Sukses

Adu Gaya Kebaya Iriana Jokowi vs Puan Maharani di Sidang Tahunan MPR RI

Iriana Jokowi memakai jenis kebaya kurung dengan warna lembut, sementara Puan Maharani mengenakan kebaya model kutubaru berwarna kuning keemasan yang cerah berpadu selendang sutera serasi

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan para politikus dan negarawan saat menghadiri sidang tahunan MPR RI tiap tahunnya selalu mengundang perhatian. Tak hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi), ibu negara Iriana Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani ikut menjadi sorotan pada sidang tahunan yang digelar Jumat pagi (16/8/2024).

Sebagai istri presiden sosoknya ikut menuai atensi dan kali ini Iriana Jokowi yang mengenakan kebaya berwarna lembut. Jenis kebaya kurung yang dipakainya berpadu dengan selendang organza, mengikuti tren paling anyar.

Warna lembut mauve kebaya tersebut juga cocok dipadukan dengan kalung dan anting-anting mutiara yang cukup besar, melingkar di leher Iriana. Sanggulnya tradisional, untuk padanan kebayanya ia juga dkain tenun senada. Sekilas aura anggun ibu tiga anak itu pun memancar.

Tampak dalam siaran langsung yang tayang di YouTube DPR RI, tampak Iriana berjalan beriringan bersama istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin yaitu Wury Estu Handayani yang mengenakan pakaian adat Betawi warna hijau. Mereka juga duduk bersebelahan saat di dalam ruang paripurna.

Sementara, tampilan yang tak kalah anggun juga ditunjukkan oleh Puan Maharani. Ia mengenakan kebaya model kutubaru berwarna kuning keemasan yang cerah berpadu selendang sutera serasi, disematkan menggunakan bros.

Padanan itu dilengkapi kain batik motif sulur dan buketan yang melambangkan keindahan dan proses yang bertumbuh. Putri Megawati Soekarno Putri itu memberi aksen motif kawung yang menyimbolkan kemurnian, kebaikan, dan persatuan di bagian pinggir kain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Betawi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan tradisi berbaju adat di Sidang Tahunan MPR terakhirnya, Jumat pagi (16/8/2024). Kali ini, ia tampil lebih simpel dengan baju adat Betawi ujung serong dibanding sederet edisi terdahulu yang memperlihatkan ragam aksesori rumit.

Kendati desainnya sleek, bukan berarti busana tradisional itu tidak sarat makna. Melansir laman Kebudayaan Betawi, Jumat, secara tradisional, pakaian ini terdiri setelan jas tutup warna gelap, celana panjang serasi, kain batik yang dipakai di pinggang dengan ujung serong di atas lutut, dan arloji saku.

Tampilan itu biasanya dilengkapi sepatu pantofel. "Ini merupakan model pakaian demang (pejabat daerah) zaman dulu dan masih digunakan sebagai pakaian dinas pejabat DKI pada acara-acara tertentu," sebut situs web lembaga kebudayaan Betawi tersebut.

Jas tutup ujung serong dulunya cuma dipakai bangsawan dan demang. Hal ini lantaran desain yang elegan dan terkesan resmi, namun mengalami perkembangan, sehingga dapat dipakai audiens lebih luas.

3 dari 4 halaman

Pakai Jas Tutup Ujung Serong

Dinamakan demikian karena kain dalamnya ditata keluar, namun tidak terlalu panjang, sekitar delapan sentimeter di bawah jaket dan bermodel belah ketupat.

Di ujung kain, bagian miring dibuat jatuh sedikit di atas lutut dengan perbedaan sekitar 13 cm dan dikenakan dari kiri ke kanan. Walau hitam jadi warna populer, jas tutup ujung serong sebenarnya bisa tampil dengan warna berbeda layaknya Jas Abang Jakarta.

Perbedaan dua baju adat Betawi: Jas Abang dan Ujung Serong, terdapat pada panjang jasnya. Ujung Serong lebih pendek dari Jas Abang, tapi lebih tinggi dari pakaian biasa, dan tidak menggunakan liskol.

Dalam pemakaian, jas tutup ujung serong disarankan tidak terlalu panjang, yakni tidak lebih panjang lima sentimeter dari jas biasa. "Setelan jas tutup ujung serong harus dikenakan oleh pria dewasa," tandas laman tersebut.

Ansambel itulah yang dipakai Jokowi saat tiba di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, sekitar pukul 08.57 WIB, lapor kanal News Liputan6.com. 

4 dari 4 halaman

Tampilan AHY dan Annisa Pohan Terima Tanda Kehormatan

Annisa Pohan tampak setia mendampingi suaminya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), termasuk saat ia menerima tanda kehormatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2024. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional itu merupakan satu dari 64 tokoh penerima penghargaan tersebut.

Mengutip laman Sekretariat Kabinet, Jumat (16/8/2024), AHY dianugerahi medali Bintang Mahaputera Nararya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103, 104, 105 106, 107, dan 108/TK/Tahun 2024. Ia tampil formal dengan setelan jas hitam berpadu kemeja putih, dasi merah, dan sepatu pantofel.

Di sisinya, Annisa tampil menawan dengan kebaya, yang sepertinya kebaya labuh, berwarna merah berpadu kain batik cokelat klasik. Ia juga memakai ragam aksesori bernuansa emas untuk melengkapi tampilan. Yang menarik, ibu anak satu ini menyampirkan selembar kain ulos yang ternyata merupakan hadiah mendiang ibu mertuanya, Ani Yudhoyono.

Di antara ansambel tradisional, perempuan berusia 42 tahun ini juga memakai aksesori rilisan rumah mode mewah. Mantan Gadis Sampul itu tampak menentes tas Mini Lady Dior Bag Cherry Red Patent Cannage Calfskin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini