Sukses

5 Tips Belanja di Pratunam Market: Bisa Dapat Harga Termurah Jika Lakukan Hal Ini

Pratunam Market menjadi destinasi belanja favorit wisatawan yang berkunjung ke Bangkok, Thailand. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung ke sana. Simak selengkapnya melalui artikel berikut.

Liputan6.com, Bangkok - Bangkok, Thailand akhir-akhir ini jadi salah satu destinasi liburan favorit di Asia Tenggara. Tak hanya karena keindahan alam dan situsnya, sejumlah spot wisata juga menawarkan kesempatan bagi pelancong untuk membeli barang-barang dan suvenir dengan harga terjangkau.

Pratunam Market pun jadi opsi yang digandrungi oleh para wisatawan. Tak jarang, pelancong sengaja memilih menginap di sekitar kawasan Pratunam agar bisa mudah mengakses lokasi perbelanjaan tersebut. 

Meski secara natural, harga barang-barang Pratunam Market lebih terjangkau dibanding mal, pengunjung masih bisa mendapat penawaran terbaik ketika berbelanja. Berikut sejumlah tips belanja yang perlu dipraktikkan saat mengunjungi Pratunam Market. 

1. Jangan Ragu untuk Menawar

Layaknya pasar pada umumnya, barang-barang yang dijual di Pratunam Market juga bisa ditawar. Oleh karena itu, jika ingin mendapat produk murah, jangan langsung mengiyakan harga yang dipasang pedagang.

Mulailah penawaran dengan serendah mungkin. Jika pedagang menolak, naikkan tawaran secara bertahap. Dengan metode ini, pembeli bisa mendapat potongan 10 hingga 30 Baht atau Rp 4.000 hingga Rp 13.000 per barang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Datang Sendiri, Beli Barang dalam Jumlah Banyak

Membeli barang dalam jumlah banyak juga bakal menambah besaran potongan harga bagi pengunjung. Perbedaannya relatif jauh, yakni mencapai 60 Baht atau sekitar Rp 27.000. 

Makanya, upayakanlah berbelanja lebih dari satu produk untuk mendapatkan harga terbaik. Atau sebagai alternatif, pengunjung juga bisa datang dalam kelompok, agar barang yang dibeli nantinya bisa dibagi. 

Pedagang di Pratunam Market umumnya memberi diskon jika pembeli mengambil setidaknya 2 atau 3 barang yang sejenis dengan warna berbeda. 

3. Jangan Puas Hanya dengan Satu Toko

Beberapa toko di Pratunam Market menjual barang yang mirip atau hampir sama. Oleh sebab itu, apabila pengunjung kepincut dengan satu produk, upayakan untuk tak langsung puas pada satu toko. 

Ambillah waktu tambahan guna berkeliling di toko-toko sekitarnya. Ada peluang beberapa toko menjual barang serupa dengan harga lebih murah atau penawaran lebih baik dibanding toko sebelumnya.

3 dari 3 halaman

4. Bawa Tas Belanja

Beda dengan supermarket yang mulai mengurangi penggunaan plastik, Pratunam Market masih menyediakan tas plastik bagi pengunjung yang membeli produk. 

Namun, selain tak ramah lingkungan, tas-tas plastik cenderung kurang praktis lantaran membuat pembeli harus menenteng banyak barang. 

Untuk itu, upayakan membawa tas belanja dengan ukuran cukup ketika berkunjung ke Pratunam Market. Dengan demikian, Anda bisa bergerak lebih fleksibel sebab hanya perlu menjinjing satu wadah berisi barang-barang belanjaan.

5. Perhatikan Waktu Berkunjung

Menurut penuturan warga lokal kepada Liputan6.com, Pratunam Market sejatinya sudah buka sejak pukul 7 pagi waktu setempat hingga tengah malam.

Akan tetapi, tidak semua toko beroperasi sepagi itu dan tetap buka sampai larut. Oleh karenanya, pergi di waktu siang bakal jadi opsi tepat, meski udaranya bakal panas.

Untuk itu, kenakanlah pakaian senyaman mungkin agar tetap bisa berkeliling di tengah panasnya cuaca dan padatnya situasi Pratunam Market.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.