Sukses

Pesona Selvi Ananda Berkebaya Biru Tosca di Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI

Selvi Ananda terlihat menawan di HUT ke-79 RI dengan kebaya bermodel asimetris yang unik dengan aksen payet yang membuat penampilannya terkesan semakin mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Selvi Ananda hampir tak pernah gagal menarik perhatian publik. Yang terbaru, ia menghadiri Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada peringatan HUT ke-79 RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Di acara pada Sabtu, 17 Agustus 2024 itu, Selvi mendampingi suaminya, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Keduanya terlihat berdiri berdampingan dengan Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani.

Di momen tersebut, Putri Solo 2009 itu mengenakan kebaya biru tosca yang membuat penampilannya semakin cerah. Hal itu diketahui dari unggahan akun Instagram @jimboengbakoelsoto milik fotografer bernama Jimboeng yang merupakan fotografer resmi keluarga Gibran dan Selvi.

Foto yang dibagikan pada Minggu, 18 Agustus 2024 itu memperlihat Selvi berkebaya bermodel asimetris yang unik dengan aksen payet yang membuat penampilannya terkesan semakin mewah. Menantu Presiden Jokowi ini memadukan kebaya dengan selendang di bagian bahu, serta bawahan kain batik berwarna gelap yang dililit jadi seperti rok.

Untuk makeup, wajah Selvi diriasmakeup artist (MUA) Malva Soewarno dengan warna cukup lembut, yaitu pink yang terlihat pada lipstik, eyeshadow, hingga blush on. Untuk melengkapi penampilannya, ibu dua anak ini mengenakan kalung berlian dengan clutch hitam dan heels senada berhiaskan payet cantik.

"Ibu Wapres RI Terpilih Selvi Ananda Gibran @gibran_rakabuming ❤️ Untuk Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta,” tulis Malvana dalam unggahan pada Minggu. Penampilan Selvi kembali mendapatkan banyak pujian dari warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian Warganet untuk Selvi

"Cuantik ya ibu wakil negara kita ini," komentar seorang warganet. "Mba Selvi cantik, hasil riasannya jd cantik dan yg make up nya juga cantik the best," kata warganet lain.

"Cantik anggun humble terbaikkkk 👏👏👏👏,” ujar pengguna yang lain. "Pantesan bu selvy uayuuuuuuuu!! Malva toppppp,” tulis warganet lainnya.

Momen upacara kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya selalu menarik, tak terkecuali di tahun 2024 ini, karena diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka, Jakarta. Selain Presiden Jokowi, tampilan baju adat yang dikenakan anak, menantu, maupun cucunya juga kerap disorot.

Seperti saat Jan Ethes Srinarendra, cucu pertama Jokowi, yang kali ini tampil kembaran dengan sang ayah, Gibran Rakabuming. Keduanya memakai pakaian adat Papua dengan rok rumbai-rumbai selutut dari daun sagu yang khas, serta hiasan kepala serasi.

Baik Jan Ethes maupun Gibran, keduanya memakai celana pendek sebagai dalaman. Tak tampil polos, keduanya menggunakan aksesori dari taring dan gigi binatang yang dipakai masyarakat di suku-suku Papua.

3 dari 4 halaman

Tampilan Jan Ethes di HUT ke-79 RI

Di Istana Merdeka, Jan Ethes diajak bersalaman dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang tampil mengenakan kebaya fuschia berpadu kain batik. Berbeda dengan sang kakak, Sedah Mirah tampak didandani kembaran dengan sang ibu, Selvi Ananda.

Ia memakai pakaian adat dari Lampung. Pakaian hitam itu dikenakan bersama kain tradisional dan tampak mencolok secara keseluruhan karena Selvi juga memakai hiasan kepala khas Lampung. Sedah terlihat serasi dengan ibunya, bocah kelahiran 1 Agustus 2018 itu juga tampak kalem ketika harus ikut prosesi upacara di istana.

Wury Estu Handayani, istri Wapres Ma'ruf Amin, bahkan tampak gemas dengan tingkah polos Sedah. Ia begitu penurut ketika diminta wartawan melambaikan tangan saat difoto.

Sebagai inspektur upacara, kali ini Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat dari Provinsi Kalimantan Timur yang dikenal dengan Kustin. Menurut pembawa acara dalam siaran langsung YouTube Sekretariat Negara RI, Jokowi memakai pakaian Nusantara yang terinspirasi dari pakaian adat kesultanan Kutai Kertanegara Ing Marthadipura, yaitu baju kustin.

4 dari 4 halaman

Pakaian Adat Kalimantan Timur

Disebutkan bahwa Kerajaan Kutai Kertanegara di Provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia, sekaligus cikal bakal Nusantara Indonesia. "Baju Kustin adalah salah satu pakaian yang memiliki kasta tertinggi di Kesultanan Kutai kerta Negara istilah Kustin berasal dari kustin yang berarti kebesaran," ungkap pembawa acara.

Sementara itu, ibu negara Iriana Jokowi memakai baju untuk sultan pada masa itu, salah satunya untuk upacara erau sebagai upacara terbesar dan termegah. Mengutip laman Pariwisata Indonesia, baju kustin terbuat dari bahan beludru berpalet hitam yang menjadikan tampilannya terlihat mewah.

Walau bahan dan warna Baju Kustin bagi perempuan dan laki-laki sama, tapi corak dan motif yang digunakan berbeda. Baju Kustin perempuan dan laki-laki dibuat dengan lengan panjang dan kerah tinggi. Keduanya juga dilengkapi pasmen, yakni sulaman dari benang emas.

Selain itu, Baju Kustin untuk laki-laki memiliki pasmen di bagian leher, ujung lengan, dan dada. Tapi, pasmen yang diberikan memiliki corak yang berbeda dengan Baju Kustin bagi perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini