih buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Pola makan ini tidak ada hubungannya dengan makanan yang bersih atau kotor, melainkan tentang memilih makanan yang asli dan diproses secara minimal, sehingga memberikan manfaat nutrisi yang maksimal. Idenya adalah mengonsumsi makanan yang sedekat mungkin dengan keadaan alaminya, tanpa tambahan bahan kimia atau pengawet yang berlebihan.

Selain itu, memilih makanan yang etis dan berkelanjutan juga merupakan bagian dari filosofi clean eating. Dengan demikian, clean eating tidak hanya berfokus pada kesehatan pribadi, tetapi juga memperhatikan dampak lingkungan dan keberlanjutan, sehingga memberikan manfaat ganda baik bagi individu maupun planet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.