Sukses

Jeon Somi Blak-blakan Pernah Depresi karena Alami Kebotakan Rambut Parah

Dalam wawancara di saluran YouTube Hyeri, Jeon Somi menceritakan bagaimana kebotakan membuatnya mengalami depresi berat. Idol Kpop itu juga mengungkap cara untuk memulihkan kondisi rambutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Solois populer Jeon Somi baru-baru ini membuka diri tentang pengalaman sulit yang dialaminya akibat kerontokan rambut. Ia mengungkapkan bahwa ia pernah memiliki kebotakan yang parah hingga membuatnya merasa sangat depresi.

Mengutip dari laman Koreaboo, Minggu, (18/7/2024), saat tampil di saluran YouTube Hyeri pada 16 Agustus 2024, Somi berbagi detail tentang tantangan kebotakan yang dihadapinya saat mempertahankan ciri khas rambutnya yang diputihkan.

Hyeri yang memperhatikan rambut Somi yang terus-menerus diputihkan, bertanya bagaimana ia menjaga kesehatan kulit kepalanya meskipun sering menjalani perawatan kimia. Somi menjelaskan bahwa ia biasanya melakukan rutinitas kecantikannya di rumah, menghindari pergi ke dokter kulit, dan mengandalkan metode perawatan kulit sendiri.

Namun, ia mengakui bahwa selama promosi lagunya FAST FORWARD, rambutnya menjadi rusak. Pemutihan, pewarnaan rambut, dan penataan rambut yang ekstensif selama waktu itu menyebabkan rambutnya patah, meninggalkan kebotakan yang terlihat jelas di bagian belakang kepalanya.

Saat mengenang pengalaman itu, Somi mengaku bahwa kebotakannya sangat parah hingga membuatnya merasa sangat sedih. Ia mengatakan bahwa ia tidak pernah merasa sesedih itu sebelumnya dan hal itu sangat mengejutkannya.

"Tahukah Anda apa yang terjadi sebelum itu?" ungkap Somi. "Saya mengalami kebotakan di bagian belakang kepala. Sungguh luar biasa — saya mengalami depresi paling parah yang pernah saya alami," kata Somi dengan penuh emosi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Somi Mengatasi Kebotakan Rambut

Somi juga berbagi bahwa saat melihat teman-temannya, yang juga idola. Mereka memiliki rambut yang lebih pendek, tidak pernah menjadi masalah besar baginya, sampai ia mengalaminya sendiri. Ia menyadari betapa sulitnya memotong rambutnya begitu pendek sehingga tidak bisa bergerak secara alami saat ia berlari.

"Rasanya seperti memakai wig yang digunakan orang-orang yang mengalami kerontokan rambut. Saya mencari tahu dan berhasil melakukannya, tambahnya," kata Somi.

Untuk mengatasi kerontokan rambut parah, Somi menggunakan ekstensi rambut dan mulai merawat kulit kepalanya dengan lebih baik. Idol Kpop itu juga mulai mengonsumsi vitamin lebih teratur, sesuatu yang belum pernah dilakukannya sebelumnya.

"Sekarang, saya sangat rajin merawat kulit kepala. Saya bukan orang yang rutin mengonsumsi vitamin, tetapi setelah kejadian ini, saya sadar bahwa saya harus melakukannya. Keadaan sudah sedikit lebih baik sekarang, ujarnya dengan nada optimis," bebernya kepada Hyeri. 

3 dari 4 halaman

Kini Rambutnya Sudah Membaik

Untungnya, rambut Somi sudah hampir pulih sekarang, tetapi dia menekankan bahwa kebotakannya jauh lebih parah daripada yang bisa dibayangkan siapa pun. Dia bahkan bercanda tentang bagaimana penata rambutnya terus menunda batas waktu kapan rambutnya akan tumbuh kembali sepenuhnya.

Penata rambut saya selalu bilang, 'Oh, mungkin satu bulan lagi,' tapi kemudian itu menjadi dua bulan, dan seterusnya," canda Somi.

Pengalaman Somi ini menjadi pengingat bagi banyak orang tentang pentingnya merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, terutama bagi mereka yang sering menjalani perawatan kimia. Selain itu, keterbukaannya tentang perjuangannya melawan depresi memberikan inspirasi bagi banyak penggemar yang mungkin menghadapi tantangan serupa dalam hidup mereka.

Penyanyi solo Korea Selatan, Jeon Somi, comeback pada Agustus 2024. Ia telah menyiapkan single baru berjudul Ice Cream. 

Melalui akun pribadinya, Somi juga mengunggah poster terbaru untuk lagu tersebut. Poster bernuansa warna-warni dengan dominan warna pink itu menampilkan Somi yang sedang duduk di meja bar sebuah toko eskrim. Ia mengenakan pakaian pink dengan topi berbentuk lucu.

4 dari 4 halaman

Comeback Jeon Somi

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 30 Juli 2024, konsep tersebut mengingatkan pada desain barbie yang identik dengan warna pink. Adapun pada poster lain yang hanya menampilkan judul juga masih mengandalkan warna pink.

Melansir Soompi, agensi menyatakan Somi akan merilis lagu baru lengkap dengan musik video. Lagu ini merupakan summer spesial single dari Somi untuk para penggemar.

Ini akan menjadi karya terbaru Somi setelah EP pertamanya yang bertajuk Game Plan. Album dengan titletrack Fast Forward itu dirilis pada 7 Agustus 2023.

Baru-baru ini, Somi pun menjadi spesial mentor sekaligus MC di acara I-LAND 2. Karier bermusik Somi berawal saat dirinya ikut berkompetisi di survival show SIXTEEN.

Dalam kompetisi itu, ia berhasil menempati peringkat pertama di Produce 101. Ia kemudian menandatangani kontrak di bawah naungan agensi The Black Label.

Pada 13 Juni 2019, Somi resmi debut dengan merilis single Birthday. Sebelum menjadi solis, Somi beberapa kali bergabung dalam grup Kpop, seperti I.O.I, Unnies, dan Girls Next Door.

Setelah lima tahun debut sebagai solois, hingga kini Jeon Somi masih aktif di dunia musik Kpop. Summer spesial single Somi berjudul Ice Cream akan dirilis 2 Agustus 2024 pukul 13.00 KST.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini