Sukses

Sambut Kemerdekaan RI, McD Sajikan Menu Spesial dari Ayam yang Kesehatannya Dipantau Dokter Hewan

Menu opor ayam jadi pilihan utama McD untuk menu khusus menyambut kemerdekaa RI karena makanan khas Indonesia ini identik dengan momen-momen istimewa di negeri ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, McDonald’s Indonesia atau McD Indonesia untuk pertama kalinya menghadirkan menu Ayam McD Opor Sambal Terasi.. Menu baru dengan cita rasa khas nusantara sekaligus untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Menurut Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia Caroline Kurniadjaja, menu spesial Ayam McD Opor Sambal Terasi sudah bisa dinikmati di seluruh restoran McDonald’s Indonesia mulai dari awal Agustus hingga 11 September 2024.

“Kita sudah sejak tahun 2015,setiap tahunnya selalu konsisten dalam menghadirkan menu spesial yang terinspirasi dari cita rasa khas nusantara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Sejalan dengan semangat ‘Dari Indonesia untuk Indonesia’ yang selalu kami usung, kami senang bisa memperkenalkan Ayam McD Opor Sambal Terasi ini," terang Caroline di gerai McD Salemba, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2024.

"Yang terpenting adalah bagaimana membuat konsumen itu akan semakin sering dateng ke store kami untuk mencoba menu baru yang penjualannya terbatas sampai waktu yang sudah ditentukan," tambahnya.

Soal pemilihan menu opor ayam, Caroline melanjutkan, jadi pilihan utama karena makanan khas Indonesia ini identik dengan momen-momen istimewa di negeri ini. Salah satunya tentu di momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang biasanya menyajikan ketupat dengan opor ayam.

"Selain momen Idul Fitri, kita merasa opor ayam ini juga cocok disajikan di momen istimewa lainnya di Indonesia yaitu di hari kemerdekaan RI di bulan Agustus ini, jadi opor ayam ini memang sudah jadi pilihan yang pas," ungkap Caroline.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Makanan 100 persen Lokal

Sementara itu, Quality Assurance Manager McDonald’s Indonesia, Imam Gazali mengatakan bahwa semua menu yang dihadirkan untuk perayaan Kemerdekaan tahun ini bahan-bahannya 100 persen berasal dari Indonesia. Untuk bumbu-bumbunya antara lain terdiri dari santan, minyak, bawang merah, bawang putih, dan krimer non-susu yang dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia.

"Kami telah bekerja sama dengan puluhan mitra lokal dari berbagai daerah untuk menyuplai bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti daging ayam, sayuran, telur, beras, cabai, bumbu racikan, hingga minyak goreng. Ini bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung dan berkembang bersama petani serta pengusaha lokal,” jelas Imam.

"Setiap mitra diwajibkan mematuhi standar McDonald’s dalam aspek keamanan pangan, prinsip-prinsip keberlanjutan, dan kesehatan serta kesejahteraan hewan,” sambungnya.

Audit berkala secara rutin juga selalu dilakukan untuk memastikan kepatuhan terhadap standar tersebut, di setiap tahap produksi, mulai dari peternakan hingga ke meja pelanggan, termasuk memastikan bahwa seluruh makanan yang disajikan telah sesuai dengan prinsip Halalan Thayyiban, yakni halal dan baik.

Untuk bahan utama terbaru McD yaitu ayam, berasal dari peternakan di Parung dan Sidoarjo. Menurut Imam, ayam-ayam tersebut dirawat dan diperlakukan sebaik-baiknya.

3 dari 4 halaman

Ayam Tidak Boleh Stres dan Jangan Sampai Lapar

"Jadi ayam-ayan ini kita pelihara dengan sangat baik. Mereka bebas dari rasa lapar, haus, sakit dan stes, pokoknya kondisi mereka kita perhatikan dengan baik. Bahkan ada dokter hewan yang memantau kesehatan ayam-ayam ini. Dengan begitu saat sudah dipotong akan menghasilkan daging ayam yang berkualitas," tuturnya.

Saat tim Lifestyle Liputan6.com berkesempatan mencoba menu barupotongan ayam krispy original dan ayam krispy spicy yang dibaluri dengan saus opor ayam yang melimpah, rasa juicy ayamnya masih terasa. Dagingnya pun empuk dan bumbu oponya cukup menyatu.

Sedangkan sambal terasinya sendiri juga cukup pas dan sama seperti sambal terasi yang sering kita rasakan. Tapi bagi yang kurang suka pedas, sepertinya cocol sedikit dulu sambal terasinya karena rasa pedasnya cetar dan begitu terasa di lidah.

Menu Ayam McD Opor Sambal Terasi dapat dinikmati dalam berbagai paket, termasuk PaNas 1, PaNas 2, Paket Ayam McD Opor Spesial (PaNas Spesial), PaMer 5 dan 7, baik dalam varian krispy, spicy, mau pun mix khusus PaMer.

4 dari 4 halaman

Harga Paket Menu Opor Ayam

Tersedia juga pilihan A La Carte untuk 1 potong dan 2 potong Ayam McD Opor Sambal Terasi, dan konsumen bisa mengganti nasi biasa dengan nasi uduk. Menu ini dijual 24 jam di semua saluran pembelian dengan harga A La Carte mulai dari Rp26.818 (sebelum pajak) dan PaNas mulai dari Rp38.636 (sebelum pajak).

McDonald’s Indonesia juga menghadirkan beragam aktivitas dan promo menarik untuk memeriahkan momen peringatan kemerdekaan, salah satunya adalah Parade Agustusan Seru Lewat Drive Thru.

Untuk menambah keseruan lomba kendaraan hias yang biasa dilaksanakan pada Hari Kemerdekaan, kegiatan ini akan melibatkan 100 restoran McDonald’s di seluruh Indonesia dengan target peserta sebanyak 5.000 orang. Para peserta diwajibkan untuk menghias kendaraan mereka dengan tema kemerdekaan dan akan mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk kupon makan gratis dan kesempatan untuk mengikuti kompetisi dekorasi kendaraan dengan beragam hadiah menarik.

Kegiatan parade ini dapat diikuti oleh seluruh kendaraan beroda yang melewati area Drive Thru McD, seperti mobil, motor, sepeda, skate board, sepatu roda, bajaj, kursi roda, delman, becak, odong-odong, angkot, dan lain sebagainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.