Sukses

Menengok Rumah Menlu Retno Marsudi yang Asri dan Nyaman Meski Jarang Ditinggali Selama 12 Tahun

Rumah Menlu Retno Marsudi memiliki desain mewah dan tetap mempertahankan kesan asri dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, termasuk salah satu sosok perempuan yang membawa nama Indonesia di kancah internasional. Kesibukan dan dedikasinya ini kerap membuatnya berada jauh dari keluarga, termasuk dari rumah pribadinya yang berada di Depok, Jawa Barat.

Ia bahkan mengaku selama 12 tahun terakhir, belum sempat pulang bersama keluarga untuk menikmati suasana di rumah tersebut. Aktivitasnya yang padat mmebuatnya lebih sering menempati rumah dinasnya.

Namun baru-baru ini, Retno bertolak ke Depok sembari bernostalgia di kediaman pribadinya. Tak sendirian, ia pulang bersama sang suami, anak-anak, dan cucunya.

"Sudah 12 tahun tidak pulang bareng ke rumah kami di Depok. Hari ini (10/8), kami janjian dengan anak-anak dan cucu-cucu untuk pulang ke rumah Depok. Menantu lagi pada gak bisa karena ada pekerjaan yang harus dilakukan," tulisnya dalam unggahan di akun Instagramnya, @retno_marsudi pada 10 Agustus 2024.

Dari video unggahannya tersebut, hunian Menlu Retno memiliki desain yang mewah. Dari luar, rumah berlantai dua ini terlihat kokoh dengan pilar-pilar yang menjulang tinggi di fasadnya.

Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan taman yang hijau, rumah ini terkesan dan nyaman sejuk di tengah hiruk-pikuk kota. Bagian dalam rumah Retno Marsudi memancarkan kesan mewah tapi tetap nyaman.

Penataan perabotan yang rapi membuat rumah ini terasa lapang untuk ditempati oleh keluarga besar. Pemilihan furnitur kayu di beberapa ruangan termasuk di kamar ini memberikan kesan klasik pada hunian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Lukisan dan Pajangan

Retno yang sudah menjabat Menlu selama dua periode ini sepertinya termasuk penggemar lukisan. Rumahnya dihiasi dengan berbagai lukisan dan pajangan dinding yang menambah nuansa artistik dan mewah. Selain itu, dari semua ruangan yang diperlihatkan dalam unggahannya, selalu ada lukisan di dinding termasuk di bagian tangga.

Di salah satu sudut rumah, terdapat area yang difungsikan sebagai kolam ikan untuk cucu-cucunya bermain. Rumah ini juga menyimpan foto bersejarah, seperti potret Retno saat dilantik menjadi Menteri Luar Negeri RI.  Foto ini menjadi saksi bisu perjalanan karier perempuan berusia 61 tahun ini yang gemilang.

Kunjungan Menlu Retno ke rumahnya di Depok setelah belasan tahun ini menjadi momen yang penuh nostalgia.  "It is always nice to be home again (Selalu senang bisa kembali ke rumah)," ungkapnya.

Meski jarang ditempati oleh keluarga besar, rumah ini tetap terawat dengan baik. Rumah ini sepertinya dibersihkan secara rutin karena nyaris tidak ada kesan jarang ditempati selama 12 tahun terakhir ini.

3 dari 4 halaman

Persahabatan Menlu Retno dengan Sri Mulyani

Di media sosial, Retno Marsudi tak hanya membagikan unggahan seputar pekerjaannya tapi terkadang tentang hal-hal yang ringan seperti persahabatannya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani dan Retno Marsudi sudah bersahabat sejak lama.

Dua pembantu Presiden Jokowi itu kerap mencuri perhatian karena kecerdasan mereka. Meski sama-sama dikenal sebagai sosok perempuan cerdas, bukan berarti Sri Mulyani dan Retno Marsudi sering membahas berbagai hal yang berat dan serius.

Keduanya ternyata juga sering membicarakan hal-hal receh saat ngobrol. Potret persahabatan mereka dibagikan Sri Mulyani lewat unggahan di akun Instagramnya. Kala itu mereka baru selesai menjadi bintang tamu program Mata Najwa. Usai wawancara, mereka duduk bersama dan kembali mengobrol. Bukan membicarakan masalah negara, Sri Mulyani dan Retno Marsudi sekadar membahas warna baju hingga bentuk telinga.

"Bercanda habis sama my Bestie @retno_marsudi. Suasana di balik layar (behind the scene) @matanajwa, dari masalah warna baju…mana ungunya, ni? Bunga di baju bu Retno ..itu warnanya ungu atau hitam..? Sampai masalah anting dan tebal-tipisnya kuping..," tulis wanita yang akrab disapa Ani ini dalam keterangan unggahannya pada Minggu, 10 Maret 2024.

4 dari 4 halaman

Isi Tas Retno Marsudi dan Sri Mulyani

Kedua menteri yang sama-sama sudah punya cucu itu juga membicarakan soal fesyen lokal serta makanan luar negeri yang rendah kalori. Sri Mulyani bahkan sempat-sempatnya membongkar isi tas Menlu Retno yang disebutnya selalu berisi banyak barang.

Najwa kemudian meminta Retno dan Ani untuk memperlihatkan barang-barang apa saja yang ada di dalam tas mereka.  "Dia itu selalu awa iPad yang ukurannya lumayan belum lagi dia bawa termos air, bayangin ada termos yang gede itu,” ujar Sri Mulyani mengungkapkan isi tas sahabatnya.

"Yang pasti ada pouch makeup, padahal saya sebenarnya kurang suka dandan biasanya cuma bawa lipstik sama bedak aja, terus sama buku catatan,“ lanjut Ani.  "Lalu gimana dengan isi tas Ibu Ani? tanya Najwa .

"Kalau aku selalu simpan ponsel sama earphone buat dengerin lagu-lagu dan menyimpan informasi soal pekerjaan," terang Sri Mulyani ."Terus bawa pouch isinya kebanyakan alat-alat makeup. Ada pelembap karena kulitku tipenya kering, terus ada foundation, bedak dan lipstik," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini