Sukses

Calon Pengantin Tuai Kritik Usai Pemotretan Foto Prewedding Menghambat Jadwal Kereta Api

Kereta api terdengar berkali-kali membunyikan klakson ke arah calon pengantin dan fotografer prewedding mereka sebelum sepenuhnya berhenti.

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang calon pengantin menuai kecaman publik karena menyebabkan Keretapi Tanah Melayu (KTM) di Malaysia berhenti total akibat pemotretan prewedding mereka. Sesi foto itu dilakukan di rel Jembatan Guillemard, yang memang dikenal berpemandangan menawan, di Tanah Merah, Kelantan.

Melansir Says, Rabu, 14 Agustus 2024, masalah ini menarik perhatian warganet setelah video berdurasi 18 detik di TikTok jadi viral minggu lalu. Di rekaman tersebut, pasangan yang dimaksud terlihat berjalan perlahan untuk turun dari jembatan sementara fotografer berlari cepat ke depan untuk menyelamatkan diri.

Kereta KTM terdengar membunyikan klakson berulang kali sebelum akhirnya berhenti total. Klip tersebut telah mencatat jutaan penayangan sebelum hilang, berdasarkan pantauan pada Rabu sore. Juga, mendatangkan ribuan komentar pengguna.

Salah satunya menulis, "Kalian sudah merencanakan pesta pernikahan, tapi belum merencanakan (pemakaman)." "Pengantin wanita itu sepertinya tidak mau pergi. Dia terus melihat ke belakang. Apakah dia ingin tidur di sana?" tulis seorang pengguna TikTok lainnya.

Sementara, pengguna berbeda menambahkan, "Mereka dapat dituntut berdasarkan Undang-Undang Perkeretaapian 1991. Buktinya ada di sini." Says menulis bahwa jembatan lokasi foto prewedding tersebut merupakan jembatan kereta api tertua kedua di Malaysia, dibangun Metro Carriage Wagon & Finance Co dari Wednesbury, Inggris, pada 1920 dan selesai tahun 1924.

Menurut Dewan Keamanan Nasional Malaysia, jembatan sepanjang 609 m ini dinamai menurut Gubernur Inggris saat itu, Sir Laurence Guillemard. Tujuan utama jembatan ini adalah menyediakan jalur bagi kereta api dan kendaraan lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Properti Prewedding Tuai Komentar Pro Kontra

Namun pada 12 Desember 1941, Jembatan Guillemard hancur setelah tentara Inggris meledakkannya untuk mencegah tentara Jepang maju ke Kuala Krai. Setelah Perang Dunia 2 berakhir, jembatan ini diperbaiki dan dibuka kembali pada 7 September 1948.

Dari dalam negeri, sepasang kekasih jadi viral pada April 2024 setelah melakukan foto prewedding dan menggunakan tank sebagai properti potret mereka. Dalam video pendek yang beredar, terlihat calon pengantin tersebut melakukan beberapa pose bersama tank tempur tersebut.

Dalam video yang beredar, terlihat ada dua tank yang digunakan. Pria dan wanita itu terlihat bergaya di atas dan di depan tank tersebut. Foto itu terlihat diambil di daerah persawahan dan pengunungan.

Sang wanita terlihat memakai gaun putih panjang, sementara pria di foto mengenakan seragam TNI. Foto itu banyak beredar di media sosial dan salah satunya diunggah akun X, dulunya Twitter, @Miduk17 pada 30 Maret 2024.

"Hallo @Puspen_TNI , gimana sih aturannya Prewedding pakai Tank atat Alutsista? Jika prajurit saja boleh, mestinya seluruh rakyat Indonesia bisa prewedding pakai Tank, Pesawat Tempur, Bazooka, AK-47, Kapal Perang, Apache, Kapal Selam dll Ingat, uang utk beli Alutsista itu bukan uang Prajurit, tapi uang rakyat. Setiap tahun rakyat iuran beli tank dan alutsista untuk pertahanan negara, bukan utk hal2 lain," tulis akun tersebut.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Aturannya?

Foto tersebut menuai berbagai komentar warganet. Banyak yang mempertanyakan aturan penggunaan alutsista TNI untuk kepentingan pribadi. Video viral itu langsung ditanggapi Kadispenad Brigjen Kristomei Sianturi. Penjelasannya juga beredar luas di medsos.

Salah satunya lewat akun Instagram @luarbioskop pada Minggu, 31 Maret 2024. Dalam unggahan itu, diungkapkan pria yang melakukan pemotretan prewedding adalah Pratu TLA, anggota TNI yang bertugas di satuan Kavaleri.

Ia disebut telah mendapatkan izin resmi untuk melakukan pengambilan foto tersebut. Meski video yang beredar tidak diunggah Pratu TLA, melainkan oleh fotografer tanpa izin, Kristomei menegaskan bahwa foto prewedding menggunakan tank ini dibolehkan asal sudah mendapat izin resmi dari atasannya.

Dalam tendensi berbeda, pasangan Liu Yuchen dan Huang Yaqiong, atlet bulu tangkis asal China jadi viral setelah berpose untuk foto prewedding mereka di depan Menara Eiffel, Paris, Prancis. Ini terjadi setelah pertunangan mereka jadi sorotan di akhir perjalanan Olimpiade 2024 keduanya.

 

4 dari 4 halaman

Foto Prewedding Atlet Olimpiade 2024

Melansir Says, Selasa, 6 Agustus 2024, lamaran mereka mengejutkan banyak orang pada Jumat, 2 Agustus 2024. Saat itu, Liu, pemain bulu tangkis ganda putra, berlutut melamar Huang di La Chapelle Arena setelah ia memenangkan medali emas di nomor bulu tangkis ganda campuran.

Dengan wajah terkejut, Yaqiong segera mengiyakan lamaran kekasihnya. Momen mengharukan itu ditayangkan di papan video stadion, yang mengundang riuh tepuk tangan dari penonton.

Selama program wawancara yang diselenggarakan Douyin, aplikasi TikTok versi China, pasangan yang bertunangan itu berpose untuk foto prewedding dengan latar belakang Menara Eiffel sambil menjawab pertanyaan tentang lamaran mereka. Pasangan itu mengenakan ansambel serasi warna abu-abu muda, dengan Huang mengenakan veil putih.

Keduanya berciuman di depan kamera, dengan Liu tampak malu-malu selama sesi foto, yang mendorong pembawa acara menggodanya. "Kamu sangat berani saat melamar Huang di depan seluruh dunia (di stadion Olimpiade). Sekarang, kamu malu mencium tunanganmu di depan penonton kami di Tiongkok," salah satu pembawa acara menggoda.

Huang sebelumnya mengonfirmasi bahwa Liu merasa gugup, karena tangannya dingin dan berkeringat saat memegang tangan Liu untuk foto-foto. Video pasangan atlet Olimpiade Paris 2024 berpose untuk foto pra-pernikahan mereka telah mengumpulkan lebih dari 40 ribu like di Douyin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.