Sukses

3 Resep Tumpeng Mini Nasi Putih untuk Semarakkan Perayaan HUT ke-79 RI

Tumpeng mini nasi putih bisa jadi pilihan lebih ringkas daripada nasi kuning dan nasi uduk untuk memeriahkan perayaan HUT ke-79 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Hitung mundur puncak perayaan HUT ke-79 RI pada Sabtu, 17 Agustus 2024, semakin dekat. Di minggu-minggu ini, biasanya dii setiap lingkungan tempat tinggal akan mengadakan berbagai kegiatan yang dilengkapi ragam sajian, seperti tumpeng.

Sementara tumpeng konvensional masih disukai, tidak ada salahnya menyajikan tumpeng mini, supaya hidangan makanan jadi kian beragam. Seperti versi lamanya, Anda tetap bisa menggunakan ragam pilihan nasi, termasuk nasi putih yang terbilang lebih ringkas.

Lauk pendampingnya tentu masih bisa disesuaikan selera masing-masing, pun dengan hiasannya. Berikut tiga resep tumpeng mini nasi putih untuk semarakkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, seperti dirangkum dari Cookpad, Rabu, 14 Agustus 2024.

Tumpeng Mini Nasi Putih

Resep kreasi pengguna @LilisSyam26 ini membutuhkan bahan-bahan:

Hiasan

1 buah wortel ukuran besar

3 lembar daun pisang

1 buah tomat

2 buah cabai merah

2 buah timun ukuran sedang

Lauk pelengkap:

Kering tempe

Mi goreng jawa

Sate usus angkringan

Telur rebus

Sambal goreng terasi

Bahan tambahan:

Steples

Gunting

Pisau

Penggaris

Cetakan tumpeng mini

Bahan utama:

Nasi putih untuk tumpengnya

 

Cara Membuat Tumpeng Mini Nasi Putih

  1. Buat hiasan: iris tipis wortel, kemudian siapkan air dalam wadah yang sudah diberi garam. Rendam selama 10 menit. Jika sudah layu, lap dengan tisu atau kain bersih. Susun, lalu gulung dan sematkan dengan tusukan gigi
  2. Buat alas daun pisang: potong daun pisang sepanjang 15 cm, bersihkan. Bentuk menyerong segitiga, kemudian tutup lagi. Lilit ujungnya sampai ke tengah, kemudian steples bagian tengah supaya tidak copot.
  3. Jika sudah terlipat semua, susun merata dalam wadah. Steples daun satu dengan yang lainnya sampai terbentuk menutup wadah. Beri daun bentuk bulat untuk bagian tengah.
  4. Buat kering tempe: potong-potong memanjang tempe, goreng di minyak panas sampai kering kecokelatan, angkat. Tumis duo bawang dan cabai merah, beri irisan gula jawa dan kecap. Masukkan tempe, beri garam kemudian aduk merata.
  5. Cetak nasi dalam cetakan yang sudah dioles minyak goreng. Susun nasi beserta lauk pauk pelengkap dalam wadah yang sidah dialasi daun pisang. Hias sesuai selera. Sajikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tumpeng Mini Nasi Putih

Resep kreasi pengguna @atika7218 ini membutuhkan bahan-bahan:

Alat yang digunakan:

Cetakan tumpeng

Gunting

PisauIsi tumpeng:

5--6 centong nasi panas

4 potong ayam bacem

4 potong tahu dan tempe bacem

1 mangkuk kecil urap sayur

1 mangkuk kecil sambal goreng kentang

Hiasan:

2 lembar daun pisang

3 buah cabai

1 buah wortel

1 buah timun

3 buah kacang panjang

1 buah tomat

2 lembar kol ungu

6 lembar daun selada

 

Cara Membuat Tumpeng Mini Nasi Putih

  1. Buat alas tumpeng.
  2. Buat hiasan cabai, wortel, dan timun. Buat mawar dari tomat.
  3. Oles cetakan tumpeng dengan sedikit minyak. Masukan nasi sedikit demi sedikit sambil ditekan-tekan dengan kain yang dimasukan dalam plastik tahan panas agar nasi padat. Lalu, cetak nasi pada alas tumpeng.
  4. Aduk rata sayuran urab dengan kelapa, tapi jika tumpeng tidak segera dimakan, sebaiknya kelapa dan sayuran dipisah agar tidak mudah basi.
  5. Tata lauk isian tumpeng dan hiasansesuai selera. Siap disajikan.
3 dari 3 halaman

Tumpeng Mini Nasi Putih

Resep kreasi pengguna @Cook_TjahAjoe ini membutuhkan bahan-bahan:

Peralatan:

1 buah gunting

1 buah steples

1 buah pisau kecil

1 buah pisau sedang

Secukupnya tusuk sate untuk hiasan

1 buah nampan ukuran sedang

Cetakan tumpeng mini

1 buah baskom berisi air es

2--3 lembar daun pisang batu

Bahan tumpeng:

Bahan nasi putih pulen:

3 cup beras

3 3/4 cup air

5 potong ayam bacem atau secukupnya

4 potong tempe bacem

3 potong tahu bacem

Secukupnya urap yang terpisah dari bumbunya

Bahan hiasan:

1/2 buah lobak

1 buah wortel

2 batang kacang panjang

1 buah cabai merah besar

1 buah tomat

2 buah mentimun

Secukupnya daun selada

 

Cara Membuat Tumpeng Mini Nasi Putih

  1. Masak beras bersama air dalam rice cooker hingga matang dan pulen terlebih dahulu. Sambil menunggu, siapkan tampah yang dilapisi lipatan daun pisang batu.

  2. Cetak nasi putih pulen pada cetakan tumpeng. Nasi putih bisa dicetak bulat menggunakan wadah makan sebagai dasar. Lalu, tumpuk atasnya dengan nasi putih yang dicetak menggunakan kerucut bambu. Lapisi daun pisang pada cetakan bambu kerucut. Jangan lupa olesi minyak pada cetakan sebelum nasi putih dimasukkan.

  3. Tata lauk pauk, yakni ayam, tahu, dan tempe bacem di sisi kiri dan kanan nasi tumpeng. Lapisi dengan beberapa lembar daun selada sebelum menuang lauk pauk.

  4. Isi bagian yang masih kosong dengan sayuran dan bumbu urap secara terpisah. Tambahkan hiasan yang sudah disiapkan dan sambal terasi. Tata sesuai selera dan kreasi supaya cantik. Sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.