Sukses

8 Selebritas Berbaju Adat Tradisional Saat Ikut Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Annisa Pohan dan AHY Raih Busana Terbaik

Kemeriahan upacara HUT ke-79 RI makin terasa, karena para pesohor dan selebritas juga mengenakan pakaian adat tradisional yang unik. Annisa Pohan dan AHY bahkan bisa membawa pulang sepeda dari Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya politikus dan pejabat yang hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mengikuti upacara HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). Sederet selebriti juga turut meramaikan atas undangan maupun kesempatan sebagai pengisi acara.

Kemeriahan itu makin terasa, karena para pesohor dan selebritas juga mengenakan baju adat tradisional yang unik. Sebut saja Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar yang masuk dalam daftar tamu, kemudian ada trio penyanyi Mawar de Jongh, Novia Bahmid, dan Olivia Pardede yang mempersembahkan lagu "Puspa Warni". 

Masih banyak pesohor lainnya yang ikut serta mempopulerkan baju adat tradisional. Berikut 8 potret selebritas dalam baju adat tradisional saat hadir di momen upacara HUT ke-79 RI di IKN yang dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (17/8/2024).

Mawar de Jongh

Yang pertama ada penyanyi dan aktris Mawar de Jongh yang kembali diundang mengisi acara kenegaraan. Wajah blesteran Mawar sudah sering terlihat dalam jamuan kenegaraan, salah satunya saat Presiden Jokowi menggelar acara untuk para delegasi negara sahabat di Hutan Kota Plataran, kawasan GBK Senayan.

Kali ini saat mengisi acara di IKN, kekasih Bryan Domani ini memilih busana kebaya berkerah tinggi warna putih gading. Ia memadukannya dengan kain berunsur ornamen dari Kalimantan Timur.

Novia Bahmid

Tak sendirian, Novia Bahmid ikut bersama Mawar saat membawakan secara trio lagu "Puspa Warni". Ia mengenakan pakaian terusan putih dengan layer yang dipadu aksesori handcraft khas Kalimantan berupa kalung yang disematkan di leher hingga dadanya yang cukup dominan dengan warna kuning dan merah. Sebentuk kain khas bermotif juga menjadi semacam ikat pinggang, paduan busana ini seperti menggabungkan beberapa unsur budaya. 

Olivia Pardede

Seperti ingin kompak, Olivia Pardede juga memakai aksesori handcraft Kalimantan yang ia manfaatkan sebagai ornamen untuk bagian rok berupa kain. Bustier dan padanan brokat putih untuk atasannya juga menarik, mencerminkan perpaduan gaya tradisional dan modern. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aanisa Pohan dan AHY

Suami istri Annisa Pohan dan AHY juga tampak hadir di IKN. Keduanya terlihat menghadiri upacara pengibaran dan penurunan Merah Putih, dengan busana berbeda. Saat pagi hari, Annisa Pohan dan AHY memakai busana adat dari Kotawarigin Barat, Kalimantan Tengah berwarna putih berpadu dengan biru muda. 

"Sejarah tercipta di Ibu Kota Nusantara (IKN), dimana untuk pertama kalinya kita memperingati kemerdekaan ke-79 di pusat baru Indonesia. Ini adalah awal perjalanan baru bangsa dengan semangat 'Nusantara Baru, Indonesia Maju," tulis Annisa di keterangan foto Instagram pribadinya.

Mantan Gadis Sampul itu juga menenteng tas berwarna biru metalik yang senada dengan busananya. Penampilannya diganjar sebagai busana adat terbaik dan berhak mendapat sepeda dari Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu, ia menuliskan harapan akan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan agar terus terjadi di seluruh pelosok Indonesia sehingga setiap pertumbuhan ekonominya semakin kuat dan masyarakatnya semakin sejahtera.

"Dengan estafet kepemimpinan nasional dari Presiden @jokowi ke Presiden Terpilih @prabowo, kita berharap komitmen kuat ini akan membawa Indonesia mencapai kejayaan 2045—dengan ekonomi yang kokoh dan masyarakat yang sejahtera, melanjutkan semangat para founding fathers kita. Dirgahayu Republik Indonesia," tutup Annisa.

3 dari 3 halaman

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid

Selanjutnya ada Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid yang kompak mengenakan pakaian serba cokelat. Aaliyah tampil memakai kebaya kutu baru dengan paduan kain motif khas Kalimantan. 

Thariq juga memakai busana beskap Jawa yang berpadu kain semotif dengan istrinya. Dalam beberapa pose terlihat aura bahagia sebagai pengantin baru. 

"17 Agustus adalah hari untuk merayakan semangat kebangsaan dan persatuan Indonesia. Dirgahayu Indonesiaku yang ke-79❤️ Merdeka🇮🇩," tulis Aaliyah sebagai keterangan fotonya. 

Erina Gudono dan Kaesang

Tak ketinggalan, Erina Gudono dan Kaesang juga hadir di IKN. Meski sedang hamil, Erina tampak tak kerepotan memakai pakaian adat. "Memakai Baju Adat Mentawai dan Bugis pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia 🇲🇨 Anai Leu Ita! Suku Mentawai ialah salah satu suku tertua di Indonesia. Nenek moyang suku Mentawai bermigrasi sekitar 2000-5000 SM. Selain itu memiliki tradisi turun temurun memanah buruan, dan meramu obat," tulis Erina mempromosikan.

Erina juga menyebut, bahwa pakaian adat suku Mentawai terbagi tiga antara lain pakaian adat Sikerei, Pangureijat, dan harian. Warna dominan diadaptasi dari unsur alam, merah berarti berani, kesenangan dan kemeriahan, hitam dan putih berarti pembatas antar warna cerah, biru dan hijau artinya indahnya laut bahari.

"Pakaian adat Mentawai terdiri dari buluk kailabak,bulu goukgouk (bulu ayam), luat (ikat kepala), inu (kalung manik-manik), sabok, sikairat (ikat kepala), manai (bunga) dan lakka (kain merah)," tulisnya lagi.

Adanya kain sabok hitam putih dengan simbol gigi runcing lambang tradisi perempuan Mentawai yang mengkerik gigi sebagai arti kecantikan dan kedewasaan. Ini juga menandai siap menikah, memiliki anak dan menjaga keseimbangan antara tubuh dan jiwa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.