Sukses

Pasangan Lansia Asal Korea Selatan Curi Perhatian, Berotot Kencang bak Masih Usia 20an

Kang Changdong dan Kim Sunok menjadi sosok populer dari Korea Selatan setelah sang anak membagikan cerita transformasi mengubah bentuk tubuh mereka dari yang tidak ideal menjadi berotot kencang.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan suami istri asal Korea Selatan bernama Kang Changdong dan Kim Sunok menarik perhatian warganet. Pada usia 62 tahun dan 57 tahun, fisik mereka tak kalah dari para pemuda yang berusia 20an tahun dengan otot kencang dan bentuk yang ideal.

Sang anak, Grace, merangkum perjalanan ayah ibunya mengubah kondisi fisik tubuh mereka lewat beberapa video di TikTok pada Mei 2022. Unggahan itu kemudian menjadi viral.

"POV ketika orang tuamu yang sangat bugar mengunjungiku di LA jauh-jauh dari Korea dan yang mereka pedulikan hanyalah olahraga, protein, dan pakaian atletik," tulis Grace dalam klip tersebut, yang menunjukkan orangtuanya yang sudah lansia masih sangat bugar sedang berolahraga di halaman belakang rumah Airbnb mereka. Dikutip dari AsiaOne, video itu menjadi viral dan telah ditonton lebih dari tiga juta kali. 

Grace kemudian mengunggah video lain beberapa hari kemudian. Dalam video yang ditonton lebih dari delapan juta kali itu, Changdong dan Sunok terekam sedang berolahraga dengan fokus menunjukkan perut kencang mereka. "POV, orang tuamu yang sehat bahkan tidak akan melewatkan hari olahraga saat liburan keluarga," tulisnya dalam video tersebut.

Warganet pun penasaran dengan penampilan orangtua Grace semasa muda. Ternyata, menurut Grace, ibunya yang menikah di usia 23 tahun dan ayahnya berusia 28 tahun itu masih jauh dari kata sehat saat mereka mulai berkencan.

"Ibuku kelebihan berat badan dan dia selalu merasa kembung, namun pada saat yang sama ayahku sangat kurus karena dia banyak berolahraga [sebagai kickboxer amatir]," jelas Grace.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transformasi Mengubah Bentuk Fisik

Baru pada usia 45 tahun, Sunok mulai berlatih pilates untuk membantu menyembuhkan "sakit punggung ringan" yang dideritanya, kata Grace. Changdong, sebaliknya, "dulu memiliki perut buncit sepanjang waktu", yang oleh Grace dikaitkan dengan budaya minum Korea.

Setelah Changdong didiagnosis mengidap pra-diabetes sekitar 2017, bersamaan dengan masalah lutut yang mengakibatkan dia tidak dapat berjalan lebih dari setengah jam tanpa rasa sakit, "dia harus menurunkan berat badan untuk mengurangi tekanan pada lututnya", Grace melanjutkan penjelasannya.

Namun, minat mereka terhadap kesehatan dan kebugaran baru benar-benar intens dilakukan pada 2001. Menurut Grace, hal itu dipicu oleh pertanyaan yang diajukan seorang mahasiswa kepada ayahnya yang berprofesi sebagai dosen.

Mahasiswa itu menanyakan apa yang ada dalam daftar keinginan Changdong. Dia menjawab ingin memiliki "foto profil tubuh" yang memamerkan fisiknya yang kencang. Grace menjelaskan, saat itu ada tren di Korea Selatan yang mengharuskan masyarakat berolahraga selama beberapa bulan sebelum mengambil foto tubuhnya sebagai kenang-kenangan.

3 dari 4 halaman

Berawal dari Pertanyaan Mahasiswa

Karena ayahnya 'selalu menepati apa yang dia katakan', tantangan untuk menandai item di daftar keinginannya pun dimulai. "Orangtuaku melakukan segalanya sebagai satu paket, jadi ibu saya akan ikut serta dalam perjalanannya tanpa pertanyaan," tambah Grace.

Mereka mengubah rutinitas olahraga dan pola makan secara bertahap selama sembilan bulan awal, dan meningkat selama lima bulan terakhir sebelum sesi foto profil mereka dilaksanakan pada Mei 2022. Transformasi itu pun tercapai.

Setelah dua tahun, Changdong dan Sunok rupanya tetap menjaga pola hidup sehat mereka. Dalam unggahan pada April 2024, pasangan itu berbagi pola makan sehat yang dijalani setiap hari.

Pasangan itu memulai hari dengan secangkir air hangat saat bangun tidur dan yoghurt dengan salad untuk sarapan. Makan siang adalah salad dengan protein shake, buah-buahan untuk camilan, serta steak dan salad (sekali lagi) untuk makan malam.

Karena itu, meskipun lututnya lemah karena baru saja menjalani operasi, kondisi fisik Changdong masih membuat iri. Sementara, perut istrinya Sunok yang terpahat dan lengannya yang kencang bukanlah hal yang bisa kita kaitkan dengan seseorang yang berusia akhir 50-an.

4 dari 4 halaman

Kompak Sebagai Pasangan

Pasangan itu lalu melakukan perjalanan ke Los Angeles pada Juni 2024 untuk menghadiri pernikahan Grace. Sang ibu menjadi pasangan dansa Grace, sedangkan ayahnya membawakan lagu yang menyentuh pada upacara tersebut.

Unggahan lain dari Changdong membuat warganet terharu. Dalam sebuah klip pada 13 Juni 2024, dia menunjukkan bahwa alasan dia "mempercepat operasi dan pemulihan lututnya" adalah agar dia bisa mengantar putrinya menyusuri lorong dan berdansa dengannya di upacara tersebut.

Video gaya hidup pasangan ini juga telah menginspirasi banyak orang dan membuktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai perjalanan menuju kesehatan dan kebugaran. "Siapakah orang-orang berusia 30 tahun ini dan mengapa kamu mengikuti mereka?" tulis salah satu warganet dengan rasa kagum.

"Aku tidak bisa membayangkan bagaimana aku akan mencapai ke sana satu hari nanti. Tapi, kalian benar-benar terus berusaha. Senang melihatmu di feedku," komentar warganet lainnya.

Di unggahan pada 19 Agustus 2024, keduanya berbagi cara melewati hari yang sehat sebagai pasangan. Dimulai dengan olahraga rutin dan makan yang sehat, mereka juga melalui hari dengan berbelanja bersama. "Life is always better with my partner," tulis keterangan unggahan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.