Sukses

Maskapai Eropa Tawarkan Program Terbang Sepuasnya Hanya Bayar Rp10 Jutaan per Tahun

Maskapai penerbangan asal Eropa, Wizz Air menawarkan layanan berlangganan penerbangan tanpa batas dengan harga menarik. Namun, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh calon pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan asal Eropa, Wizz Air, membuat geger dunia penerbangan karena membuat layanan terbang sepuasnya untuk pelanggan yang mendaftar. Namun sebelum berlangganan, Anda perlu membaca beberapa ketentuan layanan ini.

Mnegutip dari laman Euro News, Sabtu, 17 Agustus 2024, maskapai penerbangan yang pernah terpilih sebagai maskapai terburuk pada 2024 oleh kelompok konsumen Which? ini memberi harga perkenalan sebesar 499 Euro (sekitar Rp8 jutaan) untuk langganan setahun. Promo tersebut berlaku hanya sampai 16 Agustus 2024 sebelum saat ini naik menjadi 599 Euro (setara Rp10 jutaan).

Keanggotaan ini mencakup semua penerbangan di seluruh jaringan internasional perusahaan yang besar, yang memiliki sekitar 950 rute di seluruh Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia. Seperti halnya langganan apapun, penting untuk memeriksa ketentuan kecil, sebelum terburu-buru mendaftar, meskipun penawaran Wizz Air bisa dimanfaatkan untuk bisa sering terbang.

Salah satu ketentuannya adalah pemesanan penerbangan hanya dapat dilakukan sampai 72 jam sebelum waktu keberangkatan. Dengan aturan ini, berarti calon penumpang yang datang pada menit terakhir tidak akan dijamin mendapat tempat duduk. 

Selain biaya berlangganan, setiap pemegang tiket harus membayar biaya tetap terpisah sebesar 9,99 Euro (setara Rp172 ribu) per penerbangan sebagai biaya tambahan sebelum mereka bepergian. Biaya bagasi dan pemilihan tempat duduk juga tidak termasuk dan biayanya dapat berkisar dari beberapa euro hingga lebih dari 100 euro tergantung pada berat tas dan musim perjalanan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Opsi Paket Berlangganan Bulanan

Jika dapat memanfaatkan tiket tersebut sepenuhnya, Anda mungkin akan memperoleh penghematan yang signifikan, terutama pada high season jika masih tersedia. Saat ini, perjalanan pulang pergi ke Istanbul pada menit-menit terakhir akan menghabiskan biaya sekitar 250 Euro (sekitar Rp4 jutaan), yang berarti jika dipakai untuk dua kali perjalanan tersebut, Anda pun tidak rugi.

Jika Anda tidak memerlukan penerbangan tanpa batas, Wizz Air menyediakan opsi Multipass yang dikenakan biaya bulanan. Penerbangan yang harus dipesan lima hari sebelum keberangkatan, berangkat dari Austria, Bulgaria, Siprus, Hungaria, Rumania, Inggris, UEA, Albania, Polandia, dan Italia.

Harga paket bulanan berkisar antara 34,99 Euro hingga 64,99 Euro (sekitar Rp600 ribuan-Rp1,1 juta). Ini tergantung negara asal Anda dan menawarkan penerbangan sekali jalan setiap bulan ke semua tujuan internasional. 

Meskipun Wizz Air mencatat ketepatan waktu terburuk selama tiga tahun berturut-turut dalam analisis data Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) oleh PA News, maskapai ini dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Berbiaya Rendah Paling Berkelanjutan selama empat tahun berturut-turut di World Finance Sustainability Awards 2024. Dengan skema barunya yang mendorong penerbangan tanpa henti, maskapai ini bisa saja kehilangan gelar ini.

3 dari 4 halaman

Antusiasme Pelancong untuk Berlangganan

Menanggapi kritik akan kehilangan gelar tersebut, juru bicara Wizz Air mengatakan kepada Euronews Travel bahwa sebagian besar kekhawatiran ini tidak berdasar jika menyangkut model bisnis mereka.

"Penawaran baru tersebut pada kenyataannya, berkontribusi untuk memaksimalkan faktor muatan selama 72 jam terakhir sebelum penerbangan," jelas perwakilan Wizz Air. "Faktor muatan yang tinggi merupakan pendorong efisiensi yang penting dan mengarah pada pengurangan intensitas emisi."

Meskipun dikritik, maskapai tersebut merupakan salah satu yang tersibuk di Eropa. Tahun lalu, pesawat mereka mengangkut sekitar 60 juta penumpang, jumlahnya 17 juta lebih banyak dari British Airways. "Kami sangat senang menjadi yang pertama memperkenalkan keanggotaan unik ini bagi para pelancong di Eropa," kata juru bicara Wizz Air Silvia Mosquera. 

Keanggotaan ini akan memberi pelanggan ratusan pilihan perjalanan spontan dengan harga tetap, memberi mereka kebebasan untuk terbang kapan pun yang nyaman tanpa membayar ekstra. Meskipun sudah mulai dijual, tiket berlangganan ini belum bisa digunakan hingga 25 September 2024.

 

 

4 dari 4 halaman

Layanan Terbaru Emirates

Belum jelas berapa banyak pembeli paket tersebut, saat ini hanya ada 10.000 keanggotaan yang tersedia. Jumlah ini mungkin terbatas pada setiap negara, tergantung pada bandara pilihan Anda. Setelah membeli salah satu langganan, Anda memiliki waktu dua minggu untuk berubah pikiran sebelum Anda terikat selama setahun.

Dalam kesempatan berbeda, Emirates mengumumkan rencana untuk pengoprasian pesawat Boeing 777 dengan interior kabin terbaru ke Zurich dan Riyadh mulai 1 Oktober 2024. Maskapai yang berbasis di Dubai itu juga akan menambahkan layanan B777 yang telah diperbarui pada rute ke Jenewa dan Brussels, menjadikan kedua kota tersebut sebagai yang pertama dalam jaringan Emirates dengan kabin B777 terbaru di semua penerbangan.

Dengan bertambahnya kota yang dilayani, Emirates berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman lebih baik di setiap kelas kabin dan berencana melayani 28 kota dengan Kelas Premium Ekonomi pada akhir tahun. Hingga kini, 25 pesawat telah dimodifikasi dan 17 pesawat selanjutnya dijadwalkan untuk diperbarui hingga Desember 2024. Pesawat B777 ini dilengkapi dengan suite Kelas Utama, 38 kursi Kelas Bisnis, 24 kursi Kelas Premium Ekonomi, dan 256 kursi Kelas Ekonomi.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini