Sukses

Adu Gaya Tampilan Baju Adat Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto Saat HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara

Presiden memakai baju adat kustin dari Kalimantan Timur, sementara Prabowo Subianto mengenakan pakaian adat Jawa dengan beskap hitam dan menggunakan peci batik.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pertama kalinya diselenggarakan di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024). Penampilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para tamu undangan dalam pakaian adat juga selalu ditunggu.

Sebagai inspektur upacara, kali ini Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Timur yang dikenal dengan nama Kustin. Menurut pembawa acara dalam siaran langsung YouTube Sekretariat Negara RI, Jokowi memakai pakaian Nusantara yang terinspirasi dari pakaian adat kesultanan Kutai Kertanegara Ing Marthadipura, yaitu baju kustin.

Disebutkan bahwa, Kerajaan Kutai Kertanegara di Provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia, sekaligus cikal bakal Nusantara Indonesia. "Baju Kustim adalah salah satu pakaian yang memiliki kasta tertinggi di Kesultanan Kutai kerta Negara istilah Kustin berasal dari kustin yang berarti kebesaran," ungkap pembawa acara.

Baju yang juga dipakai oleh ibu negara Iriana Jokowi ini dipergunakan sultan pada masa itu, salah satunya untuk upacara erau sebagai upacara terbesar dan termegah. Mengutip dari laman Pariwisata Indonesia, Baju Kustin terbuat dari bahan beludru berwarna hitam yang menjadikan tampilannya terlihat mewah.

Walau bahan dan warna Baju Kustin bagi perempuan dan laki-laki sama, tapi corak dan motif yang digunakan berbeda. Baju Kustin perempuan dan laki-laki dibuat dengan lengan panjang serta kerah tinggi. Keduanya juga dilengkapi dengan pasmen, yakni sulaman dari benang emas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Prabowo Subianto dalam Busana Adat Jawa

Selain itu, Baju Kustin untuk laki-laki memiliki pasmen di bagian leher, ujung lengan, dan dada. Namun, pasmen yang diberikan memiliki corak yang berbeda dengan Baju Kustin bagi perempuan.

Atasan ini dipadukan dengan celana panjang hitam. Untuk menambah kegagahan, di bagian luar celana dililitkan dodot rambut, yaitu kain panjang yang ujungnya diberi hiasan rumbai warna keemasan. Dodot rambut di bagian depan memiliki panjang sebatas lutut, sementara di bagian belakang bisa mencapai tumit.

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto juga tampak hadir mengenakan baju adat Jawa. Dia memakai beskap hitam dipadukan dengan balutan batik. Calon Presiden RI terpilih hasil Pemilu 2024 itu pun mengenakan peci batik bercorak senada.

Selama upacara berlangsung, Prabowo diketahui duduk di sebelah Jokowi. Ia juga ditemani oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dengan pakaian adat Betawi berupa beskap dan Ketua DPR Puan Maharani yang juga mengenakan kebaya warna merah marun.  

3 dari 4 halaman

Pemenang Penggunaan Busana Adat

Tak hanya bisa menyaksikan langsung rangkaian HUT ke-79 RI di IKN, mereka yang menggenakan baju adat Indonesia, ternyata mendapatkan hadiah yaitu sebagai pengguna busana Adat terbaik yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Sekretariat Presiden.

Penilainnya berdasarkan bagaimana elemen tradisional dipadukan dengan relevan trend kontemporer, serta mempertimbangkan bahan tradisional dan modern secara efektif. Adapun pemenangnya yang telah diumumkan adalah Donna Chandra Ginting, Muaiffah Yuliana, Abi Manyuarliandito, Uswatun, Edi Sofyan, dan Lilis Suryani. Para pemenang tersebut meraih hadiah masing-masing sepeda yang berwarna putih dengan tulisan 'sepeda presiden Jokowi'.

Semua pemenang pun mendapatkan ucapan langsung dari Presiden Jokowi. Sebelum rangkaian pengibaran bendera merah putih, acara dimulai dengan pertunjukan kesenian dari Halaman Istana Merdeka pukul 09.15 WIB. Kemudian, Kepala Sekretariat Presiden menyerahkan Bendera Sang Merah Putihdan Naskah Proklamasi kepada Paskibraka dan Pengawal Bendera untuk diletakkan ke mimbar upacara di Istana Negara IKN.

 

4 dari 4 halaman

Tema Perayaan HUT ke-79 RI

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju". Maknanya menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.

Sejumlah pejabat tinggi negara yang turut hadir di IKN di antaranya Ketua MPR Bambang Susatyo, Ketua DPR Puan Maharani, para menteri kabinet seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Sementara upacara ini diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta. Sementara komandan upacara yakni Kolonel Infanteri Nur Wahyudi yang merupakan lulusan Akademi Militer 2001 dengan jabatan Komandan Satuan 81 Kopassus.

Tim "Nusantara Baru" ditunjuk untuk bertugas pada momen bersejarah tersebut. "Tadi pagi ini jam tujuh kita sudah melaksanakan upacara dalam rangka penetapan kelompok Paskibraka dan komandan kompi Paskibraka dalam penaikan dan penurunan bendera," kata Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana, yang juga akan bertugas selaku perwira upacara dikutip dari kanal News Liputan6.com. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.