Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Jantan yang Bisa Terlihat dari Singapura dan Malaysia

Gunung Jantan memiliki ketinggian 439 mdpl. Secara geografis, letak Gunung Jantan berada di utara Pulau Karimun Besar, Kepulauan Riau, Indonesia yang puncaknya bisa terlihat dari Singapura dan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Jantan merupakan gunung yang berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing. Gunung ini memiliki ketinggian 439 mdpl. Secara geografis, letak Gunung Jantan berada di utara Pulau Karimun Besar, Kepulauan Riau, Indonesia.

Dari kantor bupati Pulau Karimun, jaraknya sekitar 36 km. Jika pengunjung datang dari arah pusat Tanjungbalai atau pelabuhan, maka diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai kaki Gunung Jantan. 

Masih banyak hal mengenai Gunung Jantan selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Jantan yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber pada Minggu, 18 Agustus 2024.

1. Legenda di Gunung Jantan

Mengutip dari laman Go West, menurut masyarakat setempat, kisah tentang Gunung Jantan di kabupaten Karimun. Cerita  bermula dari kisah Badang yang merupakan seorang anak laki-laki dari keturunan Siam yang berasal dari Sayong Pinang, lebih dikenal dengan daerah Johor Malaysia saat ini.

Badang saat itu menjadi seorang pemuda yang tangguh dan memiliki kekuatan luar biasa. Kekuatannya tersebut digunakan dalam hal berbuat kebaikan. Kemudian, makam serta jejak kaki Badang terdapat di atas batu yang terletak di kawasan industri di ujung Pulau Karimun.

Menurut penduduk lokal, lokasi wisata ini dikenal sebagai tempat bertarung Badang untuk melawan perompak. Sampai sekarang ini, penduduk setempat meyakini bahwa siapa yang bertarung di atas puncak Gunung Jantan pasti akan menumpahkan darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Malaysia dan Singapura Terlihat dari Gunung Jantan

Meskipun puncak ini hanya setinggi 439 mdpl dan pendakiannya sendiri hanya memakan waktu total tiga jam. Ini merupakan perjalanan yang berharga bagi orang-orang yang tinggal di Batam dan Singapura.

Saat cuaca cerah, Anda dapat melihat ujung semenanjung Malaysia dan kota Singapura dari menara di puncaknya dan – tidak mengherankan mengingat itu adalah satu-satunya puncak yang terkenal di daerah tersebut – gunung tersebut dapat dilihat dari jembatan jalan yang menghubungkan Singapura dengan Malaysia.

3. Titik Tertinggi Pulau Karimun

Gunung Jantan adalah titik tertinggi di Pulau Karimun dan terdapat feri yang sangat teratur ke pelabuhan utama Tanjung Balai dari terminal feri Sekupang di Batam atau langsung dari Singapura. Tanjung Balai sendiri adalah kota yang ramah tetapi tidak menarik, tetapi begitu Anda menuju ke utara menuju gunung, pemandangannya sangat menyenangkan dan sebagian besar masih alami.

3 dari 4 halaman

4. Rute Trekking Terbaik Melewati Air Terjun

Rute terbaik menuju puncak dimulai di Air Terjun Pongkar (40 mdpl) yang populer dan terkenal yang berjarak sekitar 30 menit dengan sepeda motor atau mobil dari Tanjung Balai. Anda dapat melihat menara pemancar dan kompleks dari jalan sejauh bermil-mil.

Dari air terjun, ada beberapa jalan setapak yang mengarah ke hutan sehingga pendaki mungkin perlu meminta bantuan penduduk setempat karena tidak ada rambu jalan menuju Jantan. Jalan setapak sedikit ditumbuhi tanaman di awal, tetapi setelah sekitar 20 menit Anda akan mencapai punggungan (120 mdpl) dan jalan setapak membaik secara signifikan.

Ada jalan setapak yang mengarah ke sisi lain punggungan (ke titik awal lainnya), tetapi untuk mencapai puncak, Anda harus belok kiri lurus ke atas punggungan. Jalan setapak sangat curam di beberapa tempat dan ada beberapa batu besar yang mengesankan di jalan menuju ke atas.

Karena pendakian tidak terlalu tinggi di atas permukaan laut, kelembapan dan suhu bisa sangat tinggi dan pakaian Anda mungkin akan basah kuyup oleh keringat. Jadi, sebaiknya Anda membawa pakaian ganti, membawa banyak air, dan mendaki sedini mungkin.

4 dari 4 halaman

5. Di Puncaknya Ada Bongkaan Batu Besar

Puncak Gunung Jantan berada tepat di atas bongkahan batu besar dan dimahkotai dengan kompleks semen besar dan menara logam berkarat. Ada juga pilar trigonometri semen di kompleks tersebut.

Untuk mendapatkan panorama Singapura dan semenanjung Malaysia yang mengagumkan, Anda perlu menaiki beberapa anak tangga di sisi menara logam. Berhati-hatilah karena menara akan runtuh berkeping-keping dan bagian-bagian yang lebih tinggi dari menara telah runtuh sepenuhnya.

Jika cuaca cerah, Anda akan dihadiahi pemandangan yang sangat menarik. Anda dapat kembali dengan cara yang sama dalam waktu satu jam dan menikmati kelapa muda (air kelapa muda) di air terjun.

6. Wisata Lain di Kaki Gunung Jantan

Di kaki Gunung Jantan, pendaki bisa menemukan destinasi wisata Pantai Pongkar dengan suasana yang nyaman. Pantai ini salah satu dari wisata bahari yang pasir putihnya membentang luas. Perjalanan menuju Pantai Pongkar memakan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota. 

Daerah sekitarnya termasuk Desa Pongkar yang merupakan kawasan penting sejak permulaan Kerajaan Riau yang berpusat di Pulau Bintan. Bahkan diperkirakan lebih tua dari Temasik atau Singapura. Desa Pongkar sudah menjadi tempat pemukiman masyarakat Melayu dan berbagai suku karena memiliki lokasi yang berdekatan dengan negara tetangga. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.