Sukses

Agen Perjalanan Trip.com Usung Cara Baru Promosikan Pariwisata, Bikin Live Streaming Hub di Asia Tenggara

Perusahaan agen perjalanan online Trip.com makin menunjukkan eksistensinya di kawasan Asia Tenggara dengan mendirikan live streaming hub. Ini untuk mendongkrak kunjungan wisata di negara-negara ASEAN.

Liputan6.com, Bangkok - Perusahaan agen perjalanan daring Trip.com makin menunjukkan eksistensinya di kawasan Asia Tenggara. Tak hanya berambisi melokalisasi promosi wisata negara-negara ASEAN, platform asal China ini turut mendirikan live streaming hub Asia di Bangkok, Thailand.

Menilik perjalanannya, Trip.com sejak awal memang punya metode unik untuk menjual tiket perjalanan dan destinasi wisata. Tak cuma melalui aplikasi, mereka juga mengadopsi cara berjualan barang di e-commerce yang kerap kali memanfaatkan live streaming.

Strategi ini diterapkan sejak era pasca-pandemi COVID-19. Perusahaan travel online tersebut menyadari kecenderungan masyarakat yang mulai melakukan sebagian besar aktivitas belanja secara daring.

Belum lagi, lockdown yang sempat dilakukan saat puncak pandemi membuat banyak orang rindu menjelajah pariwisata lokal dan internasional. Hal itu lantas dijadikan celah oleh Trip.com guna mengulas sekaligus menjual tiket transportasi dan akomodasi perjalanan via live streaming.

Kebetulan, destinasi wisata Asia Tenggara mulai banyak digandrungi sejak beberapa tahun terakhir. Thailand, Indonesia, Vietnam, hingga Singapura, jadi deretan negara yang ramai dikunjungi pelancong.

Peningkatan popularitas itu juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah pengguna platform perjalanan wisata —khususnya Trip.com— oleh masyarakat negara ASEAN. Hal tersebut melatarbelakangi didirikannya Asia Live Streaming Centre oleh Trip.com di Bangkok, Thailand.

“Kami senang Tourism Authority of Thailand (lembaga di bawah Kementerian Pariwisata Thailand) serta mitra bisnis kami dapat menyaksikan pencapaian hari ini. Kami akan berkolaborasi erat untuk menampilkan serta menawarkan pengalaman berwisata terbaik bagi para pengguna kami,” ucap Chief Marketing Officer Trip.com Group, Bo Sun di Bangkok.

“Langkah ini berpotensi meningkatkan peluang wisata di kawasan Asia ke level yang lebih tinggi, karena kami memanfaatkan kekuatan live streaming untuk berinteraksi langsung dengan para wisatawan,” tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan bagi Partner

Secara spesifik, hadirnya live streaming hub di Thailand memberi keuntungan bagi partner sekaligus konsumen Trip.com di kawasan Asia Tenggara.

Hotel dan destinasi wisata lain yang bekerja sama dengan Trip.com mendapat kesempatan untuk menjangkau pasar lebih luas sebab bakal diulas melalui live streaming.

Belum lagi, Trip.com memang berambisi untuk menggandeng influencer dan figur publik terkenal guna meningkatkan daya tarik selama sesi siaran langsung bergulir.

3 dari 3 halaman

Konsumen Bisa Dapat Penawaran Terbaik

Sementara itu bagi konsumen wisata Asia Tenggara, kehadiran live streaming dapat membantu memberikan pemaparan lebih jelas terkait objek wisata dan akomodasi yang hendak dikunjungi. 

Pelancong juga berkesempatan memperoleh harga serta penawaran terbaik, sebab diskon tanggal kembar yang umum diberlakukan di e-commerce bakal turut diusung oleh Trip.com melalui live streaming-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini