Sukses

Penyiar Ternama Jepang Dipecat Usai Suruh Pria Bau Badan Mandi Lebih Sering, Agensinya Disebut Misoginis

Banyak warganet Jepang menganggap kritikan penyiar untuk pria yang bau badan itu seksis, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penyiar ternama Jepang bernama Kawaguchi Yuri menuai perhatian. Ia dipecat perusahaannya setelah mengritik bau badan lelaki.

Kabar pemecatan Kawaguchi menjadi viral di media sosial setelah agensinya, VOICE, mengumumkan pemutusan kontrak dengan penyiar lepas tersebut pada 10 Agustus 2024. Agensinya menggunakan alasan unggahan Kawaguchi di media sosial yang 'tidak pantas' sebagai dasar pemecatan.

Dalam pernyataan mereka, VOICE menyebut unggahan Kawaguchi itu 'mencemarkan nama baik lawan jenis', dan karenanya, sebagai agensi pengumuman, agensi tersebut tidak dapat melanjutkan kerja sama tersebut. Agensi juga meminta maaf atas unggahan Kawaguchi dan menyebutnya sebagai kesalahan.

Mengutip Koreaboo, Rabu, 14 Agustus 2024, Kawaguchi mengunggah soal pria yang tidak menjaga kebersihan dirinya dengan cukup baik di X, sebelumnya Twitter, pada 8 Agustus 2024. Dia mengaku ingin bekerja di bisnis kecantikan yang menyasar pelanggan pria seraya menambahkan bahwa dia terganggu bau badan pria selama musim panas atau bau spesifik pria yang menjalani gaya hidup tidak sehat.

Kawaguchi lalu menjelaskan caranya menjaga kebersihan diri, seperti menggunakan produk tisu keringat dan deodoran. Ia juga mandi beberapa kali sehari sepanjang tahun untuk mencegah bau badan yang tidak sedap. Ia berharap para pria itu juga dapat melakukan hal yang sama.

Unggahan tersebut membuat sebagian orang bereaksi keras. Banyak warganet Jepang menganggapnya seksis. Kawaguchi pun menghapus unggahan atas kegelisahan yang dipendamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibela Warganet Luar Negeri

Kawaguchi juga mengunggah permintaan maaf di X, menyebut pernyataannya 'tidak dewasa', dan meminta maaf atas segala luka yang ditimbulkan.

"Aku sangat menyesal atas tindakanku. Sebagai seseorang bekerja dalam profesi yang berkaitan dengan kata-kata, aku tidak dewasa. Ke depannya, saya akan berusaha memastikan bahwa saya tidak menyakiti siapa pun dengan kata-kata saya. Saya benar-benar minta maaf," tulisnya dalam bahasa Jepang.

Meski begitu, tidak semua orang menyerang Kawaguchi. Warganet di luar Jepang mendukung penyiar itu dan mengritik keputusan agensinya yang memberhentikannya sebagai tindakan yang tidak proporsional.

"Tapi orang-orang masih berpikir bahwa Jepang tidak punya masalah serius dengan misogini dan perburuan penyihir," komentar seorang warganet di X.

"Sensitivitas laki-laki… Banyaknya komentar buruk yang disampaikan perempuan tentang penampilan, perilaku, atau ungkapan 'perempuan harus ada di dapur' dari tokoh masyarakat. Namun orang-orang ini tidak dipecat, ya," imbuh warganet berbeda.

"Sudah kubilang, ini adalah omong kosong yang perlu didengar sebagian orang. Menjadi orang yang menyebalkan di tempat kerja tidak dapat diterima, sama seperti kalian semua, jika Anda pernah menghadiri pertemuan atau pertemuan, Anda tahu betapa tidak menyenangkan/buruknya bau bada. Itu sah bisa membuat Anda merasa mual 🤮," imbuh warganet berbeda.

3 dari 4 halaman

Cara Atasi Bau Badan Tidak Sedap

Ketika berkeringat, makanan penyebab bau badan tersebut dapat memperkuat aroma tak sedap yang keluar dari tubuh kamu. Supaya tak kejadian, kamu pun perlu menghindari atau membatasi jenis makanan tersebut. Lalu, apa saja cara untuk mengatasi badu badan? Berikut adalah lima cara yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Bau badan tak sedap yang mengganggu akan bisa dihilangkan jika kamu menggunakan deodorant atau antiperspirant. Deodoran masuk ke dalam golongan kosmetik, sementara antiperspirant merupakan jenis obat-obatan. Deodoran bersifat antimikroba yang berfungsi mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan tak sedap. Deodoran juga dapat bekerja sebagai wewangian yang menutupi bau badan.  

Di sisi lain, antiperspirant bekerja dengan memblokir pori-pori tempat keluarnya keringat dari dalam tubuh. Namun untuk memakai produk ini, kamu perlu memastikan ketiak sudah dalam keadaan bersih dan tak basah sama sekali.  

2. Menjaga Kebersihan Diri

Salah satu cara dalam menjaga kebersihan diri adalah dengan mandi. Sebelum itu, kamu wajib juga memilih sabun mandi yang tepat dan mampu mengusir bau tubuh yang tak tertahankan. Pastikan bila produk tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik. Selain itu, cari pula sabun mandi yang memiliki keharuman alami dan bisa menutupi aroma tak sedap yang keluar dari dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

3. Keringkan Badan dengan Benar Setelah Mandi

Jangan lupa pula untuk mengeringkan tubuh dengan benar menggunakan handuk bersih. Pasalnya, bau badan yang tak sedap ini bisa saja sewaktu-waktu muncul bila badan dalam keadaan basah karena sehabis mandi. Hal ini mungkin saja terjadi karena bakteri biasanya lebih mudah berkembang di tempat yang basah atau lembap. 

4. Pastikan Memilih dan Mengenakan Pakaian yang Bisa Menyerap Keringat

Menggunakan pakaian yang tepat bertujuan agar keringat dapat diserap dan bau tubuh kurang sedap pun akan bisa dicegah. Biasanya, pakaian-pakaian yang mampu menyerap keringat tersebut terbuat dari kain katun, kain jersey, kain sutra, kain linen, dan kain chambray. Meskipun praktiknya sangat sederhana, cara mudah menghilangkan bau badan ini dinilai cukup efektif dalam melawan permasalahan aroma tubuh yang kurang sedap. 

5. Perhatikan Asupan Makanan Sehari-hari

Salah satu cara menghilangkan bau badan alami adalah dengan memerhatikan menu santapan sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang nyatanya bisa membantu mengurangi aroma tubuh tak sedap yang kamu miliki. Di antaranya adalah sayuran hijau, makanan yang tinggi serat, buah-buahan citrus, jamur kancing, hingga makanan yang kaya akan seng (zinc). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.